FILM INDONESIA

7 Rekomendasi Film Religi Indonesia yang Penuh Inspirasi, Lengkap Ada Genre Sejarah hingga Cinta

Rabu, 21 September 2022 11:33

Rekomendasi Film Religi Indonesia (credit: imdb.com)

Kapanlagi.com - Film religi lekat dengan kisah yang berkaitan dengan agama. Misalnya saja, film religi Islam yang mana mengandung banyak makna bahkan pesan moral bisa jadi inspirasi terbaik untuk mendekatkan diri pada Tuhan.

Tidak sedikit rekomendasi film religi Indonesia berhasil mencetak rating tinggi karena ceritanya yang seru sekaligus menarik. Mulai dari genre cinta, sejarah hingga keluarga bisa jadi referensi terbaik untuk dijadikan tontonan yang menginspirasi.

Oleh karena itu, berikut ini rekomendasi film religi Indonesia terbaik yang penuh inspirasi. Melalui film ini, ada banyak makna yang bisa diambil untuk membantumu semakin dekat dengan Allah SWT. Cek apa saja rekomendasi film religi terbaik sebagai berikut KLovers.

1. MERINDU CAHAYA DE AMSTEL

Rekomendasi film religi Indonesia yang penuh inspirasi salah satunya adalah MERINDU CAHAYA DE AMSTEL. Film ini termasuk film baru yang rilis tahun 2022. Mengangkat genre romance dan drama, MERINDU CAHAYA DE AMSTEL berhasil mencetak rating cukup tinggi sebesar 8.1 menurut IMDb. Sementara itu, sinopsis MERINDU CAHAYA DE AMSTEL mengisahkan tentang perjalanan religius seorang perempuan muslim yang tinggal di Belanda.

Diperankan oleh Bryan Domani, Amanda Rawles dan Rachel Amanda, MERINDU CAHAYA DE AMSTEL mengangkat kisah yang menginspirasi. Fokus utama pada tokoh Khadija Veenhoven, Nicolas van Dijk serta Kamala Nareswari. Khadija berhasil memikat hati Nico yang merupakan seorang photographer. Pasalnya sejak awal pertemuan mereka, Nico melihat Khadija yang tampak memancarkan cahaya. Inilah yang membuatnya terpesona dengan sosok Khadija.

Namun kisah keduanya terhalang tembok tinggi karena Nico tidak percaya adanya Tuhan. Sementara, Khadija seorang mualaf yang baru saja memeluk agama Islam. Bersamaan dengan itu, Nico juga memiliki sahabat bernama Kamala. Kisah cinta mereka terasa begitu rumit dan penuh kebimbangan. Meski begitu ada banyak pesan moral bisa kalian dapatkan dari film MERINDU CAHAYA DE AMSTEL.

2. SANG KIAI

Apabila kalian mencari rekomendasi film religi berbau sejarah, SANG KIAI wajib banget ditonton. Rekomendasi film religi Indonesia ini rilis tahun 2013 silam yang mengisahkan tentang biografi salah satu ulama besar di Indonesia yakni Hasyim Asyari.

Diperankan oleh Adipati Dolken, film SANG KIAI menyoroti bagaimana perjalanan hidup KH Hasyim Asy'ari saat masih muda. Begitu juga dengan perjuangan kaum muslimin pada masa penjajahan Jepang yang mana memiliki andil cukup besar. Dengan menyatukan para santri yang saat itu menjadi murid KH Hasyim Asy'ari, mereka berjuang untuk mengusir penjajah dari Indonesia. Sejumlah pesan moral bisa kalian peroleh dari film SANG KIAI. Tertarik nonton?

3. MENCARI HILAL

MENCARI HILAL juga menjadi rekomendasi film religi berikutnya yang wajib kalian tonton. Film ini dirilis tahun 2015 silam mengangkat genre petualangan dan drama. Diperankan oleh Oka Antara dan Deddy Sutomo, MENCARI HILAL mengisahkan tentang ayah dan anak yang bersama-sama mencari hilal.

Di mana sinopsis film MENCARI HILAL berfokus pada tokoh Mahmud yang merupakan ayah dari Heli. Mahmud memiliki pandangannya tersendiri terhadap kehidupan dengan menjadikan agama Islam sebagai penuntunnya. Karenanya, ia berusaha menjalankan perintah agama secara sempurna dan penuh atau kaffah.

