SELEBRITI

Tampil di Penutupan IMF, Maruli Tampubolon Bangga Kenalkan Lagu Batak ke Dunia

Rabu, 17 Oktober 2018 13:00 Penulis: Tyssa Madelina

Maruli Tampubolon © KapanLagi.com/Budy Santoso

Kapanlagi.com - Aktor dan penyanyi Maruli Tampubolon mendapat kesempatan berharga untuk tampil di acara penutupan IMF-World Bank 2018. Event yang diselenggarakan di Garuda Wisnu Kencana (GWK), Nusa Dua, Badung, Bali, Minggu (14/10) lalu juga dihadiri oleh tokoh-tokoh ekonomi dunia. Mendapat kepercayaan untuk mengisi acara dengan skala internasional membuat Maruli bangga bukan main. Menurutnya, ini adalah salah satu sumbangsih yang bisa ia berikan untuk Indonesia.

"Saya senang sekali mendapatkan tawaran seperti itu. Inilah sumbangsih dan darmabakti saya untuk Indonesia dari apa yang bisa saya lakukan di dunia entertainment. Ya, saya ingin berikan sumbangsih lainnya untuk Indonesia di bidang lain," ujar Maruli Tampubolon, saat ditemui di kawasan Jakarta, Senin (15/10).

Di kesempatan tersebut, pria yang juga berprofesi sebagai pengacara itu tampil memukau dengan membawakan lagu Batak di depan 150 tamu undangan. Beberapa lagu yang ia bawakan antara lain ada Selayang Pandang, Tak Tontong, dan Sik Sik Sibatumanikam. Tak ayal, karena hal itu lah pria berusia 31 tahun ini merasa bangga karena berhasil mengenalkan lagu daerah ke kancah internasional.

"Sebagai orang Batak menyanyikan lagu itu sudah sangat luar biasa, hal yang paling gila sekali. Sebelum nyanyi saya ada sambutan kecil dulu, ngomong pakai bahasa Batak. Sangat bangga, mereka menerima dan joget dapat standing applause juga," ungkapnya.

1. Tidak Merasa Grogi

Meski disaksikan ratusan mata penonton, Maruli Tampubolon tak merasa grogi sedikit pun. Selain karena sudah berpengalaman mengisi event internasional seperti Asian Games, ia justru merasa tertantang untuk menampilkan performa yang maksimal di atas panggung.

"Saya buka grogi ya, saya justru makin greget. Ini momen yang tepat mereka melihat budaya dan betapa dalamnya kultur Indonesia yang sangat beragam. Dikemas musik yang dibuat mas Andy Rianto, saya sangat energetik saat menyanyikan lagu Sumatera, mereka semua tepuk tangan," jelasnya.

2. Tunjukkan Penampilan Berbeda di Asian Games

Maruli Tampubolon selama ini dikenal sebagai salah satu penyanyi berbakat Tanah Air. Akan tetapi, ketika mengisi acara opening Asian Games 2018 yang digelar pada hari Sabtu (18/08) kemarin, ia justru menunjukkan hal yang berbeda dengan bermain teater. Maruli pun merasa terhormat karena bisa memerankan tokoh Gajah Mada di segmen dramatik Nusantara.

"Kemarin adalah bagian yang menurut saya jadi kehormatan. Saya bisa memerankan seorang tokoh yang memiliki nilai historis yang tinggi di nusantara kita. Saya memerankan sosok Gajah Mada, sosok pemersatu saat nusantara terpecah belah dan lain sebagainya. Dengan keberadaan Gajah Mada bisa pemersatu bangsa," ujar Maruli Tampubolon, saat ditemui di kantornya, di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Minggu (19/8).

3. Terpilih Tanpa Proses Casting

Selain merasa terhormat karena memerankan tokoh Gajah Mada, Maruli Tampubolon patut berbangga karena dirinya didapuk langsung oleh sang creative director, Wishnutama. Padahal menurut Maruli, ada beberapa aktor kenamaan Indonesia yang memiliki potensi untuk berperan sebagai Gajah Mada.

"Mungkin itu suatu kebanggaan yang tidak bisa diungkapkan. Saya langsung dipilih, tidak ada casting. Pertimbangannya saya tidak mengerti kenapa mas Tama bisa pilih saya. Tapi saya mendapatkan itu, saya dalami dan merasakan bagaimana jadi pemersatu bangsa. Gimana karakter orang yang bisa menyampaikan sumpah secara lantang di depan ribuan orang. Tidak boleh memiliki keraguan di situ. Karena dari tutur bahasa, gerak tubuh itu membuat kita dipercaya," urainya.


REKOMENDASI
TRENDING