INTERNASIONAL

'THE INTERPRETER' Ahli Bahasa dan Agen Rahasia Berpadu Gagalkan Pembunuhan

Selasa, 26 April 2005 16:44






KapanLagi.com - The Interpreter sebuah cerita thriller politik baru besutan Pollack Sydney, sebagian besar bersetting di gedung markas besar PBB di New York City, sebuah tempat yang sebelumnya tak pernah terjamah dunia perfilman. Desain yang indah dipadu dengan emosi serta intelijen membuat film ini memiliki berpotensi dramatis dan sosiologis. Terlebih lagi didukung dua bintang Hollywood yang berbakat besar, Nicole Kidman dan Sean Penn.

Dikisahkan agen Rahasia Tobin Keller (Sean Penn) dan patnernya (Catherine Keener) menadapat tugas di PBB sesudah seorang juru bahasa beranama Silvia Broome (Nicole Kidman) mendengar ancaman pembunuhan melawan seorang diktator Afrika bernama Zuwanie (Earl Cameron), seorang yang pernah dihormati dan sekarang dituduh sebagai dalang pembantaian. Dia mengumumkan bahwa dia akan mengalamatkan pada Majelis Umum untuk membela kebijakannya. Pimpinan Agen Rahasia (Sidney Pollack) menyatakan hal terakhir yang dibutuhkan Amerika Serikat, dalam sejarah, adalah pembunuhan seorang pemimpin asing di atas tanah Amerika.

Zuwanie secara jelas dimaksudkan mewakili Robert Mugabe dari Zimbabwe, juga pernah dikatakan sebagai seorang liberator yang sekarang menjadikan kelaparan sebagai alat politik. Sylvia yang dikisahkan tumbuh dewasa di negara Zuwanie, adalah seorang pendukung Zuwanie, melihat orang-tuanya yang dibunuh, menjadikan itu bayang-bayang kelam di hidupnya. Kidman kali ini berbicara dalam bahasa Ku, bahasa dari Matobo (negara khayalan), dan telah lima tahun menjadi seorang juru bahasa PBB.

Ketika Silvia melaporkan bahwa dia mendengar rencana pembunuhan tersebut, Agen Rahasia Keller diberi tugas untuk menyelidikinya, walapun saat itu dia masih terguncang secara emosional karena kematian istrinya. Sementara Silvia masuk dalam set yang sesuai, ternyata dia dulu adalah seorang aktivis politik di kampung halamannya yang saudara lelakinya hilang saat pemerintahan diktator Zuwanie. Maka berpadulah dua tokoh ini dalam rangkaian cerita untuk menggagalkan rencana pembunuhan. (erl) (kpl/erl)