KOREA

12 Grup K-Pop Ini Menangkan Trofi Pertama dengan Lagu Debutnya

Rabu, 28 Oktober 2020 15:05 Penulis: Editor KapanLagi.com

BLACKPINK © SBS Inkigayo & TXT © SBS MTV THE SHOW

Kapanlagi.com - Persaingan di industri musik K-Pop yang sangat ketat menjadikan para musisi hingga idol sangat bekerja keras untuk mendapat pengakuan dari publik. Saat menjadi trainee mereka berlomba-lomba agar bisa debut, setelah debut bukan berarti goals dalam hidupnya sudah tercapai. Mereka harus kuat bersaing dengan para grup K-Pop baru bahkan dengan para seniornya. Namun bukan berarti tidak ada kesempatan sama sekali untuk para rookie idol. Seperti beberapa grup K-Pop berikut yang berhasil memenangkan trofi pertama dari acara musik di Korea dengan lagu debutnya.

Siapa saja mereka? Cek yuk!

 

1. BLACKPINK

BLACKPINK, girl group populer asal YG Entertainment ini sudah meraih banyak prestasi sejak awal debut pada tanggal 8 Agustus 2016. Mereka bahkan mendapat trofi pertama dari acara music show hanya dalam waktu 13 hari setelah debutnya. BLACKPINK mendapat first win di SBS Inkigayo dengan lagunya yang bertajuk Whistle. Selain itu, lagu debutnya juga merajai 8 situs streaming musik populer di Korea Selatan yaitu MelOn, Monkey3, Olleh Music, Naver Music, Bugs, Mnet, Soribada, dan Genie. Netizen menjuluki mereka sebagai 'Beast Rookie' karena mampu mencetak rekor dan membuat prestasi dalam waktu yang singkat.

 

2. Wanna One

Grup jebolan PRODUCE 101 SEASON 2 ini memang sangat menarik perhatian publik. Meskipun sudah bubar, Wanna One yang debut pada tanggal 8 Agustus 2017 ini berhasil mencetak banyak prestasi. Salah satunya mereka memenangkan trofi pertama dalam acara musik setelah beberapa hari mereka debut. Bukan hanya itu, Energetic yang merupakan lagu utama debut mereka berhasil menempati posisi pertama sebanyak 15 kali.

 

3. AB6IX

Setelah bubarnya Wanna One, para member yang dulu tergabung dalam grup tersebut kembali ke agensinya masing-masing. Termasuk Park Woojin dan Lee Daehwi yang kembali ke agensi BRANDNEW MUSIC dan debut kembali bersama kawan-kawannya, Lim Youngmin, Kim Donghyun, dan Jeon Woong ke dalam satu grup bernama AB6IX. Meskipun salah satu membernya sudah keluar, yaitu Lim Youngmin, debut mereka saat itu sukses menarik perhatian publik. Mereka memenangkan trofi pertamanya dengan lagu debut BREATH di SBS MTV's The Show hanya dalam 14 hari setelah debutnya.

 

4. CIX

Sama seperti AB6IX, salah satu member CIX yaitu Bae Jinyoung sebelumnya tergabung dengan Wanna One. Jinyoung debut bersama 4 member lainnya yaitu BX, Seunghun, Yonghee, dan Hyunsuk pada 23 Juli 2019. Dengan lagu bertajuk Movie Star, mereka hanya memerlukan waktu 7 hari untuk segera mendapatkan first win di acara musik SBS MTV's The Show. Hal ini tentunya menjadi kebanggaan tersendiri bagi para membernya, karena usaha dan kerja keras mereka akhirnya membuahkan hasil yang manis.

 

5. (G)I-DLE

Debut pada tanggal 2 Mei 2018 dengan single utama yang bertajuk LATATA, (G)I-DLE berhasil menempati posisi pertama di acara musik SBS MTV's The Show dua puluh hari setelah debutnya. Monster rookie dari Cube Entertainment ini berhasil mengalahkan seniornya yaitu The Boyz dan Dreamcatcher dengan skor 8.063.

