HOME » KOREA

Kronologi Skandal 'Pelecehan Seksual' Ha Min Ho Produce 101

Senin, 08 Mei 2017 17:45 Penulis: Rahmi Safitri
Kronologi Skandal 'Pelecehan Seksual' Ha Min Ho Produce 101 Ha Min Ho © MNet

Kapanlagi.com - Produce 101 saat ini sedang menayangkan season kedua. Berbeda dengan musim pertama yang menghadirkan 101 trainee wanita dari berbagai agensi hiburan, kali ini ada puluhan cowok-cowok berbakat yang berjuang keras merebut perhatian penggemar untuk jadi 11 terbaik dan debut di dunia K-Pop.

Sayangnya untuk musim kedua ini sering diwarnai dengan berbagai skandal dan kontroversi, bahkan sebelum acaranya tayang. Han Jong Yeon, salah satu trainee dari Maroo Entertainment, langsung mundur dari acara setelah netizen mengungkap kalau dulu semasa SD dia pernah mem-bully teman sekelasnya. Dugaan yang sama juga pernah didapat trainee Yoo Yong Bin, tapi sampai sekarang tidak terbukti.

Produce 101 baru beberapa episode, salah satu kontestannya sudah terlibat skandal. Dia adalah Ha Min Ho, dari agensi The Vibe Label dan saat ini berada di ranking 47, mendadak jadi headline di beberapa media pada hari Senin (8/5) karena dugaan melakukan pelecehan seksual kepada gadis di bawah umur.

Inilah dia Ha Min Ho © MNetInilah dia Ha Min Ho © MNet

Dilansir dari Soompi, screenshot percakapan yang diduga dilakukan oleh Ha Min Ho dengan fansnya via DM Instagram dan Facebook, mendadak beredar luas di forum online. Ha Min Ho diduga menghubungi para fansnya (yang masih sekolah) untuk bertemu diam-diam dan diduga mengajak mereka melakukan hubungan seksual. Netizen meyakini kalau screenshot tersebut asli karena username Instagram yang ada di foto memang milik Ha Min Ho.

Dari beberapa screenshot yang beredar, Ha Min Ho mengajak fans bertemu setelah mereka pulang sekolah. Setelah itu, dia meminta fansnya untuk segera menghapus pesan di DM, karena manajer setiap hari selalu ngecek media sosialnya. 

Dari screenshot itu dapat diketahui kalau Ha Min Ho mengundang fans ke rumah. Dia juga diduga mengubah username-nya menjadi Yu Seon Ho untuk menutupi jejaknya. Kebetulan Yu Seon Ho adalah nama kontestan Produce 101 juga dari Cube Entertainment.

Screenshot percakapan Ha Min Ho dan penggemar (1) © IstimewaScreenshot percakapan Ha Min Ho dan penggemar (1) © Istimewa

Screenshot percakapan Ha Min Ho dan penggemar (2) © IstimewaScreenshot percakapan Ha Min Ho dan penggemar (2) © Istimewa

Screenshot percakapan Ha Min Ho dan penggemar (3) © IstimewaScreenshot percakapan Ha Min Ho dan penggemar (3) © Istimewa

Screenshot percakapan Ha Min Ho dan penggemar (4) © IstimewaScreenshot percakapan Ha Min Ho dan penggemar (4) © Istimewa

Sesaat setelah kabar ini ramai dibicarakan oleh netizens dan fans, pihak agensi The Vibe Label akhirnya memberikan pernyataan resmi mereka seputar nasib dari Ha Min Ho. Berikut pernyataan agensi seperti dilansir dari Allkpop:

"Kami menulis ini agar kalian tahu tentang trainee Ha Min Ho, yang ikut di Produce 101 season 2. Pertama, kami minta maaf kepada fans yang telah mendukung Produce 101 Season 2 dan juga kepada para trainee di acara tersebut. Kami juga minta maaf kepada orang-orang yang sudah disakiti oleh Ha Min Ho.

Dengan situasi ini, kami telah bicara dengan Ha Min Ho, dan memutuskan dia akan meninggalkan Produce 101 dan membatalkan kontraknya dengan label.

Ha Min Ho sangat menyesal karena telah membuat kontroversi sebagai seorang trainee. Tapi kami tegaskan kalau dia mengganti nama menjadi Yu Seon Ho bukan meniru trainee dari Cube Entertainment, tapi karena kebetulan temannya punya nama sama. Itu hanya kesalahpahaman yang terjadi karena bercanda dengan teman.

Mulai sekarang, The Vibe Label akan menjaga dua trainee tersisa (Kim Tae Dong dan Sung Hyun Woo) sehingga kejadian ini tak terjadi lagi."

Sesaat setelah The Vibe Label mengumumkan pengunduran diri Ha Min Ho dari Produce 101, giliran MNet yang buka suara. MNet adalah selaku rumah produksi dan stasiun televisi yang menayangkan Produce 101. Banyak netizen yang penasaran apa yang akan dilakukan oleh MNet.

"Kami tidak akan menambah kontestan dan akan lanjut dengan 59 trainee. Kami berencana melakukan editing untuk kemunculan Ha Min Ho sehingga tidak akan menimbulkan dampak bagi trainee lainnya," ujar MNet seperti dilansir Soompi.

(kpl/pit)

Editor:

Rahmi Safitri


REKOMENDASI
TRENDING