KOREA

Peran Park Bo Gum di REPLY 1988 Suka Main Baduk, Diyakini Sebagai Permainan Papan Tertua

Rabu, 30 Desember 2020 16:45 Penulis: Mita Anandayu

Park Bo Gum dalam drama REPLY 1988 bermain Baduk © tvN

Kapanlagi.com - Masih ingat karakter Choi Taek yang diperankan oleh Park Bo Gum di drama REPLY 1988? Choi Taek di drama tersebut diceritakan sebagai atlet Baduk. Choi Taek selalu fokus dengan papan kayu berbentuk kotak dengan batu bulat berwarna putih dan hitam. Apa sebenarnya Baduk?

Baduk dikenal juga dengan Go dalam nama Jepang. Baduk merupakan permainan strategi di mana dua pemain menggunakan batu hitam dan putih mencoba untuk mengontrol sebanyak mungkin ruang di papan. Sampai hari ini sangat populer di sebagian besar negara Asia. Kalau di Korea sendiri sebenarnya memiliki saluran TV yang didedikasikan untuk game tersebut.

Park Bo Gum berperan sebagai Choi Taek, atlet Baduk di drama REPLY 1988 © tvNPark Bo Gum berperan sebagai Choi Taek, atlet Baduk di drama REPLY 1988 © tvN

 

1. Ditemukan 2500 Tahun Lalu

Permainan ini sendiri ditemukan di Cina sekitar 2500 tahun yang lalu. Bahkan karena saking lamanya dan masih dimainkan hingga saat ini, permainan yang dikenal dengan nama Weiqi di Cina ini diyakini sebagai permainan papan tertua.

Menurut intergofed.org, sebuah survei tahun 2016 oleh 75 negara anggota Federasi Go Internasional menemukan bahwa ada lebih dari 46 juta orang di seluruh dunia yang tahu cara bermain Go atau Baduk dan lebih dari 20 juta pemain saat ini, yang sebagian besar tinggal di Asia Timur.

 

2. Asal Kata Baduk

Baduk berasal dari Badok di mana Ba merupakan papan datar dan lebar sedangkan Dok memiliki arti batu. Ada sejarah nama lain yakni Badukdok yang mengacu pada potongan permainan serta turunan dari bahasa Cina 'paizi' yang berarti menyusun potongan.

Menurut legenda, sebenarnya diketahui Weiqi digunakan sebagai alat bantu ajar setelah kaisar Tiongkok Yao merancangnya untuk Danzhu, anaknya yang dianggap perlu belajar disiplin, konsentrasi, serta butuh keseimbangan. Tak hanya itu, cerita lain pun beredar kalau Weiqi ini lahir dari tangan ahli perang dan jenderal Tiongkok yang pada zaman dahulu kala menggunakan batu-batu untuk merencanakan posisi penyerangan. Ada juga yang mengatakan bahwa dulu peralatan igo berhubungan dengan peramalan atau pengendalian banjir.

 

3. Cerita Baduk di Korea

Dalam sejarah Baduk di Korea, ada cerita tentang Raja Gaero menemukan sosok yang cocok untuknya saat bermain Baduk, yakni seorang biarawan Goguryeo yang diasingkan bernama Dorim. Seperti yang dilansir dari KBS World Dorim merupakan seorang yang pintar bermain Baduk serta menguasai teknik permainannya. Hal ini hingga membuat Raja Gaero sangat puas dengan kemampuan Dorim dalam hal bermain Baduk.

Sebagai pemain baduk yang ahli, Dorim adalah teman yang sempurna bagi raja. Keduanya menghabiskan hari-hari mereka dengan berdiskusi seputar papan baduk. Namun sayangnya ternyata Dorim diketahui sebagai mata-mata dari Raja Jangsu dari Kerajaan Goguryeo yang menghancurkan kerajaan Baekje karena Raja Gaero terperdaya oleh kecerdasan Dorim.

 

(kpl/mit)

Editor: Mita Anandayu


REKOMENDASI
TRENDING