SELEBRITI

Lahirkan Lirik Lagu Menyayat Hati, Yovie Widianto Akui Berawal Dari Galau

Jum'at, 18 Oktober 2019 20:16 Penulis: Kistin Septiyani

Arsy dan Yovie Widianto ©KapanLagi.com/Muhammad Akrom Sukarya

Kapanlagi.com - Yovie Widianto dikenal sebagai pencipta lagu andal dengan lirik menyayat hati. Sebut saja tembang Janji Suci, Takkan Terganti, Mantan Terindah sampai yang terbaru yakni Adu Rayu yang dibawakan Glenn Fredly dan Tulus.

Inspirasi ternyata didapatkan saat Yovie sedang dilanda kegalauan. Menurutnya, justru saat galau itu kreativitasnya dalam menulis lirik lagu menjadi lancar.

"Galau itu penting, jangan remehkan. Galau tapi kreatif dan bisa membuat orang ternganga itu penting. Kenapa penting, karena kreativitas timbul dari kegalauan, timbul dari kegamangan, timbul dari sesuatu yang ingin kita cari jalan keluarnya. Jadi kreativitas saya muncul karena kegalauan itu," kata Yovie ditemui di kawasan Rasuna Said, Jakarta Selatan, Jumat (18/10/2019).

 

1. Diremehkan Orang

Pada awal karirnya, lirik yang ditulis oleh Yovie Widianto sempat diremehkan. Namun ia tetap membuatnya menjadi lagu hingga kini telah dikenal oleh banyak orang.

"Dulu ketika pertama kali berkarya, orang tidak pernah percaya: 'Apa sih lo, kata-katanya kok mantan terindah. Lirik yang lebih puitis dong'. Dan sekarang lagu Mantan Terindah menjadi lagu kebangsaan semua orang untuk mantannya," aku bapak dua anak ini.

"Saya bersyukur orang-orang bisa menyikapi mantan terindah mereka dan membuktikan kalau mereka menyesal sudah meninggalkan kita. Itu yang penting," imbuh musisi kelahiran Bandung tersebut.

2. Pemberian Tuhan

Yovie Widianto sudah belasan tahun berkarir dan hingga kini namanya masih terus dielukan sebagai musisi papan atas tanah air. Ia pun menyebut hal ini sebagai berkah pemberian dari Tuhan.

"Bandung adalah kota di mana saya pertama kali berkarya. Banyak cerita romantis tumbuh kemudian mengisi musik Indonesia dari tahun 80-an sampai 2019 ini. Kemudian saya melihat lagu saya jadi hits dan dinikmati manusia yang umurnya 30 tahun di bawah saya. Kalau rentang usia masih 10 tahun, 15 tahun di bawah saya, masih oke. Tapi kalau anak SMP main musik, ngeband, menyanyikan lagu ciptaan saya dengan fasih itu sangat menyenangkan," jelasnya.

"Bukan saya yang jenius melakukan itu, berkarir selama lima tahun itu sudah luar biasa, kalau sepuluh tahun sudah hebat banget, kalau belasan tahun itu pemberian Tuhan," tandasnya.


REKOMENDASI
TRENDING