INDONESIA

'KEHORMATAN DI BALIK KERUDUNG', Keikhlasan Dipoligami

Kamis, 27 Oktober 2011 11:59  | 

Donita


'KEHORMATAN DI BALIK KERUDUNG', Keikhlasan Dipoligami
Film KEHORMATAN DI BALIK KERUDUNG





KapanLagi.com -
Oleh: Puput Puji Lestari

Pemain: Donita , Andhika Pratama, Ussy Sulistiawaty, Nadya Almira, Jordi Onsu, Iwa Rasya, Erlin Sarintan.

Syahdu (Donita) adalah wanita yang berhati mulia namun keras hati. Syahdu tinggal bersama ibunya (Erlin Sarintan) serta adik perempuannya, Ratih (Nadya Almira). Suatu ketika Syahdu berniat mengunjungi kakeknya. Dalam perjalanan, Syahdu bertemu Ifand Abdussalam (Andhika Pratama). Ifand adalah pemuda soleh namun berpikiran terbuka, dan cerdas. Syahdu ternyata satu tujuan dengan Ifand. Bukan hanya itu, ternyata rumah Ifand dan rumah kakeknya Syahdu (HS Abdullah Ali) berjarak tak terlampau jauh. Di sini, Ifand dan Syahdu pun berkenalan lebih akrab, yang pada akhirnya menumbuhkan benih cinta di hati mereka.

Sofia (Ussy Sulistiawaty), gadis sekampung dengan Ifand, yang jatuh hati pula pada Ifand, namun Ifand tak pernah menanggapi serius. Sementara kakek Syahdu yang tahu keakraban Syahdu dengan Ifand, merasa tak nyaman. Banyak gunjingan warga. Kakek Syahdu meminta Syahdu meninggalkan desa agar tidak menjadi fitnah.

Sekembalinya di rumah, Syahdu dihadapkan kenyataan pahit. Ibunya dirawat di rumah sakit, dan harus menjalani operasi. Biayanya sungguh besar. Syahdu dan Ratih bingung mencari biaya. Dalam situasi genting itu, mantan kekasih Syahdu, Nazmi (Iwa Rasya) yang masih berusaha mendapatkan kembali cinta Syahdu, menawarkan bantuan dana guna membiayai operasi ibunya. Dengan satu syarat, Syahdu harus bersedia menikah dengannya. Demi cinta kasih kepada ibunda, Syahdu pun terpaksa menerima tawaran tersebut. Menikahlah Syahdu dengan pria itu. Semua dilakukannya agar ibunya selamat dari penyakit yang menggerogoti tubuhnya.

Mantan kekasihnya yang sah jadi suaminya, ternyata berbuat kasar. Syahdu diusir suaminya pada malam pernikahannya. Mengetahui Syahdu sudah menikah, Ifand kecewa sekali. Ifand kemudian menikah dengan Sofia, gadis yang diam-diam selalu mencintainya. Dan pada kenyataannya, Ifand merasa beruntung. Sofia menunjukkan ketulusan cintanya melalui pengabdiannya sebagai seorang istri.

Syahdu memilih bercerai dan jadi seperti orang stress. Mudah sakit, sering melamun, menyendiri dan pendiam. Semangatnya hilang entah ke mana. Adiknya, Ratih iba pada Syahdu. Diam-diam Ratih berkirim surat pada Ifand. Menceritakan tentang keadaan Syahdu, kakaknya. Sofia memang istri yang solehah. Dengan segala keikhlasan hati, Sofia meminta suaminya untuk menjenguk Syahdu.

Sofia berusaha tidak cemburu, apalagi marah. Sofia, yang kemudian membaca surat Ratih, trenyuh mengetahui penderitaan bathin dan fisik Syahdu. Sofia meminta Ifand membawa Syahdu untuk perawatan, bahkan Sofia rela jika Ifand menikahi Syahdu apabila Ifand menghendakinya. Ifand akhirnya memutuskan menikahi Syahdu untuk menghindari pergunjingan. Ifand, Syahdu dan Sofia pun tinggal serumah. Di sinilah konflik sebenarnya terjadi. Syahdu yang awalnya bahagia bisa bersama Ifand merasa bersalah dengan Sofia yang selalu baik padanya. Perasaannya semakin galau ketika melihat kelebihan-kelebihna Sofia yang tidak dimilikinya.

Film ini terasa lama di awal, karena suguhan gambar yang bertele-tele. Pemakaian bahasa puitis belebihan kadang bisa menjadi bumbu tapi lebih banyak menjadi biasa. Setting Bromo yang biasanya indah kurang berhasil digali, sehingga nampak biasa saja. Beberapa bagian tidak tersambung dengan sempurna, sehingga kemungkinan penonton kehilangan alur cerita sangat besar. Untuk film drama, film ini terkesan mengalir biasa. Perpaduan bagus yang paling terasa adalah Ussy dan Andhika yang terlihat nyaman satu sama lain dalam memerankan tokoh yang mereka bawakan. (kpl/uji/nat)

Genre:Drama
Jadwal Tayang:-
Sutradara:Tya Subiakto Satrio
Produser:Chand Parwez Servia
Produksi:PT. Kharisma Starvision Plus
Durasi:-

Foto - Foto Adegan Film KEHORMATAN DI BALIK KERUDUNG:

KEHORMATAN DI BALIK KERUDUNGKEHORMATAN DI BALIK KERUDUNG
KEHORMATAN DI BALIK KERUDUNGKEHORMATAN DI BALIK KERUDUNG
KEHORMATAN DI BALIK KERUDUNGKEHORMATAN DI BALIK KERUDUNG