KOREA

Wajib Masuk List K-Popers, 4 Destinasi Wisata Tradisional di Korea yang Jadi Lokasi Syuting BTS

Rabu, 09 Juni 2021 11:35 Penulis: Mita Anandayu

BTS © Billboard - visitkorea.or.id

Kapanlagi.com - Meskipun masih susah untuk bisa pergi ke Korea di tengah pandemi, nonton beberapa variety show Korea bisa serasa mengajak kita virtual tour ke tempat wisata yang ada di Negeri Ginseng. Salah satunya BTS yang sempat menjadi bintang tamu di beberapa variety show dan lokasi syuting yang bisa jadi destinasi wisata buat kita.

Sebagai salah satu bintang K-pop yang populer di seluruh dunia, BTS pun ternyata banyak mempromosikan destinasi wisata tradisional kepada kita lho. Mana aja sih destinasi wisata tradisional yang pernah jadi lokasi syuting BTS?

1. Museum & Hotel Awon di Jeollabuk

Dalam BTS Summer Package 2019, BTS menjadikan Museum & Hotel Awon sebagai tempat syuting. Destinasi wisata yang berada di Wanjugun, Jeollabuk ini terdiri dari Hotel, Museum, dan kafe.

Kalau ARMY ingat gambar sampul BTS Summer Package 2019, foto tersebut diambil di Hotel Awon. Hotelnya sendiri dibagi menjadi empat ruangan, di antaranya aula Cheonjiin - Manhyudang. Tapi masih banyak ruangan lainnya juga lho, yakni aula Sarangchae - Yeonhadang, aula Anchae - Seolhwadang, dan ruang Byeolchae - Cheonmokdasil. Kamu bis berfoto sampai bermalam di tempat-tempat ini.

BTS di Museum & Hotel Awon © visitkorea.or.id

Keindahan tempat wisata ini juga nggak sampai di situ aja loh. Area di bawah hotel adalah museum. Museum ini menampilkan seni modern di Galeri Oz, serta menyajikan menu teh dan kopi yang terbatas. Jalan lupa buat berjalan-jalan di hutan bambu yang tumbuh di belakang hotel ya, KLovers!

BTS juga mengunjungi tempat-tempat terdekat seperti Rumah Soyang Oseongje dan Benteng Uibongsanseong saat syuting. Rumah Soyang Oseongje awalnya dibangun di Jinju, Gyeongsangnamdo, tetapi dipindahkan ke Desa Hanok Oseong, yang menjadi lokasinya hingga saat ini. Meski pindah, rumah berusia 250 tahun itu tetap mempertahankan gaya hidup bermartabat seorang cendekiawan dari era Joseon.

Museum & Hotel Awon © visitkorea.or.id

2. Istana Gyeongbukgung di Seoul

Pernah dengar Istana Gyeongbukgung? Istana ini juga menjadi salah satu lokasi syuting BTS saat menampilkan lagu Idol, lebih tepatnya direkam di depan aula Geungjeongjeon untuk The Tonight Show tahun 2020 lalu.

Istana Gyeongbukgung © visitkorea.id

Seperti yang dilansir dari visitkorea.or.id, aula ini terdaftar sebagai Harta Karun Nasional No. 223 dan bangunan utama di istana lho.

Lokasi kedua dari istana ini yakni di depan Paviliun Gyeonghoeru saat BTS menampilkan Mikrokosmos.

Paviliun tampak mengapung di atas kolam di sekitarnya saat disorot dari atas. Tempat ini sangat populer di musim semi, ketika pohon weeping cherry blossom di sekitar kolam bermekaran.

Istana Gyeongbukgung © visitkorea.or.id

3. Korea House di Seoul

Ada yang masih ingat saat BTS menjadi sampul majalah Billboard? Lokasi pemotretan tersebut diambil di Korea House yang berlokasi di Junggu, Seoul.

Korea House adalah multi kompleks yang mempromosikan semua jenis tradisi Korea, dari makanan tradisional hingga seni pertunjukan, dan bahkan upacara pernikahan tradisional. Pengunjung dapat mencoba table d’hote kerajaan, menonton pertunjukan tradisional, dan bahkan berpartisipasi dalam program budaya.

Korea House © visitkorea.or.id

Gambar sampulnya sendiri diambil di Paviliun Nogeumjeong, yang merupakan salah satu bagian dari Korea House ini.

Korea House © visitkorea.or.id

4. Museum Furnitur Korea di Seoul

Destinasi wisata tradisional lainnya yang menjadi lokasi syuting BTS adalah Museum Furnitur Korea. Museum ini merupakan museum unik yang mengumpulkan dan menampilkan furnitur kayu tradisional Korea. Barang dikelompokkan menurut lokasi serta fungsinya di rumah tradisional, menurut bahan, dan daerah asal. Museum yang terletak di Seongbukgu, Seoul ini menempati sepuluh rumah tradisional di atas bukit yang telah dipugar selama lima belas tahun.

Museum Furnitur Korea © visitkorea.or.id

Di sini kita bisa mencari tahu tentang struktur dasar rumah hanok, termasuk desain interiornya yang khas, pengerjaan kisi bermotif bunga, cerobong asap, dan halaman depan.

Museum Furnitur Korea © visitkorea.or.id

Nggak cuma itu saja, ternyata kita juga bisa mempelajari tentang budaya perumahan Korea, yang mengharmonisasi furnitur dan alam. Museum ini adalah cara terbaik untuk mempelajari lebih banyak lagi tentang budaya tradisional Korea yang indah.

Museum Furnitur Korea © visitkorea.or.id

Penasaran pengen berkunjung ke lokasi syuting BTS?


REKOMENDASI
TRENDING