Naif, Seniman Musik Yang Sangat Produktif

Senin, 20 Oktober 2008 22:10 Penulis: Agung Dien Farid
Kapanlagi.com - 2008 merupakan tahun yang produktif bagi Naif, dengan serangkaian proyek variatif yang menggaris bawahi kreativitas band yang terbentuk pada tahun 1995 melalui persahabatan di kampus Institut Kesenian Jakarta ini. Kurang dari setahun setelah melepas album TELEVISI yang banyak dipuji penggemar dan pengamat musik, pada Mei lalu Naif mengeluarkan LET'S GO, sebuah album yang inovatif.

Inovasi tersebut terletak pada format yang tidak lazim, yaitu kumpulan lagu-lagu yang baru direkam, lagu-lagu lama yang direkam ulang dan lagu-lagu yang sudah lama direkam tapi belum sempat dilepas. Sejumlah lagu di album ini juga telah ditampilkan dalam film-film komedi KAWIN KONTRAK dan NAMAKU DICK. Selain itu, LET'S GO didistribusikan dengan cara yang berani, yakni secara gratis lewat majalah Rolling Stone sebagai bentuk protes atas pembajakan. Sebuah langkah yang berani untuk band sekelas Naif.

Naif tak hanya berkreasi di bidang musik saja. Mereka juga menerbitkan buku Kenapa Kuda Lumping Makan Beling? Dan 61 Pertanyaan Ngaco Lainnya Dijawab oleh Naif, yang menampilkan selera humor unik David, Jarwo, Emil dan Pepeng. Sosok masing-masing personel yang memiliki karakter kuat juga diterjemahkan ke dalam beberapa proyek yang layak untuk dikoleksi. Ada action figure, yang dapat dijadikan pajangan indah di kamar. Ada flash drive yang berguna untuk menyimpan data, sekaligus berisi album LET'S GO secara lengkap Ada juga Bon Bin Ben, sebuah bentuk kepedulian Naif terhadap generasi berikutnya, di mana Naif dijadikan tokoh-tokoh kartun berbentuk binatang yang bermain band.

Sebagaimana ditampilkan di buku anak-anak Bon Bin Ben di Rimba Hijau Kemarau, yang disertai bonus CD delapan lagu anak-anak asli ciptaan Naif di bawah nama Bon Bin Ben. Bon Bin Ben juga dijadikan pertunjukan drama musikal yang digelar untuk pertama kali pada akhir Juli lalu, dan mendapat sambutan meriah. Kepedulian Naif juga akan segera diwujudkan melalui kompilasi Siaga Bencana, sebuah bentuk kerja sama dengan LIPI yang bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia akan bencana, dan juga melibatkan artis-artis ternama seperti Franky Sahilatua, Samsons, Netral, White Shoes and The Couples Company, Efek Rumah Kaca dan masih banyak lagi.  

(kpl/prl/dna)


REKOMENDASI
TRENDING