Ramadan Tanpa Istri, Sahrul Gunawan: Ini Bahan Evaluasi Diri

Senin, 13 Juni 2016 21:15 Penulis: Natanael Sepaya
Ramadan Tanpa Istri, Sahrul Gunawan: Ini Bahan Evaluasi Diri Sahrul Gunawan © KapanLagi.com/Bambang E. Ros
Kapanlagi.com - Bulan Ramadan tentu akan terasa nikmat saat kita menjalaninya bersama orang-orang yang kita cintai. Tapi hal seperti itu justru tidak lagi dirasakan oleh aktor kawakan seperti Sahrul Gunawan yang menjalani bulan Ramadan dan ibadah puasa kali ini sendirian tanpa sosok sang istri, Indriani Hadi.

"Ya menyikapinya (kondisi sendiri tanpa Istri) memanfaatkan Ramadan dengan ibadah, dengan menjadikan ini bahan evaluasi diri. Ya, momentum Ramadan ini berbeda dengan waktu yang lainnya dan saya tidak sendiri, ada Allah yang setia menemani. Tinggal gimana kita menjadikan Allah sebagai sandaran kita, sebagai tempat mengungkapkan yang jadi keinginan dan harapan. Kenal diri ya kenal Tuhan, Dia yang memberi masalah, ujian. Saat sedang diuji, yang dicari ya yang bikinin masalahnya. Gimana mengurainya dan kita harus lebih bijak, tidak lantas menyalahkan keadaan atau orang, itu sih sebenarnya. Sabar itu (kuncinya), ya itu, ini bulan yang melatih sabar," jelas Sahrul Gunawan saat ditemui di Kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara, Minggu malam (12/6).

Walau begitu, aktor kelahiran Bogor ini tidak menepis kalau ia pun masih membiasakan diri untuk menjalani hari-harinya sendirian, terutama di bulan Ramadan kali ini. Hanya saja Sahrul melihat adanya banyak kesempatan dan peluang untuknya beribadah serta berdoa di tengah padatnya rutinitas bulan ini.

Bulan Ramadan pertama tanpa istri, Sahrul Gunawan semakin menguatkan imannya © instagram.com/sahrulgunawan76Bulan Ramadan pertama tanpa istri, Sahrul Gunawan semakin menguatkan imannya © instagram.com/sahrulgunawan76

"Ya belum terbiasa juga sih, kebetulan makan sahur dan buka kan di lokasi syuting. Gak berasa, pulang tinggal tarawih, tidur, gak lama bangun lagi, terus siap-siap live. Banyak waktu untuk tahajud sebelum syuting," lanjutnya.

Meski bulan Ramadan tahun ini ia harus berpisah dengan Istrinya, Sahrul pun memilih untuk tetap berpikir positif. Tak peduli padatnya rutinitas yang dijalaninya, Sahrul Gunawan melihat kalau bulan Ramadan yang ia jalani kali ini lebih memiliki kualitas dalam beribadah.

"Ya buat saya sih lebih terasa punya kualitas ibadah aja, karena tersisih waktu. Semua ada hikmah ya, tapi lebih dari itu semua, Ramadan itu bisa melatih diri, membakar yang buruk-buruk. Itu aja sih," pungkasnya singkat.

(kpl/pur/ntn)

Reporter:

Mathias Purwanto


REKOMENDASI
TRENDING