INTERNASIONAL

'DON'T BE AFRAID OF THE DARK', Para Penghuni Kegelapan

Selasa, 10 Januari 2012 17:13  | 

Guy Pearce


'DON'T BE AFRAID OF THE DARK', Para Penghuni Kegelapan
Lionsgate





KapanLagi.com - Pemain: Guy Pearce, Katie Holmes, Bailee Madison, Alan Dale, Eliza Taylor Cotter

Rating:

3 star3 star

Oleh: Fatchur Rochim

Semua orang tahu kalau monster dari alam lain sebenarnya tak pernah benar-benar ada. Makhluk-makhluk mengerikan ini hanya ada di dalam pikiran anak-anak. Yang pasti orang dewasa tak akan percaya pada monster-monster ini, atau setidaknya sampai mereka sendiri melihat para penghuni dunia lain ini.

Sally Hurst (Bailee Madison) memang tak punya banyak teman. Apalagi di tempat baru ini belum banyak anak-anak yang dikenal Sally. Alex (Guy Pearce), ayah Sally, memang baru saja menempati rumah baru yang dikenal sebagai Blackwood Manor itu. Baru pindah artinya Alex masih sibuk merenovasi rumah yang kabarnya dibangun di abad ke-19 ini.

Rumah kuno ini memang terlihat menyeramkan namun ada yang lebih menyeramkan dari tampilan luar rumah megah ini. Sally yang pertama kali menjadi saksi keanehan rumah ini. Sally mendengar suara-suara berbisik yang memanggilnya ke lantai dasar Blackwood Manor. Ada apa di sana? Ternyata ada makhluk dari dunia lain yang sedang berusaha untuk membebaskan diri dan mereka memerlukan bantuan Sally.

Rasa penasaran membuat Sally mengikuti permintaan suara-suara aneh itu. Tanpa disadari, Sally sebenarnya telah membuka gerbang ke dunia lain dan kini para penghuninya siap untuk merebut Sally dari Alex. Tak tahu harus berbuat apa, Sally pun datang pada Alex dan Kim (Katie Holmes), kekasih Alex. Sayangnya, kedua orang ini tak percaya kalau benar-benar ada monster di rumah mereka. Sekarang, tugas Sally adalah membuktikan pada Alex dan Kim sebelum makhluk-makhluk ini benar-benar membuat kehancuran.

Review
Rumah seram. Makhluk mengerikan. Anak kecil dengan rasa penasaran yang tinggi. Bukan rumusan baru dalam film horor memang. Entah sudah berapa kali formula ini dijadikan landasan sebuah film horor. Nyatanya, formula ini ini memang tak pernah jadi basi walaupun kadang rumusan ini gagal membangkitkan rasa ngeri penonton.

DON'T BE AFRAID OF THE DARK pun menggunakan rumusan yang sama. Bedanya, Guillermo del Toro tahu persis apa yang harus dilakukan dengan film seperti ini. Master film fantasi dan horor ini cukup jeli untuk mengeksploitasi titik yang penting dan menomorduakan faktor pengganggu seperti kejutan-kejutan kecil yang biasanya digunakan dalam film horor.

Kejutan-kejutan kecil memang tetap ada namun bukan itu titik tumpu DON'T BE AFRAID OF THE DARK ini. Rasa putus asa karena Sally tak bisa meyakinkan Alex dan Kim sementara waktu sudah semakin mepet, adalah kunci dari kesuksesan Troy Nixey, sang sutradara. Tentu saja ini tak lepas dari kemampuan si kecil Bailee Madison. Aktris cilik ini tak sekedar berteriak-teriak ketakutan namun juga memperlihatkan rasa penasaran yang sangat tinggi sekaligus mimik wajah takut yang terlihat tak dibuat-buat.(kpl/roc)

Genre:Horror
Release Date:January 21, 2011
Director:Troy Nixey
Script:Guillermo del Toro, Matthew Robbins
Producer:Guillermo del Toro, Mark Johnson, Stephen Jones
Distributor:Lionsgate
Duration:100 Minutes
Budget:US$25 million
Official Site:dontbeafraidofthedark-movie.com

Lihat Galeri Foto:

DONT BE AFRAID OF THE DARKDONT BE AFRAID OF THE DARK
DONT BE AFRAID OF THE DARKDONT BE AFRAID OF THE DARK
DONT BE AFRAID OF THE DARKDONT BE AFRAID OF THE DARK

Trailer Film DON`T BE AFRAID OF THE DARK

Lihat Trailer Lainnya | Film Minggu Ini