INDONESIA

'XIA AIMEI', Pembebasan Korban Perdagangan Manusia

Kamis, 12 Januari 2012 09:10  | 

Franda


'XIA AIMEI', Pembebasan Korban Perdagangan Manusia
Poster Film XIA AIMEI ©Wikipedia





KapanLagi.com -
Oleh: Puput Puji Lestari

Pemain: Franda, Samuel Rizal, Olga Lydia, Ferry Salim, Shareefa Daanish, Jasmine Julia Machate, Gilang Dirgahari.

Jeratan utang keluarga membawa Xia Aimei (Franda), seorang gadis remaja asal desa kecil, Yangshuo Guangxi, China terjebak human trafficking. Ketika ayahnya meninggal, dia menjadi tulang punggung keluarga. Untuk mendapatkan uang, Xia menyetujui tawaran kerja dari pamannya. Ia pun dibawa ke Jakarta, ke sebuah klub eksklusif bernama Le Mansion. Dia dibawa ke Jakarta bersama beberapa wanita lain.

Di Le Mansion, Xia bertemu Jack (Ferry Salim) dan Nancy (Olga Lydia), pengelola tempat hiburan malam tersebut. Di sana nama Xia Aimei diubah menjadi Xi Xi. Le Mansion adalah club mewah milik Jack yang dikenal memiliki layanan plus dengan perempuan asal China dan Uzbekistan untuk menjadi perempuan penghibur VIP di sana. Salah satunya adalah Xi Xi.

Suatu malam Xi Xi dipaksa melayani Bos Marun, salah satu kepala gangster di Jakarta. Karena takut Xi Xi panik dan melukai Bos Marun dan ia pun kabur dari Le Mansion. Pada saat itulah Xi Xi bertemu dengan AJ Park (Samuel Rizal). AJ Park adalah seorang cameraman underwater Indonesia mempunyai sedikit keturunan darah Korea yang sudah bekerja selama 5 tahun di Discovery Underworld International (D.U.I). Pada after party sebuah proyek penyelaman, AJ Park, Timun (Gilang Dirgahari) sahabatnya Kapten Rover dan Baddi pergi ke Le Mansion.

AJ Park yang merasa tidak nyaman dan risih dengan Le Mansion memutuskan untuk menunggu di luar dan bertemu dengan Intel Imigrasi (Norman Kamaru) yang telah lama melakukan penyelidikan terhadap Le Mansion, yang dicurigai melakukan human trafficking. Saat Xi Xi kabur, suasana pun menjadi kacau dan Timun tidak sengaja meninggalkan data penting pekerjaan mereka di bar Le Mansion. Mereka pun kembali untuk mengambil data yang tertinggal. Pada saat itulah AJ Park menemukan Xi Xi yang bersembunyi di jok belakang mobilnya.

Pertemuan AJ Park dengan Xi Xi itulah yang membawa AJ Park terlibat dalam pelarian Xi XI. AJ Park ingin membantu Xi Xi kabur dari jeratan Le Mansion.

Secara garis besar cerita ini terkesan bagus dan isunya pun menarik. Namun, eksekusi dari sisi gambar, logika ruang, dan akting pemainnya gagal. Sehingga film ini terlihat kacau juga sulit mendapatkan pesan dari film ini. Detail yang terlihat diabaikan dengan sengaja, misalnya profesi AJ Park sendiri disebut sebagai underwater cameraman. Namun nama organisasinya Discovery Underworld International (D.U.I), hal ini menjadi aneh karena underworld lebih berarti ke dunia kriminal terselubung. Ketidakjelian Alyandra sebagai penulis skenario dan sutradara ini menunjukkan eksekusi kurang matang dari film ini. (kpl/uji/nat)

Genre:Drama
Jadwal Tayang:12 Januari 2012
Sutradara:Alyandra
Produser:Frederica
Produksi:Falcon Pictures
Durasi:72 minute

Premiere Film XIA AIMEI di XXI Plasa Indonesia:

XIA AIMEIXIA AIMEI
XIA AIMEIXIA AIMEI
XIA AIMEIXIA AIMEI