in partnership with Indosiar
 
DANGDUT

Hasil Konser Pertama Grup 3 Top 9 LIDA 2019: Cut Teratas, Angga Terendah

Senin, 22 April 2019 10:51 Penulis: Canda Permana

Liga Dangdut Grup 3 Babak 9 Besar (Credit: Instagram @Indosiar)

Kapanlagi.com - Persaingan peserta Liga Dangdut Indonesia (LIDA) 2019 untuk grup 1 dan 2 babak 9 besar, telah usai diselenggarakan. Kiki (Kep. Riau) dan Hanan (Jawa Barat) menjadi peserta yang tersenggol. Sementara Puput (Sulawesi Selatan), Alif (Kalimantan Timur), Faul (Aceh), dan Sheyla (Maluku) sudah dipastikan melaju ke babak 6 besar.

Kini, giliran grup 3 yang bersaing untuk bisa melangkah ke babak enam besar. Ketiga peserta yang berada di grup 3 tersebut adalah Angga (Sumatera Utara), Cut (Aceh), dan Nirwana (Bengkulu). Pada konser pertama yang diselenggarakan Minggu malam (21/4), persaingan antara ketiga peserta yang berada di grup 3, berlangsung menarik.

1. Memikat Dewan Juri

Angga yang mendapat kesempatan pertama tampil, berupaya memikat dewan juri, panel provinsi, dan pemirsa lewat lagu Tak Bosan dari GAUL yang sudah diaransemen ulang. Hasilnya, seluruh panel provinsi memberi lampu dukungan dan empat juri menekan lampu biru. Hanya Soimah yang menekan lampu merah.

“Malam ini kamu bagus. Namun ada pitching di beberapa part. Style vocal kamu tidak masuk sesuai genre musiknya dan saya juga merasa kamu nyanyinya kejar-kejaran,” kritik Soimah.

2. Nilai Sempurna

Sementara, dua peserta lainnya meraih nilai sempurna dari juri dan panel provinsi. Cut yang membawakan lagu berjudul Kepastian berhasil mendapat lima lampu biru juri dan tiga lampu dukungan panel provinsi.

“Feel nya sampai, kamu mampu memberikan soul yang luar biasa di lagu tadi. Cengkok kamu juga pas, tidak ada yang berlebihan jadi enak didengar,” puji Nassar.

3. Raih Lima Lampu

Nirwana yang menjadi penampil terakhir juga meraih lima lampu biru dari juri dan tiga lampu dukungan dari panel provinsi dalam melantunkan lagu Terima Kasih Bunda.

“Malam hari ini kamu keren, kamu menyanyikan lagu ini benar benar dari hati, body language kamu juga bagus,” puji Dewi Perssik.

4. Diuji Nyanyi Bersamaan

Setelah tampil solo, ketiga peserta masih diuji untuk membawakan lagu dangdut berjudul Egois secara bersamaan yang dinilai dewan juri. Hasilnya, Angga dan Nirwana meraih nilai 5 dari juri, sedangkan Cut meraih nilai 4.

Usai itu, tiba giliran mereka untuk mendengarkan hasil perolehan SMS dan vote dari pemirsa. Sebagaimana diketahui ada tiga elemen penilian kepada peserta.

5. Hasil Vote

Pertama dari panel provinsi yang memiliki bobot 5 persen, kedua dewan juri yang memiliki bobot 20 persen, dan ketiga polling SMS dan vote aplikasi Shoppe dari pemira yang memiliki bobot paling besar, yakni sebesar 75 persen.

Setelah ketiga komponen tersebut digabungkan, Cut berada di posisi puncak dengan total nilai 35,02 menyusul Nirwana di posisi kedua dengan total nilai 33,96 dan Angga berada di posisi terendah dengan total nilai 31,02 persen.

Ketiga peserta masih memiliki satu kesempatan lagi dalam konser result sebelum akhirnya di antara mereka harus ada yang tersenggol. Lantas, siapakah yang akan tersenggol atau tereleminasi dari grup 3 top 9? Apakah Angga atau bisa jadi Cut dan Nirwana? Semua kemungkinan masih bisa terjadi.

(kpl/CDP)

Reporter: Dadan Deva


REKOMENDASI
TRENDING