KOREA

Kisah Perjuangan Member EXO Masuk SM, Sempat Kegeeran - Dikejar Pemandu Bakat

Rabu, 02 Oktober 2019 07:15 Penulis: Rahmi Safitri

EXO © SM Entertainment

Kapanlagi.com - Menjadi seorang bintang K-Pop itu tidak lah mudah. Selain punya bakat dan wajah menarik, seseorang harus punya kualitas seorang bintang. Apalagi di Korea, mereka harus lolos audisi yang diadakan oleh agensi.

Sama seperti yang lain, sembilan member EXO juga punya kisah menarik untuk bisa lolos audisi yang diadakan oleh SM Entertainment yang merupakan salah satu agensi hiburan paling besar dan terkenal di Korea. Dilansir dari Koreaboo, inilah kisah member EXO lolos audisi. Dimulai dari yang paling tua sampai yang termuda.

1. Xiumin

Xiumin lolos audisi setelah mengikuti kontes menyanyi yang digelar oleh Every-sing (perusahaan karaoke milik SM Entertainmet) pada 2008. Saat itu awalnya, penyanyi bernama Kim Minseok ini ikut kontes karena seorang teman. Ia menyanyikan lagu Emerald Castle yang berjudul Footsteps dan berhasil menjadi nomor dua. Kemenangan ini membuat Xiumin mendapat hadiah US$ 1000 dan kontrak menjadi trainee di SM Entertainment.

Xiumin pernah cerita kalau nyanyi adalah hobi dan ia sebenarnya ingin kuliah jurusan olahraga. Tapi berkat temannya, ia mencoba menguji kemampuan dengan ikut kontes. Xiumin pernah ikut audisi di JYP Entertainment tapi gagal.

Selama trainee Xiumin kehilangan berat badan karena beratnya masa-masa sebelum menjadi artis. Tiga tahun setelah menjadi trainee ia debut bersama EXO di 2012 dan langsung merebut hati banyak orang berkat wajahnya yang imut-imut.

2. Suho

Sejak SD, Suho yang punya nama asli Kim Junmyeon punya cita-cita menjadi seorang penyanyi. Tapi sayangnya tidak disetujui oleh orangtua yang memintanya untuk kuliah saja.

Untungnya keajaiban datang pada Suho. Saat SMP, ketika ia sedang melakukan kegiatan sosial di sebuah taman, pemandu bakat dari SM Entertainment melihatnya dan memintanya untuk ikut sebuah kontes.

Suho lalu ikut audisi, lolos, dan meyakinkan orangtuanya untuk mengizinkan dirinya menjadi trainee di SM. Sejak akhir 2015, akhirnya ia resmi menjadi trainee.

Selama setahun, Suho sempat tidak bisa nge-dance karena cedera dan harus menjalani rehabilitasi. Hal ini membuatnya takut tak bisa debut sehingga ia memutuskan untuk belajar dan diterima di Korea National University of Arts.

Setelah tujuh tahun menjadi trainee akhirnya Suho debut bersama EXO dan menjadi seorang leader.

3. Lay

Sejak kecil, Lay sudah ingin sekali menjadi seorang performer. Banyak acara TV yang meliputnya saat masih anak-anak karena kemampuannya dalam bernyanyi, menari dan akting. Selain itu, sejak masih kecil pria bernama asli Zhang Yixing ini sudah punya penggemar.

Di 2008, tim pemandu bakat SM menemukan Lay kala ia ikut dalam sebuah kontes di China. Sejak Oktober tahun tersebut ia pun mulai menjadi trainee di Korea.

Empat tahun kemudian ia debut bersama EXO dan sempat masuk ke dalam sub unit EXO-M. Sampai kini ia menjadi satu-satunya member asal China yang masih bertahan di EXO meskipun ia punya banyak kegiatan individual di negaranya.

4. Baekhyun

Sejak masih muda, Baekhyun bercita-cita menjadi seorang selebriti. Ia pun sering ikut audisi tapi tak pernah dipanggil lagi. Baekhyun pernah cerita, ia ikut audisi global yang diadakan SM di Incheon, sempat yakin dan sudah geer akan dipanggil setelah diminta menyanyikan lima lagu, namun tak ada kabar lagi.

Suatu hari, Baekhyun berniat mendaftar ke Seoul Insitute of the Arts jurusan musik. Ketika sedang mempersiapkan suara untuk audisi, ia tiba-tiba didekati oleh pemandu bakat dari SM.

