Tutupi Fakta Buyutnya Pendukung Penjajah, Kang Dong Won Dikritik

Selasa, 07 Maret 2017 06:45 Penulis: Rahmi Safitri
Tutupi Fakta Buyutnya Pendukung Penjajah, Kang Dong Won Dikritik Kang Dong Won © My Daily

Kapanlagi.com - Kang Dong Won selama ini menjadi salah satu aktor Korea yang disukai semua kalangan terutama para wanita karena wajahnya yang tampan dan macho serta aktingnya yang bagus dan film-filmnya yang keren. Kang Dong Won nyaris selalu dapat pujian di manapun dia berada. Tapi sepertinya kini sebuah kontroversi membuatnya jadi bahan kritikan para netizen.

Dilansir dari Allkpop, semua ini berawal dari sebuah postingan di situs film Max Movie tentang selebritis yang anggota keluarganya adalah Chinilpa. Chinilpa adalah sebutan untuk orang-orang Korea yang merupakan pendukung dan kaki tangan Jepang di masa penjajahan. Artikel yang dibuat Max Movie ini untuk memperingati Gerakan Kemerdekaan 1 Maret, hari di mana rakyat Korea mulai pergerakan melawan penjajahan Jepang pada tahun 1919.

Dari daftar selebritis yang dibuat oleh Max Movie, salah satunya adalah Kang Dong Won. Kakek buyut Kang Dong Won yang bernama Lee Jong Man disebut sebagai seorang Chinilpa. Lee Jong Man dianggap mendapat kekayaan luar biasa setelah ia menjadi pendukung penjajah Jepang. Lee Jong Man diduga juga ikut terlibat dalam penyediaan wanita-wanita penghibur bagi penjajah.

Kang Dong Won di artikel Max Movie © Max MovieKang Dong Won di artikel Max Movie © Max Movie

Kang Dong Won sendiri dalam wawancara dengan Chosun Ilbo tahun 2007 lalu, pernah bercerita singkat tentang kakek buyutnya itu. "Kakek buyutku sangat luar biasa. Namanya Lee Jong Man. Dia dulu adalah CEO dari Daedong Industrial Company," ujar bintang film MY BRILLIANT LIFE itu sepuluh tahun yang lalu.

Wawancara tersebut sempat beredar di forum-forum yang membuat Kang Dong Won dikritik karena dengan bangga memuji kakek buyutnya yang pro penjajah. Namun waktu itu ia sempat dapat pembelaan karena diduga tidak tahu tentang sejarah keluarganya. Dugaan tahu tidaknya Kang Dong Won tentang sejarah sang kakek akhirnya terkuak sekarang.

Postingan dari Max Movie tentang deretan selebritis yang punya keluarga Chinilpa itu dibagi oleh seorang netizen di blog-nya. Ia lalu mendapat e-mail dari perwakilan YG Entertainment (agensi Kang Dong Won) yang isinya mengancam untuk melakukan tuntutan jika tak mau menghapus artikel tersebut dari blog-nya. Sang netizen yang mendapat e-mail itu pun murka dan curhat di forum.

"Aku hanya berbagi link artikel Gerakan Kemerdekaan dan mereka bilang ini adalah pencemaran nama baik. Aku nggak membuat informasi yang salah atau menyalahkannya. Ini sudah tertulis sebagai sejarah tanpa melebih-lebihkan. Kau tak bisa mengubah sejarah," kata netizen tersebut.

Netizen yang diancam, menyebarkan e-mail dari YG di forum © allkpop.comNetizen yang diancam, menyebarkan e-mail dari YG di forum © allkpop.com

Netizens yang lain pun merasa kecewa dengan tindakan Kang Dong Won dan YG Entertainment yang berusaha menutupi fakta. "Kang Dong Won tidak dikritik karena keturunan seorang Chinilpa. Dia dikritik karena bangga dengan kakek buyutnya Lee Jong Man. Kalau tidak tahu (tentang sejarah buyutnya) harusnya dia sudah minta maaf. Dia membuat masalah dengan mengancam menuntut atas pencemaran nama baik. Ini pasti keahlian YG untuk menghapus postingan-postingan semacam itu," kata salah satu netizen.

