Kronologi Kasus Ganja T.O.P Big Bang, Merokok Bersama Wanita

Jum'at, 02 Juni 2017 10:45 Penulis: Rahmi Safitri
Kronologi Kasus Ganja T.O.P Big Bang, Merokok Bersama Wanita T.O.P © CJ Entertainment

Kapanlagi.com - Kamis (1/6) adalah hari pertama tapi ada beberapa berita tak mengenakkan yang hadir dari jagad K-Pop. Pertama adalah putusnya salah satu pasangan selebritis muda Kai EXO dan Krystal fx, kemudian dilanjut tentang kasus pemakaian ganja yang melibatkan idol senior T.O.P Big Bang.

Penyanyi yang juga aktor itu  diketahui positif mengkonsumsi marijuana. Berdasarkan laporan Seoul Metropolitan Agency dilansir dari Soompi, T.O.P positif menggunakan barang yang mengandung zat psikoaktif THC tersebut. Menurut laporan yang dihimpun oleh badan kepolisian Seoul tersebut, T.O.P memakai ganja pada Oktober tahun lalu sebelum melakoni masa wajib militer. Pihak kepolisian belum dapat memastikan apakah T.O.P. menggunakan ganja secara terus menerus atau tidak.

T.O.P mengkonsumsi ganja sebelum masuk wajib militer © IstimewaT.O.P mengkonsumsi ganja sebelum masuk wajib militer © Istimewa

Dilansir dari Soompi, T.O.P mengkonsumi marijuana di rumahnya yang berada di Seoul pada Oktober lalu dengan seorang teman wanita. Polisi mendapatkan laporan tersebut bulan Maret lalu dan memutuskan untuk melakukan tes kepada penyanyi lagu Doom Dada itu. T.O.P pun diuji rambutnya kala menjalani training kantor polisi dan dinyatakan positif mengkonsumsi ganja.

Saat diinvestigasi, T.O.P ternyata sempat mengelak tuduhan tersebut. "Aku hanya memakai rokok elektronik dan tidak tahu kalau itu ganja," kata T.O.P pada waktu itu.

Setelah berita soal T.O.P dan kasus ganjanya ini merebak ke media dan dapat komentar negatif dari netizens Korea, YG Entertainment selaku agensi yang menaungi pria bernama asli Choi Seunghyun itu pun akhirnya memberikan pernyataan resmi mereka.

Pihak YG sudah meminta maaf dan mengkonfirmasi kasus T.O.P © YG EntPihak YG sudah meminta maaf dan mengkonfirmasi kasus T.O.P © YG Ent

"Pertama kami menyampaikan permohonan maaf yang mendalam. Setelah menghubungi dengan T.O.P, kami pun mengkonfirmasi seperti yang diberitakan, saat menjalani wajib militer dia dipanggil untuk diperiksa terkait dugaan merokok ganja sebelum masuk wajib militer. Dia sudah menyelesaikan semua pemeriksaan dengan baik dan selama diperiksa dia mengakui hampir semua tuduhan dan benar-benar menyesal. Kami minta maaf sekali lagi karena telah membuat banyak orang khawatir," ujar YG.

Beberapa detail tentang investigasi T.O.P ini juga tersebar. Wanita yang disebut bersama T.O.P saat sedang mengkonsumsi ganja ternyata seorang trainee berusia 20an tahun. Berdasarkan laporan, T.O.P dan wanita tersebut diketahui tiga kali merokok ganja bersama di rumah aktor film TAZZA 2 itu sekitar tanggal 9 - 12 Oktober tahun lalu.

Wanita yang bersama T.O.P seorang trainee © Esquire MagazineWanita yang bersama T.O.P seorang trainee © Esquire Magazine

Si trainee yang bersama T.O.P. ini pun sudah menjalani pemeriksaan di kantor polisi dan juga dinyatakan positif mengkonsumi ganja. Bahkan kata pihak polisi, trainee ini ternyata sudah sering dapat laporan sebagai pengguna obat-obatan terlarang.

Sementara itu dilansir dari Allkpop, kasus T.O.P ini mengingatkan netizens dengan sosok Choi Soon Shil, wanita pengusaha yang punya koneksi dengan mantan presiden Korea yang sudah digulingkan, Park Geun Hye. Choi Soon Shil dianggap punya andil dalam hal finansial dan gedung-gedung milik YG Entertainment. Hubungan YG dan Choi Soon Shil di masa lalu ini disebut-sebut berguna menutupi kasus-kasus kriminal yang dilakukan para bintang YG.

Seperti yang diketahui, sebelumnya G-Dragon (rekan T.O.P di Big Bang) dan Park Bom (mantan member 2NE1) juga sempat diduga menggunakan obat-obatan terlarang, tapi mereka dianggap lolos gara-gara koneksi antara YG dengan Choi Soon Shil. Choi Soon Shil sendiri saat ini sudah ditangkap gara-gara ikut campurnya dalam urusan negara sejak November tahun lalu. Diduga karena YG tak ada lagi koneksi dengan Choi Soon Shil, T.O.P. pun akhirnya tak bisa lolos seperti GD dan Bom dulu.

T.O.P ketahuan memakai ganja karena agensi tak punya koneksi dengan pemerintah lagi? © UTOPIA/71104.comT.O.P ketahuan memakai ganja karena agensi tak punya koneksi dengan pemerintah lagi? © UTOPIA/71104.com

Kasus T.O.P ini pun sampai mempengaruhi 'kemunculan' sang rapper di variety show I Live Alone yang tayang di MBC. Di salah preview episode untuk Yoon Hyun Min yang bakal tayang Jumat (2/6), foto T.O.P akan muncul. Yoon Hyun Min ceritanya pergi ke salon dan menunjukkan foto T.O.P karena ingin punya rambut sepertinya. Banyak netizen yang meminta agar foto T.O.P yang akan muncul nanti disamarkan.

"Cuma foto T.O.P yang akan muncul, bukan orangnya langsung. Karena cuma fotonya saja sebentar, tak ada masalah dengan cerita episode-nya. Staf akan melakukan meeting untuk memutuskan menyamarkan fotonya atau tidak. Kami akan melakukannya sesuai peraturan perusahaan," kata staf produksi acara I Live Alone.

Sampai sekarang belum ada kabar tindakan apa yang akan dilakukan oleh pihak kepolisian atau wajib militer terkait kasus T.O.P. Stay tuned terus ya!

Foto T.O.P yang muncul di I Live Alone © MBCFoto T.O.P yang muncul di I Live Alone © MBC

(kpl/pit)

Editor:

Rahmi Safitri


REKOMENDASI
TRENDING