Kasus Pedofil, Nafa Urbach Himbau Agar Orangtua Tak Unggah Foto Telanjang Anak

Selasa, 22 Agustus 2017 19:45 Penulis: Guntur Merdekawan
Kasus Pedofil, Nafa Urbach Himbau Agar Orangtua Tak Unggah Foto Telanjang Anak Nafa Urbach © KapanLagi.com®/Bayu Herdianto

Kapanlagi.com - Nafa Urbach saat ini tengah merasa tak tenang dan juga geram karena kejadian yang menimpa putrinya, Mikhaela Lee Jowono. Ceritanya, setelah salah satu media online memberitakan putrinya, ada banyak sekali komentar-komentar bernada negatif yang menjurus ke aksi pedofilia yang datang dari beberapa netizen.

Tak terima dengan ujaran-ujaran dari para pedofil tersebut, Nafa pun mengambil sikap tegas dengan membawa kasus ini ke jalur hukum. Tak lupa, Nafa juga memberikan tips-tips pada orangtua lain bagaimana caranya agar kejadian serupa tak lagi terulang, di manapun dan juga pada siapapun.

"Yang pertama harus waspada, terus jangan upload foto-foto (anak) telanjang atau baru mandi atau mungkin jangan terlalu kayak ditinggal-tinggal di mall. Kadang-kadang kan, 'Ah biar mandiri, biar belajar sendiri, biar berani', itu jangan karena kita nggak tahu bakal terjadi gimana aja," jelas Nafa ketika ditemui di Gedung Kementrian PPPA, Jakarta Pusat, Senin (21/8).

Nafa ajarkan edukasi seks pada anak © KapanLagi.com®/Bayu HerdiantoNafa ajarkan edukasi seks pada anak © KapanLagi.com®/Bayu Herdianto

Lebih jauh, Nafa menyarankan agar para orangtua tak ragu-ragu memberikan edukasi tentang seks pada anak-anaknya. Meski mungkin terdengar tabu, namun Nafa punya penjelasan dan juga alasannya sendiri. Ia cuma berharap agar anaknya bisa lebih menjaga dirinya sendiri ketika suatu saat lepas dari pengawasan.

"Terus memberikan edukasi seks secara dini kepada anak-anak di mana bagian-bagian tertentu yang tidak boleh disentuh oleh orang lain dan mana yang penting, 'like this is a very personal thing that anyone cannot touch', gitu ya mungkin, bahwa itu adalah suatu kejahatan kalau sampai ada orang yang megang dan masukin tangan ke sini (bagian dada). Nggak apa-apa jelasin aja, jangan merasa tabu daripada nanti anaknya udah di-'itu' ya kan? Ngomong aja, jangan sampai ada orang yang berani memasukkan tangannya di bagian sini (dada) atau bagian selangkangan. Harus tegas-tegas aja, istilahnya kita berusaha memberikan kejelasan pada anak gitu. Karena kalau kita cuma pake kiasan, ntar nggak ngerti. Mending ngomong apa adanya," sambung bintang sinetron Kehormatan itu.

Nafa sendiri bakal lebih memperketat pengawasannya pada sang buah hati setelah ini. Pastinya Ia tak ingin hal-hal yang tak diinginkan terjadi ke depannya nanti. Dan salah satu sikap yang sudah diambil Nafa adalah menghapus foto-foto postingan tentang anaknya di media sosial.

"Ada pasti (pengawalan khusus). Dari tuhan nomor satu, (kedua) dari semuanya yang mendukung saya di sini," pungkasnya.

(kpl/pur/gtr)

Reporter:

Mathias Purwanto


REKOMENDASI
TRENDING