Suatu ketika, sampai pada saat sidang Isbat terdengar berita yang membuat Mahmud berniat mencari hilal sendiri. Semua bermula saat pencarian hilal ternyata memerlukan dana sangat besar, padahal ada cara lain tanpa harus mengeluarkan biaya. Ia pun ditemani putranya Heli untuk mencari hilal. Namun ayah dan anak ini memiliki banyak perbedaan pendapat. Tertarik nonton?

4. SANG PENCERAH

Rekomendasi film religi yang wajib ditonton berikutnya adalah SANG PENCERAH. Film ini rilis di tahun 2010 silam mengangkat genre biografi, drama dan sejarah. Di mana film SANG PENCERAH mengisahkan tentang perjalanan hidup salah satu ulama besar Indonesia yakni K.H. Ahmad Dahlan.

Dalam film ini akan menyoroti bagaimana peran K.H. Ahmad Dahlan mendirikan organisasi Islam Muhammadiyah. Ada banyak sekali inspirasi yang bisa kalian temukan di film SANG PENCERAH bakalan memberikan sudut pandang baru.

5. NEGERI 5 MENARA

Rekomendasi film religi Indonesia yang juga mencetak rating tinggi adalah NEGERI 5 MENARA. Film ini rilis tahun 2012 silam mengangkat genre petualangan, drama dan keluarga. Di mana sinopsis NEGERI 5 MENARA mengisahkan tentang sejumlah santri yang memiliki impiannya masing-masing.

Fokus utama pada tokoh Alif, Raja, Said, Dulmajid, Atang dan Baso. Selain menjalani aktivitasnya di pondok, mereka seringkali menghabiskan waktunya di Menara masjid sembari membayangkan cita-cita mereka bisa terwujud.

Salah satunya, keinginan Alif untuk mengunjungi Amerika. Sampai suatu ketika, kehidupan terus berjalan dan membuat lima sahabat ini benar-benar dipertemukan dengan berbagai cita-cita mereka yang satu per satu sudah terwujud. Film NEGERI 5 MENARA bisa memberimu motivasi dan semangat meraih mimpi setinggi langit.

6. SURGA YANG TAK DIRINDUKAN

Rekomendasi film religi lainnya yang nggak kalah seru adalah SURGA YANG TAK DIRINDUKAN. Film ini dirilis tahun 2015 silam mengangkat genre drama dan romance. Diperankan oleh Laudya Cynthia Bella dan Fedi Nuril, SURGA YANG TAK DIRINDUKAN menyoroti kehidupan sepasang suami istri yang mengalami persoalan dalam rumah tangga mereka.

Kehidupan pernikahan Arini dan Prasetya dikenal sangat harmonis. Namun suatu ketika, ujian tersebut datang saat Prasetya bertemu dengan Meirose yang mengalami depresi sampai akan bunuh diri. Prasetya merasa empati dengan Meirose dan memutuskan untuk menikahinya agar ia tak melakukan bunuh diri.

Namun, hal ini membawa masalah baru dalam kehidupan rumah tangganya dengan Arini karena istrinya tak tahu sang suami sudah menikah lagi. Konflik mulai muncul dalam rumah tangga Arini dan Prasetya yang dulu dikenal sangat harmonis. Dalam film SURGA YANG TAK DIRINDUKAN mengandung banyak pesan moral tentang kehidupan pernikahan, kesetiaan, kejujuran serta ketulusan cinta.

7. PEREMPUAN BERKALUNG SORBAN

Rekomendasi film religi Indonesia berikutnya adalah PEREMPUAN BERKALUNG SORBAN. Film ini rilis tahun 2009 silam yang juga sangat menginspirasi. Diperankan oleh Revalina S. Temat, PEREMPUAN BERKALUNG SORBAN mengisahkan tentang seorang perempuan bernama Anissa yang berjuang mendapatkan keadilan.

Ia hidup di sebuah pesantren karena berasal dari keluarga Kyai. Anissa seorang perempuan yang berani mengutarakan pendapatnya. Suatu ketika, Anissa ingin melanjutkan kuliah namun dilarang oleh sang ayah. Konflik semakin muncul tatkala Anissa dinikahkan oleh ayahnya. Bukannya bahagia, ia justru mendapat banyak ketidakadilan dari sang suami sampai dipoligami. Dalam film ini mengandung banyak pesan moral yang menginspirasi.

Itulah rekomendasi film religi yang wajib kalian tonton. Selamat menonton KLovers.

REKOMENDASI
TRENDING