KOREA

Sederet Group K-Pop Ini Sempat Berganti Nama Groupnya Sebelum Sukses Seperti Sekarang

Jum'at, 01 Oktober 2021 08:48

Highlight (Credit: Instagram/Highlight_dnpn)

Kapanlagi.com - Group K-Pop biasanya debut dengan nama yang diberikan oleh agensi mereka masing-masing dan di dalamnya biasanya terdapat harapan yang hendak dicapai. Tidak hanya itu saja, dengan nama tersebut akan membantu group tersebut menemukan karakter dan ciri khas dari group tersebut, sehingga para penggemar dapat mengenali idola mereka.

Nama tersebut juga biasanya sudah disiapkan secara matang dengan pertimbangan-pertimbangan yang agensi miliki biasanya. Jadi, agensi tidak asal memberikan nama dalam mendebutkan group K-Pop-nya. Terkadang, dengan nama ini, juga akan menentukan akan seperti apa pengemasan lagu, pengemasan pemasarannya, hingga warna-warna dan unsur ikonik lainnya dari group tersebut.

Namun, bagaimana jika nama tersebut tiba-tiba berganti di tengah jalan karir mereka? Hal ini sontak menjadi salah satu fenomena yang jarang, tapi sangat mungkin terjadi. Di Korea sendiri, tercatat ada beberapa group K-Pop yang lakukan penggantian nama group, di antaranya adalah:

1. Highlight

Salah satu group K-Pop yang mengganti namanya di tengah perjalanan karir bermusik mereka adalah Highlight. Group ini berisikan empat orang member. Namun, pada awalnya, group ini terdiri dari enam orang member. Dua orang membernya harus hengkang dari Highlight pada tahun 2016 dan 2019. 

Pada awal debutnya, mereka diperkenalkan sebagai B2ST yang dibaca sebagai BEAST. Setelah itu, menjelang debutnya, agensi memutuskan untuk menetapkan nama boy group ini menjadi BEAST di bawah naungan Cube Entertainment. Mereka kembali berganti nama menjadi Highlight ketika tahun 2016 di bawah naungan agensi barunya, yakni Around Us Entertainment.

 

2. TREASURE

Group K-Pop selanjutnya ada TREASURE yang juga mengganti namanya di  tengah jalan karir mereka. TREASURE merupakan salah satu group yang mana bentukan dari hasil survival show Treasure Box yang dilaksanakan pada akhir tahun 2018 lalu. Pengumuman full line-up dilakukan pada akhir bulan Januari 2019, yang mana YG Entertainment membuat dua sub group bernama TREASURE dan MAGNUM, dan group utama bernama TREASURE13

Susunan dan nama dari group ini berganti karena ada seorang member yang memutuskan untuk mengakhiri kontraknya dengan YG Entertainment. Member tersebut berasal dari sub group MAGNUM. Karena hal tersebut, agensi akhirnya menggabungkan jadi satu dengan nama TREASURE.

 

 

3. BLACKSWAN

BLACKSWAN, group vokal perempuan ini juga sempat memiliki nama yang berbeda sebelum akhirnya memutuskan untuk berkari dengan nama tersebut. Idol Group ini dibentuk pada tahun 2010 di bawah naungan DR Music yang mana mereka debut bernama Rania

Mereka sempat berganti nama beberapa kali karena adanya perubahan line-up. Di tahun 2015, mereka sempat mengganti nama group mereka menjadi Black Pearl Rania. Di tahun 2019, kembali dengan nama Rania dan akhirnya debut lagi di tahun 2020 dengan nama BLACKSWAN dengan masuknya dua member baru. 

 

4. Dreamcatcher

Group K-Pop selanjutnya yang juga sempat mengganti namanya di tengah perjalanan berkarirnya adalah Dreamcatcher. Girl group ini debut pada tahun 2017 silam, yakni tepatnya pada tanggal 13 Januari 2017 di bawah naungan HappyFace Entertainment. Agensinya kini berubah nama menjadi Dreamcatcher Company.

Saat debut pertama kali, mereka tidak langsung menggunakan nama Dreamcatcher, tapi dikenal sebagai MINX. Pada akhir tahun 2016, sang agensi menginformasikan akan ada re-debut yang dilakukan MINX dengan penambahan member dan perubahan nama baru menjadi Dreamcatcher. Mereka melangsungkan debut ulang tersebut di awal tahun 2017.

 

 

5. ONEWE

Group K-Pop berikutnya yang juga pernah lakukan pergantian nama adalah boy group ONEWE. Boy group ini terbentuk pada tahun 2015. Sejak awal terbentuk, boy group ini memang sudah memiliki lima member di dalamnya di bawah naungan Modern Music.

Mereka akhirnya pindah agensi menjadi di bawah naungan Rainbow Bridge World Company pada 2017 dan melakukan debut ulang di tahun 2018. Sebelumnya, mereka memiliki nama M.A.S 0094 (MAKE A SOUND 0094), karena melangsungkan debut ulang, mereka mengganti namanya menjadi ONEWE.

Itu tadi adalah beberapa group Korea Selatan yang pernah melakukan pergantian nama sepanjang jalan karir bermusik mereka. Banyak sekali alasan mereka mengganti nama, dari perubahan line-up besar-besaran, hingga perpindahan agensi. Jadi, kamu lebih suka dengan nama lama dari para group, atau yang baru nih KLovers?

Ditulis oleh : Muhammad Ancah

 

 


REKOMENDASI
TRENDING