Fenomena Ayu Ting Ting dan Pesona Magisnya Yang Jadi Magnet Viral

Sabtu, 26 Agustus 2017 09:15 Penulis: Guntur Merdekawan
Fenomena Ayu Ting Ting dan Pesona Magisnya Yang Jadi Magnet Viral Ayu Ting Ting © KapanLagi.com®/Akrom Sukarya

Kapanlagi.com - Jika ditanya tentang siapa artis yang paling kontroversial dan selalu ramai jadi sorotan di Tanah Air saat ini, jawabannya pasti tak jauh-jauh dari Ayu Ting Ting. 'Pencapaian' itu didapatkan Ayu dari berbagai macam aspek, mulai dari karya-karyanya di dunia dangdut yang booming hingga kehidupan pribadinya yang memang bisa dibilang sensasional.

Siapa Itu Ayu Ting Ting?

Ayu Rosmalina adalah nama aslinya. Ia merupakan wanita kelahiran Depok, 20 Juni 1992. Ayu merupakan anak dari pasangan Umi Kalsum dan Abdul Rozak. Sejak usia dini, Ayu sudah menunjukkan bakat dan minatnya di dunia tarik suara, terutama dangdut. Bahkan Ia sudah mulai manggung saat usianya masih 14 tahun.

Nama Ayu baru meledak pada sekitar tahun 2011 berkat salah satu single-nya, Alamat Palsu yang sangat booming. Gara-gara itu, Ayu jadi mulai kebanjiran job untuk tampil on air maupun off air. Dan istimewanya, Ayu lebih mengedepankan kualitas suaranya ketimbang goyangan-goyangan sensual, seperti kebanyakan pedangdut lain pada umumnya.

Hidup Ayu berubah drastis berkat 'Salah Alamat' © KapanLagi.com®Hidup Ayu berubah drastis berkat 'Salah Alamat' © KapanLagi.com®

Tak cuma sampai situ saja, Ayu bisa dibilang cukup produktif di industri musik. Single-single lainnya seperti Sik Asik, Geregetan, Sambalado, hingga yang terbaru, Kamu Kamu Kamu juga tak kalah booming dari Salah Alamat. Hingga saat ini, janda satu anak itu sudah merilis 4 studio album dan 3 album kompilasi.

Kontroversi Ayu Ting Ting

Untuk urusan kehidupan pribadi, Ayu adalah sosok yang sangat kontroversial. Banyak sekali drama yang terjadi di dalamnya. Salah satunya adalah pernikahan dengan Henry Baskoro alias Enji yang berlangsung sangat singkat, yakni tak sampai setahun. Bahkan banyak sekali dugaan yang muncul jika Bilqis Khumaira adalah anak hasil hubungannya di luar nikah.

Ayu sempat bangun rumah tangga bersama Enji © KapanLagi.com®Ayu sempat bangun rumah tangga bersama Enji © KapanLagi.com®

Setelahnya, Ayu menyandang status single parent satu anak. Ia pun sempat beberapa kali dikaitkan dengan beberapa nama pria lain, seperti Husein Alatas hingga Shaheer Sheikh. Namun sayang, semua hubungannya selalu kandas.

Dan yang paling menghebohkan adalah isu perselingkuhan antara Ayu dan juga presenter kondang, Raffi Ahmad. Bukannya tanpa dasar, beberapa akun gosip secara bergantian mengunggah berbagai macam bukti-bukti perselingkuhan yang dilakukan duo presenter Pesbukers tersebut.

Bahkan, hubungan persahabatan Ayu dan Jessica Iskandar sampai retak karena masalah ini. Pasalnya, Jedar sempat keceplosan menuliskan komentar menjawabi pertanyaan netizen tentang hubungan Raffi dan Ayu. Kala itu, Jedar menyebut jika Ayu dan Raffi memang punya hubungan yang lebih dari sekedar teman atau rekan kerja.

