Nadine Chandrawinata, Putri Indonesia 2005

Sabtu, 30 Juli 2005 08:00 Penulis: Rita Sugihardiyah
Kapanlagi.com - Nadine Chandrawinata, akhirnya terpilih sebagai Putri Indonesia 2005 menggantikan Artika Sari Devi. Gadis bertinggi 174 cm dan berat 52 kg ini Jumat malam (29/07) berhasil mengalahkan 37 finalis lain dari 33 provinsi dalam grand final memperebutkan mahkota dari emas untuk pertama kalinya.

Nadine akan mewakili Indonesia di ajang Miss Universe 2006. Sebenarnya penampilan Nadine tidak begitu mulus, dia sempat agak canggung saat ditanya tentang Green Belt Movement yang diajukan wakil ASEAN Rudi Persik di babak lima besar.

Untung gadis kelahiran Hannover, Jerman ini mampu membalasnya dengan jawaban indah setelah maju di babak tiga besar. Saat itu Nadine ditanya apakah setuju dengan pernyataan, bahwa sahabat sejati seperti bayangan yang selalu mengikuti kita. Mahasiswi London School of Public Relations itu menjawab kurang setuju. Gadis yang terlahir 21 silam ini mengatakan sahabat seharusnya selalu ada saat suka dan duka. Beda dengan bayangan, yang bisa hilang ketika gelap datang.

"Jawaban Nadine tentang filsafat sahabat sejati itu benar-benar mengagetkan kami. Dia bisa memberikan alasan yang benar. Jarang ada anak muda yang mau tahu tentang filsafat kuno sperti itu. Secara keseluruhan Nadine layak jadi Putri Indonesia, tapi jawabannya di babak tiga besar itulah yang membuat kami tak ragu lagi memilihnya," kata Dewi Motik, salah satu juri.

Posisi runner-up pertama disabet Lindi Chistia Prabha wakil dari D.I. Jogjakarta disusul Valerina Novita Daniel dari DKI Jakarta. Meski tak menjadi pemenang utama mereka memiliki kesempatan imbang untuk unjuk kebolehan di tingkat internasional. Lindi akan mewakili Indonesia di ajang Miss World, sementara Valerina di Miss ASEAN.

Sedang Putri Pariwisata Rahma Alia juga akan berangkat ke ajang Miss Tourism World 2006, yang akan dihelat di Zimbabwe. Tiga gelar lain yang dibagi adalah Putri Persatuan dan Persahabatan (Ardhianita Cahyani Adjie dari DKI Jakarta 1, Putri Berbakat (Ika Widianingsih asal Jawa Barat), dan Putri Favorit (Fenny Novita Dewi dari Sulawesi Tengah).

Acara yang dipandu oleh Ferdi hasan dan Susan Bachtiar di Jakarta Convention Center ini juga dihadiri runner-up pertama Miss Universe 2005 asal Puerto Rico Cynthia Olavarria untuk mendampingi Artika Sari Devi menyematkan mahkota kepada Nadine.

(*/rit)


REKOMENDASI
TRENDING