KOREA

Gwanggaeto Yang Agung, Kerajaan Goguryeo Berjaya di Bawah Kekuasaannya

Selasa, 29 Desember 2020 09:15 Penulis: Mita Anandayu

Gwanggaeto © Wikipedia - Doopedia

Kapanlagi.com - Dia adalah Gwanggaeto Yang Agung, raja ke-19 Goguryeo yang naik tahta di usianya yang sangat muda, yakni 18 tahun. Gwanggaeto Yang Agung memiliki ayah dan paman, Raja Gogugyang dan Raja Sosurim yang mendirikan pijakan dalam politik militer dan budaya sehingga ia bisa memperluas wilayahnya di Manchuria (sebuah wilayah di Cina).

Bagi yang belum tahu, Goguryeo sendiri adalah sebuah kerjaaan kuno yang menduduki wilayah Manchuria dan sebelah utara Semenanjung Korea. Buat yang sering nonton drama Sageuk (historical drama), pasti udah sering denger disebut. Yap, Goguryeo ini juga termasuk dalam tiga kerajaan Korea bersama Kerajaan Baekje dan Silla.

Gwanggaeto © VANKGwanggaeto © VANK

1. Di Bawah Penguasaan Gwanggaeto, Goguryeo Berjaya

Karena alasan memiliki ayah dan paman yang sebelumnya sudah memperluas wilayahnya itulah, begitu dia menjadi raja Gwanggaeto menyerang Baekje di selatan untuk mendapatkan tanah, memenangkan pertempuran laut dengan Jepang kuno dan maju ke Mongolia Dalam di utara.

Mongolia Dalam digunakan sebagai basis distribusi sebagai wilayah strategis untuk menahan Cina dan menghentikan orang-orang yang bergerak ke selatan dari wilayah utara. Begitu pula dengan mengamankan basis distribusi dengan memperluas wilayah untuk mengembangkan perekonomian.

2. Taktik Luar Biasa Gwanggaeto Yang Agung

Budaya unik Goguryeo berkembang melalui pertukaran budaya. Sejak itu, Gwanggaeto memperluas wilayah di Semenanjung Korea untuk mengendalikan Jepang. Dia memperluas ke semenanjung Liadong di barat daya dan seluruh wilayah Manchuria di utara. Dengan cara ini, ia mengembangkan wilayah yang sangat luas yang terbentang dari Semenanjung Korea hingga Manchuria.

Seperti yang dilansir dari VANK, Goguryeo memiliki pengaruh terhadap hubungan antara Asia Timur dan Barat melalui pertukaran budaya dengan tetangga sekitarnya, Asia Tengah dan India. Sejarah Gwanggaeto Yang Agung telah diwariskan hingga hari ini dengan ukiran di nisan makam kerajaan Gwanggaeto Yang Agung dan Jungwon Goguryeo-bi (Jungwon Goguryeo Stele). Dengan ini, orang Korea belajar tentang kebijakan luar negeri dan taktik luar biasa Gwanggaeto Yang Agung.

Cerita tentang Gwanggaeto Yang Agung juga bisa kamu tonton dramanya dengan judul THE LEGEND yang rilis di tahun 2007 diperankan oleh Bae Yong Joon dan Yoo Seung Ho. Sedangkan drama lainnya dirilis tahun 2011 berjudul GWANGGAETO, THE GREAT CONQUEROR, yang dimainkan oleh Lee Tae Gon. Ada yang sudah pernah nonton?

(kpl/mit)

Editor: Mita Anandayu


REKOMENDASI
TRENDING