Jedar keceplosan sebut Raffi dan Ayu selingkuh © IstimewaJedar keceplosan sebut Raffi dan Ayu selingkuh © Istimewa

Namun tentunya Raffi dan Ayu sama-sama ngeles ketika ditanya tentang hubungan mereka. Apapun itu, baik benar maupun salah, nyatanya popularitas Ayu jadi semakin terangkat. Banyak yang makin ngefans dengan Ayu, namun tak sedikit pula yang jadi makin benci.

Popularitas Ayu Bawa 'Berkah' Buat Seleb Lain

Ayu memiliki fanbase yang sangat besar sekali di Tanah Air ini, meski jumlah haters-nya pun tak kalah banyak. Walhasil, saat ini setiap ada pemberitaan tentang Ayu, apapun itu, pasti selalu ramai jadi sorotan. Di saat fans ingin mengikuti berita dari idolanya, para haters pun ikutan kepo dan gatal untuk menghujat.

Dan popularitas Ayu itupun akhirnya jadi sebuah 'berkah' tersendiri bagi orang lain. Bagaimana tidak, setiap kali mereka posting foto dengan Ayu, atau sekedar menyebut nama Ayu di konten postingannya, pasti hasilnya langsung jadi ramai. Seakan-akan nama 'Ayu Ting Ting' jadi magnet viral yang bakal mengundang banyak sekali orang berdatangan.

Salah satu contoh orang yang sukses merasakan sentuhan 'magis' Ayu tersebut adalah Dave Hendrik. Presenter satu itu memiliki sebuah akun IG yang bisa dibilang tak ramai-ramai amat, baik itu dari segi like maupun komentarnya. Namun sekalinya Ia mengunggah foto bareng sang pelantun Sambalado, wow, langsung heboh bukan main!

Dave dan Ayu berpose di acara penghargaan Instagram © InstagramDave dan Ayu berpose di acara penghargaan Instagram © Instagram

Contoh lainnya adalah Deddy Corbuzier, yang beberapa kali diduga menyuarakan sindirannya pada Ayu. Seperti pada postingan videonya di Youtube yang bertajuk 'Eta Terangkanlah VS Ayu Ting Ting VS Raisa (Me Against The World)' hingga komedi pendeknya yang menyindir otak artis berinisial ATT seharga 1 miliar, mahal karena nggak pernah dipakai. Dan percayalah, 2 dugaan sindiran Deddy pada Ayu di atas sangatlah ramai hingga jadi viral di media sosial.

Dan beberapa seleb lain pun sempat diduga ikut-ikutan menyindir Ayu, seperti Trio Macan, Nikita Mirzani hingga Melly Goeslaw. Sama seperti sebelumnya, pemberitaan tentang sindiran-sindiran seperti ini akhirnya berakhir ramai dan disorot publik.

Dan pastinya, media-media massa pun mulai berlomba-lomba memberitakan Ayu, tak peduli itu tentang liburan keluarganya, harga tas anaknya, lagu Ayu yang diduga menjiplak dan macam-macam lainnya. Bukan tanpa alasan, nama Ayu memang selalu sukses membawa 'berkah' tersendiri untuk kita semua.

Berita-berita tentang Ayu © IstimewaBerita-berita tentang Ayu © Istimewa

Sosok Ayu Ting Ting di Mata Publik (Non Haters/Non Fans)

Jika bertanya tentang sosok Ayu pada fans, jawabannya pasti penuh dengan pujian-pujian selangit. Dan jika tanya pada haters, pasti isinya penuh dengan hujatan pedas dan kritik tanpa batas. Maka dari itu, saya mencoba untuk menanyakan sosok Ayu pada segelintir orang yang netral, namun tetap mengikuti perkembangan dunia hiburan Tanah Air.

