FILM INTERNASIONAL

13 Momen Ikonik Trilogi 'THE MATRIX', yang Bikin Film Keempatnya Nanti Dinanti

Jum'at, 23 Agustus 2019 09:15 Penulis: Mahardi Eka Putra

Neo dalam THE MATRIX. Foto: Warner Bros Pictures

Kapanlagi.com - THE MATRIX 4 akan digarap. Tak hanya itu, baik Keanu Reeves dan Carrie-Anne Moss akan membintanginya. Pengumuman ini langsung disambut oleh para penggemar fiksi ilmiah, terutama mereka yang menggemari trilogi THE MATRIX. Film pertamanya rilis pada 1999, kemudian dilanjutkan THE MATRIX RELOADED dan REVOLUTIONS pada 2003. 

Bagi yang belum pernah menonton THE MATRIX, trilogi ini menceritakan kisah Neo (Keanu Reeves) yang "disadarkan" dari hibernasi artificial oleh kaum Mesin yang ternyata sudah menguasasi sebagian besar umat manusia. Neo disadarkan oleh Morpheus (Laurence Fisburne) dan timnya dari hibernasi tersebut lalu bergerilya di dunia artifisial bernama The Matrix. Boleh dikatakan dalam semesta THE MATRIX, "dunia nyata" ini ternyata hanya buatan para Mesin untuk meninabobokan manusia. 

Trilogi THE MATRIX digarap oleh Larry dan Andy Wachowski (yang kini dikenal sebagai Lana dan Lilly Wachowski) adalah fiksi ilmiah paket lengkap. Tidak hanya menyajikan suguhan setting futuristik, adegan fantastik, tapi juga filosofi tentang kehidupan bahkan ketuhanan. 

Setelah film keempatnya terkonfirmasi akan digarap oleh Lana Wachowski, tak pelak penggemar pun antusias. Nah, sebagai penyegaran KLovers bisa menikmati beberapa adegan ikonik ini. 

Peringatan:
Artikel ini menyertakan beberapa detail yang berisi spoiler. 


 

 

 

 

1. Neo Melawan Ratusan Agen Smith

Agent Smith adalah rival utama Neo. Bisa dibilang ia punya kemampuan yang mirip dengan Neo, hanya saja berada di pihak berseberangan. Perlu dicatat ia juga tidak tunduk pada Kaum Mesin yang menciptakannya. Salah satu kemampuannya yang bikin Neo kalang kabut adalah menggandakan diri. 

Dalam MATRIX RELOADED, Agent Smith mengejutkan Neo dengan menyerbunya di tempat Oracle. Ia mengajak serta ratusan kloningnya untuk menghajar Neo. Adegan pertarungan mereka ini termasuk salah satu adegan breakthrough dalam perfilman Hollywood.  


2. Bullet Time!

Tidak perlu diperdebatkan lagi, adegan bullet time adalah salah satu aspek yang melambungkan popularitas THE MATRIX. Dalam adegan ini, Neo menghindari peluru dalam gerakan slow motion dan rotasi 360 derajat.

3. Morpheus DKK Kebut-Kebutan di Jalan Tol

Dalam MATRIX RELOADED, Morpheus dan Trinity (Carrie-Anne Moss) harus melarikan diri dari agen Matrix dengan membawa Keymaker. Tokoh ini adalah satu-satunya orang yang mampu membuat Neo dkk mengalahkan Kaum Mesin. Dalam upaya pelarian tersebut, mereka harus masuk ke jalan tol yang adalah "makam" para pemberontak karena kans bagi mereka untuk bisa lepas dari kejaran agen sangat kecil. 

Adegan satu ini melibatkan adu tembak, aksi beladiri, pertarungan senjata tajam, hingga kepiawaian Trinity mengendarai Ducatti melawan arus. 

4. Bahwa Dunia Nyata Itu Tipuan Belaka

Siapa di antara KLovers yang melongo saat menonton adegan Neo bangun dengan banyak pipa kabel menancap di tubuhnya. Di hadapannya terbentang ribuan atau bahkan jutaan manusia terbungkus kapsul dan sedang tertidur. Mereka sedang dininabobokan oleh Kaum Mesin dalam program The Matrix. 


5. Neo vs Morpheus

Tak lama setelah bertemu, Neo dan Morpheus mulai jalani latihan di dunia buatan tersebut. Berlatih ilmu bela diri seperti karate atau taekwondo dan ditambah dengan visul efek dan slow motion ala Matrix, menambah keseruan latian tanding Neo dan Morpheus.

6. Pertemuan dengan Oracle Pertama Kali

Pertemuan pertama dengan Oracle cukup membuat kaget para penonton. Anggapan tentang sosok Oracle yang tegas dan sedikit menyeramkan, seketika hilang setelah melihat Oracle yang digambarkan sebagai seorang wanita di usia 60-an, berkulit gelap dan suka memanggang kue.

Oracle sendiri adalah sebuah program yang memiliki psikologi layaknya manusia. ia memiliki kemampuan untuk meramal masa depan. Oracle diciptakan untuk menjaga aspek-aspek kemanusiaan, dan kunci kehidupan di dunia Matrix. Setelah tujuannya berhasil, ia turut serta dalam perang mesin. Oracle sendiri diperankan oleh Gloria Foster dan Mary Alice.

