Mbah Surip Tidak Pernah Mengeluh

Rabu, 05 Agustus 2009 22:28 Penulis: Darmadi Sasongko
Mbah Surip Tidak Pernah Mengeluh Mbah Surip
Kapanlagi.com - Siapa sangka Mbah Surip yang saat itu belum terkenal dan tidak mempunyai hubungan keluarga dengan anak-anak jalanan di KPJ Komunitas Wapres, memberikan hadiah kepada sekitar dua ratus pengamen.

Hal ini diungkapkan oleh Farid dan Nurhadi, anggota Kelompok Penyanyi Jalanan (KPJ) Komunitas Wapres, di tempat nongkrong Mbah Surip, di kawasan Bulungan Blok M, Jakarta Selatan, Selasa (4/8).

"Pernah waktu itu dia ngasih uang Rp50 ribu per orang untuk anak-anak jalanan di sini. Ada sekitar 200 orang," demikian tegas Farid yang diamini rekan-rekannya.

Menurut Farid, Mbah Surip tidak pernah mengeluh saat mengalami sedih atau pun suka. Sehingga rekan-rekan tidak pernah tahu, termasuk menjelang wafatnya, kemungkinan beliau tidak mengeluhkan apa-apa. Sehingga tidak ada firasat yang dirasakan oleh teman-temannya. "Kita nggak ada firasat sama sekali, karena Mbah nggak pernah ngeluh," simpul Farid.

Farid juga mengaku tidak banyak tahu dengan keluarga Mbah Surip, karena selama manggung di KPJ, tidak pernah ada keluarganya yang muncul menyaksikan kebolehannya.

"Keluarganya Mbah Surip sama sekali nggak pernah lihat Mbah Surip manggung. Tapi yang saya tahu dia berasal dari Mojokerto. Paling saya sering lihat anaknya, Farid, dia selalu ikut Mbah Surip," terang Farid yang sudah menempatkan Mbah Surip sebagai teman, orang tua, pembimbing, dan sebagai penolong sekaligus itu.   

(kpl/gum/dar)


REKOMENDASI
TRENDING