 

6. TXT

TXT yang debut di agensi BigHit Entertainment diprediksi akan mengikuti jejak kesuksesan seniornya yaitu BTS. Debut mereka yang sukses dengan CROWN sebagai lagu utama, TXT juga meraih first win di acara musik hanya dua minggu setelah debutnya. Dengan skor 7.190, mereka mengalahkan para seniornya (G)I-DLE dengan 6.439 dan LOONA 2.361 di SBS MTV's The Show.

 

7. IZ*ONE

IZ*ONE merupakan girl group jebolan PRODUCE 48, musim ke-3 untuk ajang survival Produce di Mnet. Debut dengan 12 member pada tanggal 29 Oktober 2018. Singlenya yang bertajuk La Vie en Rose berhasil mendapat first win di M COUNTDOWN hanya 10 hari setelah debutnya. Mereka memecahkan rekor sebagai girl group dengan first win tercepat yang sebelumnya diraih BLACKPINK yaitu 13 hari setelah debut.

 

8. ITZY

Girl group asal JYP Entertainment ini sudah meraih popularitas yang besar sejak awal kemunculannya. Debut pada tanggal 11 Februari 2019 dengan single utama yang bertajuk DALLA DALLA, ITZY berhasil memenangkan trofi pertamanya pada acara musik M COUNTDOWN hanya 9 hari dari setelah debutnya. Mereka menjadi girl group tercepat yang mendapat first win, mengalahkan rekor IZ*ONE yang mendapat trofi pertama setelah 10 hari debutnya. Konsep girl crush yang sangat cocok dengan para membernya telah menghantarkan ITZY menjadi rookie monster yang dicintai para penggemarnya.

 

9. X1

Grup jebolan dari ajang survival Produce memang terbukti selalu menuai kesuksesan dan mendapat banyak perhatian sejak awal debutnya. Tak terkecuali X1 yang terbentuk melalui PRODUCE X 101, musim ke-4 dari Produce series. Meskipun tak berumur panjang, X1 yang debut pada tanggal 27 Agustus 2019 ini telah meraih first win mereka hanya dalam waktu 5 hari. Mereka berhasil memenangkan trofi pertamanya pada acara musik SBS MTV's The Show dengan single yang bertajuk Flash. Para penggemarnya pun ramai merayakan kemenangannya dengan membuat hastag #Flash1stWin yang menjadi trending topic di Twitter.

 

10. WINNER

WINNER yang menaungi agensi YG Entertainment ini juga tak kalah populer dari grup lainnya. Meski salah satu membernya yakni Nam Taehyun sudah keluar pada tahun 2016 lalu, WINNER telah mencetak banyak prestasi termasuk sejak awal debutnya. Mereka menempati posisi pertama dalam acara musik M COUNTDOWN. Dengan lagu debutnya Empty dan Color Ring, WINNER berhasil mengalahkan seniornya yaitu Block B. Sebelumnya boy group ini memenangkan acara survival dari YG WHO IS NEXT: WIN dan berhasil debut pada tahun 2014.

 

11. iKON

Sama seperti WINNER, iKON juga ditinggal oleh salah satu membernya yakni B.I pada tahun 2019 lalu. Meski begitu, grup yang resmi debut pada tanggal 15 September 2015 dengan merilis single bertajuk My Type ini telah sukses dan menarik banyak perhatian publik. Lagu debutnya tersebut berhasil merajai situs streaming populer di Korea. Mereka mendapat predikat 'All Kill' di instiz chart dengan lagu debutnya. Selain itu, iKON juga berhasil memenangkan trofi pertamanya di MBC Music Core hanya dalam 11 hari setelah debutnya.

 

12. Miss A

Meski sudah bubar, Miss A yang merupakan girl group asuhan JYP Entertainment ini sudah sangat populer sejak dulu. Mereka bahkan sudah meraih trofi pertamanya dengan lagu debutnya Bad Girl Good Girl di M COUNTDOWN hanya dalam waktu 21 hari setelah debutnya. Saat itu mereka mencetak rekor sebagai girl group peraih first win tercepat.

Itu dia 12 grup K-Pop yang berhasil meraih kemenangan pertama dengan lagu debutnya. Usaha dan kerja keras mereka yang tak pernah berhenti akhirnya membuahkan hasil yang manis juga bukan?

Ditulis oleh: Fitri Mardiana

 


REKOMENDASI
TRENDING