Di 2011, Baekhyun dipanggil lagi oleh SM dan ia pun tanda tangan kontrak sebagai trainee. Empat bulan kemudian, Baekhyun pun masuk ke dalam persiapan untuk menjadi member EXO berkat bakat dan kemampuannya dalam beradaptasi. Tujuh bulan kemudian ia resmi debut dan menjadi salah satu main vocalist EXO.

Dari awal debut, Baekhyun salah satu member yang punya banyak penggemar. Sampi kini ia disebut sebagai genius idol.

5. Chen

Saat SMA, Chen yang punya nama asli Kim Jongdae sering mengambil kelas menyanyi di sebuah akademi musik. Ketika guru vokalnya menyarankan untuk ikut audisi, Chen pun setuju untuk mencoba.

Di 2011, ia ikut kompetisi yang diadakan SM dan salah satu lawannya adalah Baekhyun. Bulan Mei di tahun yang sama, ia resmi menjadi trainee di SM.

Hanya dalam waktu singkat, Chen masuk ke dalam persiapan pembentukan EXO berkat suaranya yang luar biasa. Hanya perlu 11 bulan baginya untuk debut bersama EXO.

6. Chanyeol

Chanyeol awalnya tak berminat jadi idol. Berkat tubuh tingginya, ia sempat ingin menjadi model.

Di tahun 2008, Chanyeol ditemukan oleh pemandu bakat SM Di sebuah street cast. Ketika menandatangani kontrak, ia mengira bisa debut ke dalam band seperti TRAX. Tapi kemudian sadar, kalau SM bukan lah hal yang cocok dengan band rock.

Sebelum debut, Chanyeol sempat menjadi model MV Girls Generation dan bikin penasaran karena wajah gantengnya. Di 2012, akhirnya ia resmi debut dengan EXO sebagai main rapper.

7. D.O.

Saat masih SD, D.O. menuliskan ingin menjadi penyanyi di buku tahunan. Ia pun melatih kemampuannya agar bisa meraih mimpinya. Ketika SMA, ia berlatih beatbox hingga rap serta gabung dengan klub vokalis bersama dengan temannya, Hyunsik BTOB.

Tahun 2010, D.O. kompetisi menyanyi di jalanan dan menang. Saat pulang, ia didekati pemandu bakat SM yang menawarinya ikut audisi. Ia pun memutuskan ikut dan lolos menjadi trainee. D.O. merahasiakan fakta soal dirinya yang seorang trainee SM dari teman sekolahnya.

Dua tahun setelah menjadi trainee, D.O. debut sebagai vokalis utama EXO. Bahkan kini ia dikenal sebagai salah satu idola yang bisa berakting.

8. Kai

Saat masih kecil, Kai tertarik dengan balet dan ikut kelas menari. Suatu hari ayahnya menjanjikan nintendo jika pria bernama asli Kim Jongin ini lolos audisi. Itulah alasan Kai bersedia ikut audisi di SM.

Sayangnya saat pertama audisi, SM menilai Kai terlalu muda dan memintanya untuk kembali satu atau dua tahun kemudian kalau masih ada niat menjadi idola. Sejak saat itu, Kai berlatih street dance sampai urban dance. Di 2007 akhirnya ia menjadi trainee di SM setelah menjadi best dancer dan meraih most popular award di SM Best Teen Contest.

Lima tahun kemudian ia menjadi member pertama EXO yang diperkenalkan kepada publik. Sampai sekarang banyak idola lain yang menjadikannya sebagai role model.

9. Sehun

Saat masih SD dan mau beli tteokbokki sepulang sekolah, Sehun didekati pemandu bakat SM yang memberinya kartu nama. Tapi hal itu membuatnya takut dan meminta pemandu bakat untuk menghubungi ibunya saja.

"Aku masih muda saat itu. Aku diajari orangtuaku, supaya menghindar dan kabur kalau didekati orang asing. Makanya aku lari selama 30 menit saat didekati pemandu bakat," cerita Sehun.

Setelah kejadian unik itu, Sehun menjadi trainee di SM. Selama empat tahun jadi trainee, ia debut di 2012 sebagai member termuda dan lead dancer. Visual Sehun sampai sekarang masih membuat banyak wanita tergila-gila.


REKOMENDASI
TRENDING