Melly Goeslaw Jadi Duta Hak Kekayaan Intelektual

Rabu, 27 April 2011 05:05 Penulis: Anton
Melly Goeslaw Jadi Duta Hak Kekayaan Intelektual Melly Goeslaw
Kapanlagi.com - Usai dikukuhkan menjadi Duta Hak Kekayaan Intelektual (HKI) oleh Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia, penyanyi dan sekaligus pencipta lagu Melly Goeslaw langsung melancarkan kritik tentang keseriusan pemerintah dalam memberantas pembajakan karya cipta.

Melly mengatakan, kerugian yang diderita oleh musisi karena aksi pembajakan bisa mencapai miliaran rupiah.

"Bisa miliaran banget. Bayangkan saja, tahun 90-an itu kaset bisa dua juta kopi, sekarang 20 ribu kopi itu bisa satu tahun. Dulu, saya waktu album JIKA, 20 ribu kopi itu sehari. Jadi bisa dibayangkan kerugian buat composer, pemegang HKI, dan buat negara juga," tuturnya usai acara pengukuhannya yang berlangsung di hadapan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Negara, Jakarta, Selasa (26/4).

Melly yang dinobatkan sebagai duta HKI karena kreativitasnya yang telah menciptakan sekitar 500 lagu dan juga aktivitasnya untuk menumbuhkan kesadaran HKI itu menilai, saat ini pemerintah masih adem-ayem dalam memberantas kejahatan pelanggaran HKI.

Perempuan kelahiran 7 Januari 1974 itu mengatakan aksi pemerintah untuk memberantas kejahatan pelanggaran HKI masih terbatas pada acara seminar namun tidak serius dalam praktik di lapangan.

"Karena di Ratu Plaza (pusat perbelanjaan di Jalan Sudirman, Jakarta) saja, hari ini mau beli DVD bajakan tiba-tiba kosong karena ada razia. Tapi besoknya ada lagi di mana-mana. Jadi gimana ya, kalau aparatnya punya harga diri mestinya mereka merasa dihina banget kalau kayak begitu," katanya.  

(antara/bun)

Editor:

Anton


REKOMENDASI
TRENDING