"Ayu ting ting di mataku ya seorang ibu yang kerja (meskipun kerjaannya bikin dia jadi sorotan dan akhirnya punya banyak haters), nyari uang buat anak dan keluarganya, tanpa ada bantuan orang lain (suami sih khususnya)," ujar Dewi Ratna, jurnalis.

"Kalo menurut gue, Ayu Ting Ting itu ada dua sisi. Sebagai penyanyi dia itu penyanyi yang punya kualitas, itu harus diakui. Ayu muncul di era dangdut lagi heboh soal goyang ini itu, tapi dia hadir pure sebagai penyanyi yang punya kualitas suara. Terus nggak hanya dangdut, dia juga bisa nyanyi berbagai genre. Lalu, sisi kedua Ayu sebagai entertaint, dia orangnya baik banget dan kalo kata orang betawi nyablak banget, lucu. Tapi sebagai entertaint dia memang terbentuk seperti sekarang, banyak pro kontra yang membuat dirinya harus jaga jarak terutama sama media. Tapi sayangnya kadang keluarganya juga membuat pro kontra yang berdampak sama Ayu," tukas Mathias, salah satu reporter KapanLagi.com®.

"Kalau aku pribadi, melihat Ayu ini orang yang cuek (tapi banyak orang bilang dia sombong, nah cuek atau nggak pedulian dengan sombong itu beda tipis kalo dipahami orang berotak dangkal), dia pinter membaca peluang (salah satunya, cara dia manage haters). Haters ini punya peran gede naikin pamornya Ayu. Mereka yang awalnya nggak tertarik dengan (kasusnya) Ayu malah jadi penasaran dan ikutan-ikutan (benci). Makin banyak akun-akun hatersnya Ayu, peluang orang tahu kejelekan Ayu ya makin gede, imbasnya malah banyak yang follow Ayu dan dia jadi seleb dengan followers terbesar. Haters selalu kepo, dan sekian banyak akun haters Ayu ya pasti follow Ayu. Dan ini jadi poin yang justru menguntungkan Ayu; dapat job, endorsan dan usaha baru. Sebenarnya tak ada yang bener-bener mengenal Ayu, tapi kita kenal Ayu dari pandangan haters dan itu yang membentuk opini kita tentang Ayu. Jadi Ayu itu seperti apa? Ya seperti apa kata haters lah," jawab salah satu sumber lain yang enggan disebutkan namanya.

"Ayu terjebak kepopuleran. Banyak tuntutan di dunia hiburan yang tidak semua orang paham. Kontrak, gimmick, harus tetap eksis, menjaga image, tuntutan stasiun TV dan lain-lain bikin 'brand' Ayu Ting Ting makin terbangun (dan sayangnya jadi negatif). Apalagi yang disuguhi adalah orang Indonesia. Dimodalin korek sama kipas, jadinya nggak cuma api kecil dan asap tipis-tipis, yang ada malah meledak nggak karu-karuan. Mau lanjut dengan 'label' negatif atau beralih ke positif, keterjang haters dan kontrak, jadi makin terjebak. Semua hal, kecil dan besar jadi selalu salah. Udah salah bangun brand dan label dari awal, mau perbaiki jadi susah," urai salah satu wanita pemerhati gosip bernisial E.M.

Ayu terjebak kepopuleran? © KapanLagi.com®/Akrom SukaryaAyu terjebak kepopuleran? © KapanLagi.com®/Akrom Sukarya

Ya, memang banyak sekali hal-hal tentang kehidupan Ayu yang sebenarnya tak diketahui oleh haters maupun fans sekalipun. Namun dari Ayu sendiri, Ia selalu pasang muka tebal menghadapi semua caci maki hingga gosip yang menerpanya. Karena fokus dari Ayu cuma satu; kerja keras demi menghidupi sang buah hati dan membahagiakan keluarganya.

Kalau menurut KLovers, Ayu itu sosok yang seperti apa? Tulis komentarmu ya!

(kpl/gtr)


REKOMENDASI
TRENDING