Gaston Castano Cari Akta Cerai Untuk Nikah Lagi? Ini Penjelasan Kuasa Hukum Jupe

Selasa, 26 Desember 2017 13:45 Penulis: Tyssa Madelina
Gaston Castano Cari Akta Cerai Untuk Nikah Lagi? Ini Penjelasan Kuasa Hukum Jupe Gaston Castano © KapanLagi.com/Budy Santoso

Kapanlagi.com - Belakangan, nama Gaston Castano kembali diperbincangkan pasca meninggalnya artis Tanah Air, Julia Perez. Pasalnya semenjak Ruben Onsu melampiaskan kekesalannya melalui salah satu unggahan Instastory, nama Gaston pun dikaitkan tatkala Ruben menyindir perihal akta cerai. Selain itu, pihak keluarga Jupe juga membenarkan kabar yang tengah beredar.

Menurut Kuasa Hukum Jupe, Minola Sebayang, fungsi akta cerai tak lebih sebagai simbolis yang menyatakan bahwa hubungan antara suami dan istri sudah resmi berakhir. Meskipun begitu, apabila dilihat kondisi saat ini, menurut Minola seharusnya Gaston tak perlu meminta akta cerai mengingat mantan istrinya tersebut sudah meninggal dunia.

"Akta perceraian itu kan tujuannya untuk membuktikan ikatan suami istri udah berakhir. Putusnya perkawinan ada dua sebab, karena perceraian atau karena kematian. Jadi enggak ngerti dia posisinya apa nih, kalau kondisi Jupe sekarang yang sudah meninggal dunia, sebenarnya orang juga pada tahu kalau dia sudah duda. Entah karena akibat perceraian itu sendiri atau kah karena kematian. Pasti dong udah putus dong perkawinannya, Jupe kan sudah enggak ada. Kan begitu," jelas Minola saat dihubungi, Selasa (26/12/2017).

Menurut Minola, dengan statusnya saat ini, Gaston seharusnya tidak membutuhkan akta cerai untuk menikah kembali. © KapanLagi.com/Bambang E RosMenurut Minola, dengan statusnya saat ini, Gaston seharusnya tidak membutuhkan akta cerai untuk menikah kembali. © KapanLagi.com/Bambang E Ros

Minola pun membenarkan bahwa fungsi akta cerai tak lebih sebagai syarat untuk menikah kembali. Namun dengan kondisi Gaston saat ini, menurut Minola, keberadaan akta cerai sudah tak lagi dibutuhkan. Mengingat dengan meninggalnya Julia Perez, maka Gaston secara hukum sudah menyandang status sebagai duda.

"Kalau misalnya dibutuhkan untuk syarat untuk pernikahan ya sebenarnya enggak perlu lagi karena dia sudah duda statusnya. Kalau pun belum ada akta atau belum incracth, harus sudah dianggap berakhir karena sudah meninggal istrinya," tambahnya.

Pun begitu, ketika bertanya mengenai keberadaan akta cerai terhadap Minola, Gaston justru tak menjelaskan secara rinci apa keperluannya. "Dia enggak terus terang juga sama saya dia butuh sertifikat atau akta cerai itu untuk apa. Apa mungkin diperlukan untuk laporan di kedutaan dia atau apa saya enggak tahu, saya tidak ngerti," tandasnya.

(kpl/far/tmd)

Reporter:

Fikri Alfi Rosyadi


REKOMENDASI
TRENDING