7. Neo Menghidupkan Kembali Trinity

Pada THE MATRIX RELOADED Trinity ditembak oleh Agen Smith, dan Neo pun harus segera menyelamatkannya. Namun naas, Trinity tewas lebih dulu di pangkuan Neo.

Neo masuk lebih dalam lagi di dunia Matrix dengan menjadi The One. Dengan menjadi The One, ia pun bisa mulai mengubah dasar pemrograman yang ada di Matrix.

Baginya, aturan Matrix pada dasarnya adalah aturan bahasa pemrograman yang digunakan untuk menulis program di Matrix. Begitu dia menyadari bahwa tubuh Trinity juga merupakan program di dalam Matrix, dia dapat memanipulasi kode yang mewakili jantung Trinity untuk membuatnya mulai berdetak lagi.

8. Sang Arsitek Mengungkap Rahasia Besar

Arsitek adalah sebuah program buatan mesin yang berfungsi untuk memahami manusia. Meski diciptakan untuk memahami manusia, ternyata Arsitek sendiri sangat memandang rendah manusa. Tak hanya itu, ia juga memiliki tujuan rahasia yang akhirnya diungkapkan oleh Oracle.

Arsitek sendiri menganggap Neo adalah sebuah anomali dari Matrix. Ia pun mengungkapka jika Neo adalah keanehan yang tidak bisa diprediksi dan berbeda dengan lima keanehan yang lain. Oleh karena itu lah ia disebut sebagai The One.

9. Nasib Trinity

Setelah berhasil kembali di hidupkan oleh Neo di MATRIX RELOADED, Trinity akhirnya harus tewas di THE MATRIX REVOLUTIONS. Neo dan Trinity pergi ke Kota Mesin untuk bernegosiasi dengan mesin.

Saat berusaha menghindari pengejar Mesin, hovercraft mereka jatuh, dan Trinity terluka parah. Dia meninggal dalam pelukan Neo.

 

10. Serangan Mesin ke Zion

Para mesin akhirnya menyerang manusia, dari sini lah terjadi perang Zion, perang antara mesin dan manusia. Para mesin membawa 250 ribu pasukan langsung menuju Zion.

Setelah mendapatkan informasi dari pesawat Osiris, Komandan Jason Lock akhrinya memerintahkan untuk menyerang terlebih dahulu. Panglima pertahanan Zion memerintahkan sekitar enam kapal termasuk Logos dan Mjolnir untuk melakukan serangan balik Mesin dengan ledakan EMP.

Peperangan besar pun terjadi, Zion kehilangan 4 ribu infanteri dan 10 ribu. Sedangkan pasukan mesin kehilangan 100 ribu pasukan dari 250 ribu pasukan.

11. Seperti apa Kota Para Mesin?

Kota mesin diciptakan jauh sebelum adanya Matrix. Kala itu manusia masih enggan untuk bisa hidup berdampingan dengan mesin. Kota Mesin sendiri bisa dibilang cukup makmur saat itu.

Kota dengan peradaban tinggi ini akhirnya hancur setelah manusia mencoba untuk mengalahkan mesin dengan menggunakan nuklir.

Setelah jatuhnya manusia dari Kota Mesin, selama bertahun-tahun Kota Mesin dipimpin oleh Deus Ex Machinda yang mengontrol para mesin. Bahkan, kota ini dilindungi oleh sebuah mesin seperti kepiting raksasa, dan siap menghancurkan apa saja yang terdeksi melanggar.

12. Ramalan Terbukti

Oracle memberitahu sebuah ramalan tentang kehancuran Matrix kepada Morpheus, dan Morphesu memberitahukan ramalam tersebut kepada Neo. Sejak kemunculannya, Neo diramalkan bakal menjadi The One yang mempu menghancurkan Matrix dan membuat perdamaian antara manusia dan mesin.

Awalnya Neo tak mempercayai hal tersebut. Namun, Oracle kembali memberikannya sebuah petunjuk untuk menemukan The Source yang ada di Kota Mesin.

Setelah Smith bisa dikalahkan, Neo akhirnya bertukar perdamaian dengan Dec Ec Machina, dan akhirnya ramalam tersebut terpenuhi, manus dan mesin bisa berdamai.

13. Pertarungan Terakhir

Pertarungan epik terjadi antara Neo dan Agen Smith di tengah guyuran hujan deras. Neo datang sendiri menghadapi Agen Smith dan kloningannya yang sudah berkumpul di sana.

Pertarungan dimulai dengan gerakan lambat, keduanya saling berlari dan langsung adu jotos. Pertarungan pun tak terjadi di bawah, kedunya pun bertarung hebat di udara, dan saling kejar mengejar di udara.

Pertarungan antara dua orang ini menyebabkan kerusakan di sekitarnya. Sempat kewalahan, akhirnya Neo berubah menjadi The One, dan mengacaukan kode Agen Smith hingga membuatnya hancur bersama dengan semua kloningannya.

(kpl/dim)


REKOMENDASI
TRENDING