Sophie Navita Jadi Duta ASI

Minggu, 18 September 2005 10:53 Penulis: Erlin
Kapanlagi.com - Pembawa acara Sophie Navita (30) diangkat oleh Yayasan Sentra Laktasi Indonesia sebagai duta Air Susu Ibu (ASI) di Jakarta, Sabtu.

Pemilihan tersebut dilakukan dengan pertimbangan Sophie memberikan ASI eksklusif kepada anaknya Rangga Namora Putra Barata (2) selama enam bulan, dan ia juga aktif mengkampanyekan ASI eksklusif kepada teman-temannya sesama artis.

"Saya juga kaget nih, kok diangkat jadi duta ASI. Tapi saya rasa pengangkatan ini beda dengan jabatan lain dengan punya program dan kabinetnya. Mungkin ini lebih ke peresmian saja, karena toh dalam keseharianpun saya -- dengan segala kerendahan hati saya katakan -- sudah cukup banyak berbicara dan menyebarluaskan informasi mengenai ASI," Kata istri Pongki Tri Barata, vokalis grup musik Jikustik itu.

Sophie mengaku mengetahui banyak informasi mengenai ASI dari pakarnya secara langsung, Dr. Utami Roesli SpA MBA dari Sentra Laktasi Indonesia.

"Saya tahu dari dedengkotnya langsung, dokter Tami. Saya memang berteman dari dulu dengan keluarga besar Roesli. Dulu juga nongkrongnya di rumah almarhum Harry Roesli, jadi memang dari dulu sudah dimasuki pengetahuan-pengetahuan tentang ASI," Ceritanya.

Saat itu sebenarnya Sophie bingung, karena menikah saja belum tapi sudah dicekoki dengan informasi mengenai ASI.

"Ternyata setelah saya menikah dan hamil, informasi itu tuh nempel di otak. Saat itu saya langsung niat melakukan apa yang dulu pernah diberi tahu. Dari situ saya menyebarkan informasi itu juga ke teman-teman," Tambahnya.

Menurutnya, informasi mengenai ASI jangan hanya disampaikan pada para perempuan yang sudah menikah saja, tetapi kepada semua perempuan, bahkan juga pada laki-laki sebagai calon ayah.

"Meskipun mereka belum menikah, kita beri tahu supaya itu nempel di hati dan pikiran mereka. Dan, ketika mereka melahirkan, mereka akan melakukan itu. Laki-laki juga harus mengetahui tentang itu, agar mereka dapat mendukung usaha istrinya memberikan ASI eksklusif. Selama ini orang belum mengenal betul keuntungan ASI," Tutup Sophie Navita.

(*/erl)

Editor:

Erlin


REKOMENDASI
TRENDING