Hampir 20 Tahun, Adam Jordan Masih Simpan Topi Tersayang

Sabtu, 04 November 2017 10:30 Penulis: Rahmi Safitri
Hampir 20 Tahun, Adam Jordan Masih Simpan Topi Tersayang Adam Jordan dan topi Tersayang © KapaLagi.com®/oginundercover.deviantart.com

Kapanlagi.com - Adam Jordan adalah salah satu aktor yang populer di era 90-an. Ia terkenal bermain di sinetron-sinetron pada masa itu seperti Angin Tak Dapat Membaca, Tersanjung, Tersayang, Sang Pencinta, dan lain-lain. Belasan tahun berlalu, Adam yang kini berusia 47 tahun pun masih aktif main sinetron lho.

Adam baru saja menyelesaikan syuting untuk sinetron kolosal Saur Sepuh. Sekarang pun ia mengaku sedang syuting stripping untuk drama action yang rencananya akan tayang bulan ini di salah satu stasiun televisi swasta. Kalaupun jarang kelihatan di layar kaca, Adam mengaku memang ada beberapa judul yang belum tayang.

Adam Jordan di sinetron Tersanjung © Multivision PlusAdam Jordan di sinetron Tersanjung © Multivision Plus

"Aku kemarin-kemarin syutingnya kan nyetok dulu. Jadi ada yang enggak langsung tayang. Jadi kita syuting di mana, yang ini baru ditayangin," kata Adam saat ditemui pada hari Kamis (2/11).

Dulu sinetron tayang seminggu sekali, sekarang beda. Satu judul bisa tayang setiap hari. Adam pun merasakan bedanya syuting dulu dan masa kini. Bahkan ia juga mengaku keteteran dengan sistem kejar tayang.

"Mungkin gini, kalau era 90an kan syutingnya weekly, seminggu sekali, jadi artinya kita nggak ada kejar tayang gitu. Kalau sekarang kan satu judul tapi tayangnya setiap hari. Nah repotnya itu kalau nggak ada stok buat tayangan. Jadi hari ini syuting sampai malam besoknya langsung tayang. Nah itu. Jadi kejar-kejaran stok itu yang lebih ekstra. Oh iya. Kalau emang lagi nggak ada stok tayangan, sementara ini lagi kejar tayang. Jadi hari ini syuting, besoknya langsung tayang. Badan kita masih capek udah nongol saja itu," ceritanya.

Meski sudah pengalaman dengan berakting, ternyata Adam juga mengaku perlu adaptasi dengan cara kerja syuting sinetron sekarang, terutama masalah pengadeganan dan waktu tayang. Dia pernah syutung pagi hari dan malamnya langsung tayang. Bagi Adam hal tersebut perlu tenaga ekstra.

Selain masalah waktu, karakter yang diperankan Adam juga mengalami perbedaan. Kalau dulu dia jadi salah satu karakter utama, lalu jadi bapak-bapak, sekarang Adam malah main sinetron komedi. Ia punya alasan kenapa mau menerima tawaran main komedi.

"Justru sengaja. Saya sengaja ambil komedi juga, seenggaknya biar nggak itu-itu saja gitu, beda karakter. Kan sebagai aktor kita harus bisa membawakan karakter macem-macem, misalnya dalam komedi, drama, drama juga antagonis, protagonis, kalau sekarangkan lagi main antagonis. Nanti abis itu komedi lagi, kayak gitu, biar selang-seling. Awalnya (sulit). Cuma seiring waktu berjalan, adaptasi lokasi juga, ya kita Alhamdulillah bisa menyesuaikan," kata Adam.

Adam dan Natasha Wilona di sinetron Anak Sekolahan © SinemArtAdam dan Natasha Wilona di sinetron Anak Sekolahan © SinemArt

Kalau dulu lawan main Adam kebanyakan seumuran bahkan lebih tua, sekarang ia main sinetron bareng yang muda-muda. Ia pun punya cara adaptasi dengan mereka yang masih muda-muda. Bukan itu saja, Adam juga mengaku banyak belajar dari bintang-bintang muda lho!

"Aku ngerangkul mereka (bintang-bintang muda). Artinya memang sengaja aku merangkul, mengakrabkan mereka supaya tidak ada jeda. Jadi jangan ada kesan aku lebih tua, gitu. Jadi mau pemain baru ataupun pemain lama aku selalu cepat akrab dan membaur. Senggak-nggaknya, yang namanya di sinetron kan kita kerja tim. Apalagi sebagai lawan main, jadi biar enak reading-nya, sebelum syuting latihan dialog, jadi enak," Kata suami dari Amalia Faris ini.

"Kalau kita belajar nggak harus sama senior, sama yang baru kalau memang bermanfaat buat kita ya kita serap. Artinya kan harus saling berbagi, ada kalanya aku suka berbagi pengalaman, dan kalau memang dia juga punya pengalaman, nggak ada salahnya kita ambil," lanjutnya bijak.

Adam (tengah) di sinetron Tersayang © Multivision PlusAdam (tengah) di sinetron Tersayang © Multivision Plus

Eksistensi di dunia hiburan sangat penting bagi Adam, walaupun sulit. Oleh karena agar tetap survive ia pun mengandalkan kedisiplinan, adaptasi dan tentu saja skill akting. Jadi nggak heran kalau Adam masih punya penggemar setia dari dia zaman main di Tersanjung dan Tersayang.

"Ya kalau pas lagi di loksyut, mereka (penggemar) pada datang. Tersayang, identik kan sama topinya dan aku masih simpan," pungkasnya.

Masih ada yang punya topi Tersayang dari sinetron yang tayang di tahun 1999 ini nggak?

(kpl/pur/pit)

Reporter:

Mathias Purwanto


REKOMENDASI
TRENDING