SELEBRITI

Hotman Paris Benarkan Desiree Tarigan Pernah Gugat Ibu Angkatnya Sendiri, Tapi....

Minggu, 18 April 2021 08:00

Hotman Paris & Desiree Tarigan © KapanLagi.com/Muhammad Akrom Sukarya

Kapanlagi.com - Belakangan ini beredar di media sosial kalau Desiree Tarigan, ibunda Bams Eks Samsons pernah menggugat ibu angkatnya. Menanggapi kabar tersebut, kuasa hukum Desiree, Hotman Paris membenarkan kalau kliennya itu menggugat ibu angkatnya.

Tetapi, gugatan itu bukan karena ada perselisihan antara Desiree dengan ibu angkatnya. Hanya saja, untuk melengkapi dokumen negara soal adopsi anak.

"Dalam dua hari ini ada beredar di medsos forum pendaftaran gugatan dari Desi ke ibunya tahun 2018. Itu memang benar adanya tapi itu bukan gugatan dalam arti sengketa benaran, itu hanya salah satu syarat untuk mendapatkan namanya akta van dading. Yaitu semacam putusan pengadilan mengenai apa yang disepakati, namanya akta van dading," kata Hotman Paris di kawasan Kelapa Gading, Sabtu (17/4/2021).

1. Prosedur Adopsi

Hotman mengatakan, gugatan tersebut dilayangkan oleh Desiree karena banyak dokumen negara yang belum lengkap. Mengingat, Desiree diadopsi oleh ibu angkatnya pada tahun 1961 silam.

"Begini ceritanya, Desi itu diangkat anak tahun 61, bayangin tahun 61, 1961. Waktu itu belum ada kelengkapan, biasa lah namanya juga jaman bahela hanya semacam surat dan sebagainya, itu tahun 61. Kemudian belakangan disadari bahwa perlu bikin surat yang lebih kuat untuk pengangkatan anak ini," kata Hotman.

"Akan tetapi karena sudah gede, sudah dewasa, tidak mungkin lagi ditempuh prosedur yang biasa untuk pengangkatan anak. Karena untuk pengangkatan anak prosedur yang biasa memerlukan berbagai persyaratan seperti ke kementerian dan sebagainya," sambungnya.

2. Cara Dapatkan Putusan Pengadilan

Dengan cara gugatan itulah supaya Desiree bisa mendapat putusan dari pengadilan terkait adopsi anak.

"Akhirnya ditempuhlah dengan cara mendapatkan putusan pengadilan. Jadi ditempuhlah dengan cara mendapatkan putusan pengadilan namanya akta van dading," katanya.

3. Tak Ada Sengketa

Tentunya, Hotman sangat menyayangkan banyaknya pemberitaan yang menyudutkan kliennya tersebut seolah telah bersikap tega kepada ibu angkatnya sendiri. Padahal semua pengacara pasti mengerti soal akta van dading tersebut.

"Setiap pengacara akan ngerti bahwa akta van dading itu adalah putusan pengadilan berisi kesepakatan para pihak. Apa yang disetujui? Disetujui di sini diakui bahwa Desi adalah anak angkat ibunya kemudian atas adopsi tersebut akan dicatatkan di dinas kependudukan. Jadi nggak ada sengketa dalam arti seperti perkara mengarang, nggak," tutup Hotman.


REKOMENDASI
TRENDING