Setelah mendapat kritikan, YG pun minta maaf dan membuat pernyataan pada Jumat (3/3) kalau mereka memang sudah menghubungi pihak Max Movie soal artikel tentang Gerakan Kemerdekaan yang tayang pada 27 Februari. Setelah merasa kalau artikel tersebut tidak benar dan bisa mencemarkan nama baik, pihak YG merasa perlu melakukan penghentian agar artikelnya semakin tidak menyebar.

Pihak Max Movie sendiri bilang kalau artikel tentang Gerakan Kemerdekaan tersebut bukan konten original mereka melainkan dibuat oleh salah satu member forum. Max Movie pun akhirnya ikut melakukan penghentian penyebaran artikel tersebut.

Dispatch memberikan fakta soal kakek buyut Kang Dong Won © DispatchDispatch memberikan fakta soal kakek buyut Kang Dong Won © Dispatch

Dilansir dari Soompi, setelah kontroversi seputar Kang Dong Won merebak, media online Dispatch melakukan investigasi. Mereka melaporkan kalau Lee Jong Man memang seorang Chinilpa dan terlibat dalam proyek pertambangan di masa penjajahan Jepang. Pada tahun 2009, namanya tercantum dalam biografi sejarah para Chinilpa. Dispatch juga membenarkan kalau Kang Dong Won secara langsung terlibat dalam usaha menghentikan dan menghapus postingan-postingan terkait sang kakek buyut.

Nama Lee Jong Man masuk dalam daftar para Chinilpa © DispatchNama Lee Jong Man masuk dalam daftar para Chinilpa © Dispatch

Kang Dong Won akhirnya memberikan pernyataan resmi terkait kontroversi ini pada hari Minggu (5/3). Aktor MASTER ini mengaku sejak kecil mendengar hal-hal baik tentang kakek buyutnya. Ia juga bilang kalau neneknya adalah keturunan seorang pejuang kemerdekaan, yang membuatnya jadi tak peduli dengan sejarah sang kakek buyut. Soal wawancara tahun 2007, Kang Dong Won bilang dia tak tahu kalau dirinya salah. Sedangkan untuk insiden yang membuat dirinya dikritik, ia merasa perlu mencari detail dulu karena ini menyangkut keluarganya. Oleh karena itu, ia butuh waktu untuk minta maaf.

"Sebelum menjadi seorang aktor, aku adalah rakyat Korea dan selalu berpikir kalau sejarah yang salah harus dibenarkan, serta perbuatan yang memalukan itu tak boleh diulangi lagi. Karena alasan itulah, aku benar-benar merasa malu atas insiden ini. Aku sekarang tahu tentang masa lalu kakek buyutku yang memalukan. Aku akan belajar lagi tentang sejarah dan introspeksi diri. Walaupun untuk hal kecil, aku akan mencari informasinya semampuku. Sekali lagi aku minta maaf kepada semua orang yang merasa tak nyaman," ujarnya.

Kang Dong Won batal melakukan rekaman komentar untuk film VANISHING TIME gara-gara kejadian ini © ShowboxKang Dong Won batal melakukan rekaman komentar untuk film VANISHING TIME gara-gara kejadian ini © Showbox

Akibat kejadian ini, Kang Dong Won membatalkan jadwal rekaman komentar untuk film VANISHING TIME karena dianggap tak akan bisa berkonsentrasi saat menjelaskan momen-momen untuk tiap adegan yang dilakoninya dalam film tersebut. Jadwal untuk aktivitas ini pun belum diketahui kapan akan dilakukan.

Gara-gara kejadian ini, banyak netizen yang menyatakan tak akan lagi menonton film-film yang dibintangi oleh Kang Dong Won karena kecewa dengan sikapnya yang berusaha menutupi fakta. Akankah karir sang aktor terhenti? Kita lihat saja!

(kpl/pit)

Editor:

Rahmi Safitri


REKOMENDASI
TRENDING