in partnership with Indosiar
 
DANGDUT

Pembakar Mobil Via Vallen Bawa Jenglot dan Jimat, Paranormal: Orang yang Terlalu Mistis akan Gendeng

Kamis, 02 Juli 2020 12:21

Mbah Mijan - Via Vallen © istimewa

Kapanlagi.com - Mobil Alphard putih milik Via Vallen dibakar oleh seorang pria yang mengaku sebagai salah seorang fans berat pelantun lagu Sayang ini sendiri. Terduga pelaku pembakar mobil Via Vallen tersebut diketahui kini telah diamankan pihak kepolisian dengan sejumlah barang bukti.

Selain botol air yang mengeluarkan bau bensin, polisi juga menemukan beberapa barang mencurigakan seperti alat perdukunan serta boneka jenglot yang biasanya dipercaya punya kekuatan mistis. Temuan polisi ini menarik perhatian Mbah Mijan sebagai seorang paranormal.

"Mas pelaku membawa jenglot dan jimat di dalam tasnya. Mas, sampeyan kuwi meh jadi dukun opo meh jadi piye mas (kamu itu mau jadi dukun atau gimana mas)? Kok ada jenglot dibawa, terus jimat-jimat dibawa, terus seolah-olah kamu tuh yakin banget kalau mbakar mobil Via Vallen itu langsung selamet gitu atau gimana? Kamu pikir dengan tindakan kriminalmu itu ketika kamu sudah punya jimat yang namanya jenglot, yang namanya jimat macem-macem di tasmu itu kamu bakal selamat gitu aja? Stres mas," ujar Mbah Mijan di kanal YouTube pribadinya dalam siaran live pada Rabu (01/07/2020).

 

1. Jimat Hanyalah Alat

Terkait kepemilikan barang-barang yang berkaitan dengan hal gaib tersebut, Mbah Mijan menegaskan bahwa dia melarang Sobat Mistis (sebutan untuk para penggemarnya) untuk punya pegangan berupa jimat tanpa sanad dan pengijazahan yang jelas. Hal ini bertujuan agar pemilik jimat tidak terganggu dengan pegangannya sendiri.

"Ketika Anda punya azimat, Anda punya benda-benda apa pun, tolong, tolong, bahwa ini adalah alat. Layaknya seorang petani ingin mencangkul sawah, ingin mencangkul ladang, butuh cangkul. Monggo, beli cangkulnya boleh. Yang nggak boleh itu cangkulnya nggak dipakai tapi disembah. Itu yang nggak boleh," sambungnya.

2. Antara Mistis dan Logis

Berdasarkan pengamatan terhadap perilaku pelaku pembakaran yang membawa benda-benda gaib ke mana-mana, Mbah Mijan menyimpulkan bahwa tersangka terobsesi dengan hal-hal mistis. Sama seperti hal-hal lain dalam kehidupan ini, segala sesuatu yang berlebihan tidaklah baik.

"Orang yang terlalu mistis akan gendeng, terlalu logis juga akan sableng. Jadi harus tengah-tengah, harus medium. Kalau Anda terlalu mistis berpandangannya, berpikirnya, maka Anda akan mudah sekali dikendalikan oleh energi gaib. Entah yang ada di dalam benda pusaka, benda keramat, benda unik, benda antik, dan sebagainya. Itu yang perlu kita garis bawahi," tutur sang paranormal.

3. Ikut Gemas dengan Pelaku

Mbah Mijan ikut gemas melihat ulah pelaku pembakaran yang dianggap tidak masuk akal ini. Ia mengaku tidak akan tinggal diam jika tidak terpisah jarak dengan tempat kejadian perkara.

"Rumahnya Via Vallen kalau deket sama Mbah Mijan, topinya Mbah sampai miring gini. Ini kalau kopiahnya Mbah Mijan udah miring, waduh wes, iso telornya pelaku itu pindah di mata dua-duanya. Ya. Untung Via Vallen jauh dari tempatnya Mbah Mijan, kalau deket, woah!" kata Mbah Mijan gemas.


REKOMENDASI
TRENDING