W.S Rendra Meninggal Setelah Dipijit

Jum'at, 07 Agustus 2009 11:40 Penulis: Noviana Indah TW
W.S Rendra Meninggal Setelah Dipijit W.S Rendra
Kapanlagi.com - Meninggalnya seniman dan pemikir besar W.S Rendra memang membuat dunia seni di tanah air merasa amat kehilangan. Apalagi, kematian sang pujangga ini berselang tidak lama dari kematian seniman nyentrik Mbah Surip.

Menurut Theodorus Setya Nugraha, anak pertama W.S Rendra dari istri pertamanya, menuturkan jika sang ayah meninggal setelah sempat dipijit tubuhnya. Padahal, sebenarnya Rendra tidak boleh dipijit setelah melakukan cuci darah.

"Sebenarnya beliau tidak meninggal di RS. Jadi, pagi kemarin (Kamis 06/08) dia melakukan cuci darah, kemudian pulang dan sempat bercanda-bercanda. Terus minta diguntingi kukunya, terus minta dimandiin dengan air sirih dan air nilam. Terus pas Maghrib dia minta dipijit," kisah Teddy, panggilan akrab Theodorus.

"Seharusnya, orang yang habis cuci darah tidak boleh dipijit karena akan mengganggu peredaran darahnya. Nah, setelah Maghrib, diminta dibuatin air alang-alang oleh Papa. Setelah itu setelah dipijat Papa mengeluarkan keringat dan nafasnya sukar, detak jantungnya tinggi, bahkan badannya sampai gemetaran, itu sekitar pukul 21.30 WIB," lanjut Teddy.

Akhirnya, beberapa menit kemudian, Rendra akhirnya tidak bernafas. Keluarganya sempat menggoyang-goyangkan badan sang penyair itu dan berpikir jika Rendra sedang bercanda.

"Dia sering mempelajari pola pernafasan, jadi kita pikir Papa hanya bercanda," tukasnya. "Akhirnya kita bawa kembali ke RS Mitra Keluarga, Depok, untuk memastikan. Dan akhirnya Dokter bilang, 'Kalian terlambat membawa Papa, dia sudah meninggal.' Dan itu dinyatakan sekitar pukul 22.00." pungkasnya.   

(kpl/hen/npy)


REKOMENDASI
TRENDING