Vidi Aldiano Maknai Hari Musik dengan Support Pemerintah Buat UU Hak Cipta

Sabtu, 10 Maret 2018 14:40 Penulis: Galuh Esti Nugraini
Vidi Aldiano Maknai Hari Musik dengan Support Pemerintah Buat UU Hak Cipta Vidi Aldiano ©Kapanlagi.com

Kapanlagi.com - Tanggal 9 Maret Indonesia memperingatinya dengan Hari Musik Nasional. Bertempat di Ambon konferensi musik pertama kali digelar, yang digagas oleh Glenn Fredly. Semua penyanyi begitu antusias.

Setiap tahunnya Hari Musik tidak hanya selalu dirayakan oleh musisi Indonesia saja, namun juga para pendengarnya. Tak hanya penyanyi yang datang, melainkan juga pihak pemerintah. Para penggelut dunia musik tersebut meluapkan aspirasinya terhadap perkembangan musik Indonesia. Begitu juga dengan Vidi Aldiano.

Vidi merasa sebagai seorang penyanyi ia harus mensupport pemerintah dalam hal menggiatkan undang-undang tentang perlindungan hak cipta. Tak hanya dirinya namun untuk semua musisi-musisi Indonesia. Saat ini undang-undang tersebut masih dalam proses.

Permasalahan dari hak cipta ini adalah permasalahan yang mendesak baginya. Ia merasa berbeda dengan di luar negeri sana terkait hak cipta, apalagi masuk ke permasalahan royalti.

"Yang paling urgent hak cipta sih karena performing right belum ada beda sama luar negeri lagu-lagu dimainkan di restoran di radio mendapat royalti. Itu yang kita pengin kejar. Kemarin banyak berita2 musisi yg udah tua tapi susah hidupnya. Semoga masih bisa mendapat porsi dah haknya merek," ucap Vidi Aldiano saat ditemui di bilangan Kuningan City, Jakarta Selatan, Jumat (9/3).

Vidi Aldiano saat konferensi enterpreneur ©Kapanlagi.comVidi Aldiano saat konferensi enterpreneur ©Kapanlagi.com

Tak hanya menjadi harapannya saja tetapi juga semua musisi Indonesia. Untuk perkembangan musik sendiri, tiap tahunnya mengalami perkembangan. Apalagi banyak terbantu dengan adanya alat-alat penunjang di era digital seperti saat ini. Hal ini bisa meningkatkan kualitas penyanyi dalam negeri untuk bersaing ke dunia luar.

"Perkembangan secara general ada banget terbantu sama era digital karena musik2 indonesia bisa didengerin sama semuanya nggak di indonesia aja. Musisi indonesia bersaing tidak hanya di indonesianya saja tapi sama luar negeri juga. Dipush untuk kualitas dunia," ungkap Vidi Aldiano.

Semoga dengan adanya Hari Musik, musisi Indonesia semakin menunjukkan karyanya yang terbaik dan mendapat apreasiasi yang lebih dari seluruh pihak.

(kpl/far/gen)

Reporter:

Fikri Alfi Rosyadi


REKOMENDASI
TRENDING