RCTI Kemas FFI 2009 Dalam Format Ala Oscar

Senin, 07 Desember 2009 22:05 Penulis: Anton
Kapanlagi.com - Setelah sukses dengan berbagai macam program awarding, untuk pertama kalinya RCTI akan menayangkan FESTIVAL FILM INDONESIA 2009 yang dipersembahkan untuk para insan perfilman Indonesia yang dinilai berprestasi di dunia perfilman nasional.

FESTIVAL FILM INDONESIA 2009 dengan tema Film Indonesia Sebuah Kebanggaan akan dikemas secara spektakuler bertabur bintang dan penghargaan pada hari Rabu (16/12) pukul 21.00 WIB, Hall D1 - Kemayoran, Jakarta Pusat.

"RCTI merupakan bagian dari industri besar dunia hiburan Indonesia termasuk dunia perfilman, hal tersebut membuat kami berkeinginan mengangkat kembali gengsi festival film tahunan ini dan mengembalikan kejayaan FFI. Banyak yang merasa awarding FFI membosankan karena kemasan pengumuman nominasinya dilaksanakan biasa saja. Dengan treatment layaknya awarding negara maju seperti Oscar, RCTI bukan hanya akan menggelar karpet merah, namun juga mengemas keseluruhan acara menjadi tontonan yang menghibur bagi seluruh rakyat Indonesia," tutur Harsiwi Achmad, Direktur Program RCTI.

FFI 2009 diikuti 118 film, terdiri atas 40 judul film bioskop, 38 judul film dokumenter dan 40 judul film pendek. sebagai Dewan Juri Film Bioskop adalah: Alex Kumara, Eduard Pesta Sirait, El Manik, Franky Raden, German Mintapradja, Indra Yudistira, Sekar Ayu Asmara, Jajang C Noer dan Totot Indrarto.

Anggota Dewan Juri Film Dokumenter adalah Fajrian Hamdi, Buntje Harbunangin, Marselli Sumarno, Roy Lolang, serta Yudi Datau. Sementara, anggota Dewan Juri Film Pendek di antaranya Iwan Wahab, Ainun Ridho, Firman Triyadi, Hadi Artomo dan Hardo Sukoyo.

Komite FFI 2009 diketuai Niniek L Karim dengan tiga koordinator bidang. Koordinator Bidang Promosi dan Kerjasama Luar Negeri Arya Gunawan, Koordinator Bidang Festival Ilham Bintang dan Koordinator Bidang Umum Labbes Widar.

"Proses penjurian sudah dimulai sejak tanggal 12 November dan rampung pada tanggal 24 November serta nominasi unggulan pada tanggal 28 November 2009. Berbeda dari tahun sebelumnya, FFI 2009 diselenggarakan oleh Komite Festival Film Indonesia (KFFI) yang dibentuk oleh Menbudpar (Menteri Kebudayaan dan Pariwisata). Komite ini dibentuk untuk menjadi barometer pencapaian kualitas film Indonesia yang lebih baik," jelas Niniek L. Karim.

"Festival Film Indonesia ingin menjadi rumah bersama, baik bagi pekerja, pendukung dan pecinta film Indonesia. Kami juga berharap FFI bisa menjadi barometer perkembangan film-film tanah air, untuk itu marilah kita bergandengan tangan menjadikan film Indonesia lebih baik lagi," tambahnya.

Acara malam puncak FESTIVAL FILM INDONESIA 2009 akan dimeriahkan oleh band dan artis papan atas seperti Ungu, ST12, d Masiv, The Changcuters, Vierra dan Geisha. Acara akan dipandu oleh Winky Wiryawan dan Laura Basuki.

Tidak ketinggalan kehadiran serta penampilan para selebriti papan atas Indonesia akan menyemarakkan suasana malam puncak FFI 2009 dengan membacakan nominasi serta pemenangnya.

Pembaca nominasinya adalah Kinaryosih, Carissa Putri, Ringgo Agus Rahman, Richard Kevin, Rianti Cartwright, Yama Carlos, Alice Norin, Cholidi Asadil Alam, Fauzi Baadilah, Rae Sita, Niniek L Karim dan Wulan Guritno.     

(kpl/rcti/bun)

Editor:

Anton


REKOMENDASI
TRENDING