Pakar Telematika Sebut Foto Abraham Samad - Elvira Editan

Rabu, 14 Januari 2015 15:15 Penulis: Ahmat Effendi
Pakar Telematika Sebut Foto Abraham Samad - Elvira Editan Abimanyu - Elvira Devinamira ©KapanLagi.com®
Kapanlagi.com - Berbagai pembuktian terkait foto menghebohkan mirip Ketua KPK, Abraham Samad dengan Puteri Indonesia 2014, Elvira Devinamira dilakukan. Jika ahli editing foto Agan Harahap menilai foto itu asli berdasarkan resolusi yang kecil dan berarti akan sulit direkayasa. Hal berbeda dikatakan ahli telematika Abimanyu Wachjoewidajat.

Pria yang pernah turut membongkar kasus video porno Ariel dan Luna Maya itu menilai ada beberapa rekayasa yang dilakukan dalam foto mesra itu. Metode yang dilakukan adalah penggabungan foto-foto yang berbeda.

"Sudah, sudah lihat. Menurut saya, foto itu hasil rekayasa," tegas Abimanyu yang akrab disapa Abah kepada KapanLagi.com®, Rabu (14/1).

Foto mirip Abraham Samad - Elvira Devinamira ini disebut sebagai hasil editing. ©merdeka.comFoto mirip Abraham Samad - Elvira Devinamira ini disebut sebagai hasil editing. ©merdeka.com

Abimanyu lantas menjelaskan lebih detail berbagai editing yang dilakukan. Foto yang beredar melalui surat elektronik dari akun wijayantiandini@yahoo.co.id itu langsung menyita perhatian karena dianggap sarat muatan politik. 

"Muka yang ada digabungin, muka abraham di-cropping. kalau enggak salah wanitanya Elvira ya," jelas dia.

Banyak kalangan yang menilai foto mesra tersebut sebagai 'serangan balik' dari keputusan KPK yang menetapkan status tersangka pada Komjen Budi Gunawan, calon Kapolri yang diajukan Presiden Joko Widodo. Efek dari foto itu memang seperti bola panas yang terus bergulir.

(kpl/ded/sjw)

Reporter:

Dedi Rahmadi


REKOMENDASI
TRENDING