Nadine Candrawinata Cerita Pengalaman Mendaki Puncak Cartenz

Rabu, 29 Juni 2016 01:17 Penulis: Rahmi Safitri
Nadine Candrawinata Cerita Pengalaman Mendaki Puncak Cartenz Nadine Chandrawinata © KapanLagi.com®/ Agus Apriyanto

Kapanlagi.com - Isu global warming yang semakin memasuki tahap krisis menjadi perhatian artis cantik Nadine Candrawinata. Tak heran jika ia mengajak siapapun untuk bertanggung jawab saat menjadi seorang traveler.

"Saya masih lihat masih ada tumpukan sampah sisa pendaki dan saya harap harusnya dibawa kembali," ujar Nadine saat ditemui diacara Dialog Kantong Plastik, Gratis VS Bayar di JCC Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (10/6/2016).

Hati Nadine makin terasa teriris saat tahu kondisi pegunungan Cartenz atau biasanya lebih dikenal dengan nama Jaya Wijaya, yang mengalami penyusutan jumlah salju hingga 60%. Keadaan ini yang membuat kakak Marcell dan Mischa Candrawinata itu makin gencar melakukan gerakan peduli lingkungan.

Nadine ungkap masalah global warming di puncak Cartenz© KapanLagi.com®/ Agus ApriyantoNadine ungkap masalah global warming di puncak Cartenz© KapanLagi.com®/ Agus Apriyanto



"Ada sekitar 60 persen penyusutan, yang terjadi dan kemarin sempat ke pegunungan di Jaya Wijaya, di gunung Sumantri yang katanya biasanya dari bawah sudah ada salju tapi sama sekali nggak ada salju. Itu menyedihkan," tambahnya.

Lebih lanjut Nadine berkelakar tentang perjalanannya ke Papua yang penuh perjuangan. Bersama tim Aksa 7, ia akan mendaki tujuh gunung tertinggi di Indonesia.

"Saya jalan sama Aksa 7 kita berenam, tiga orang pembimbing salah satunya seven summiters lah. Lima orang kameramen. Mereka berada di puncak tapi tetep syuting. Kita jalan dari Timika ke Sugapa dan menuju ke atas tiap hari dari jam 9 pagi sampai 5 sore kita jalan. Sampai sana buka tenda, masak, dan jam 8 malam sudah tidur, setiap hari sampai ke puncak. Kita di puncak berangkat jam 4 pagi dan 15 jam menuju puncak. Pulangnya pun nggak ngambil jalur pendek, kita balik butuh 4 malam ke titik awal," pungkasnya.

(kpl/hen/pit)

Editor:

Rahmi Safitri


REKOMENDASI
TRENDING