FILM INTERNASIONAL

Fakta-Fakta Unik 'AVENGERS: ENDGAME' di India, Tiap Detik 18 Tiket Sold Out!

Rabu, 24 April 2019 15:04 Penulis: Wulan Noviarina Anggraini

AVENGERS: ENDGAME © Movienewz.com

Kapanlagi.com - Heboh AVENGERS: ENDGAME nggak hanya di Indonesia atau Amerika saja. Hampir seluruh dunia sekarang sedang heboh dengan seri terakhir dari rangkaian film AVENGERS yang sudah ditunggu-tunggu oleh para pecintanya.

Demam AVENGERS: ENDGAME pun melanda India, negara yang selama ini dikenal sulit ditembus oleh film dari negara lain. Tak peduli seberapa besar sebuah film dari Hollywood, menembus pasar India adalah sebuah PR yang jarang bisa dipecahkan oleh para pembuat film dari Amerika.

Bahkan ketika sebuah film mengusung bintang dari India yang namanya sudah mendunia seperti Deepika Padukone, Priyanka Chopra, Irffan Khan dan banyak nama tenar lainnya pun tak menjamin kesuksesan sebuah film Hollywood di India. Terlebih jika pada momen yang berdekatan ada film Bollywood dari bintang kesayangan masyarakat India. Kans Hollywood untuk memenangkan hati masyarakat India sangat tipis jika sudah menghadapi film lokal.

Tetapi hal itu ternyata nggak berlaku buat AVENGERS: ENDGAME. Meski AVENGERS: INFINITY WARS cukup ramai (tapi tetap nggak ngalahin film lokal), seri terakhir ini ternyata jauh lebih heboh dari perkiraan. Banyak hal unik yang terjadi di perjalanan AVENGERS: ENDGAME di India, yang bahkan melebihi bayangan dari Disney India sendiri yang mengedarkan film ini di sana.

 

1. Bioskop Buka 24 Jam

Sama seperti di banyak negara lain, beberapa bioskop India pun buka 24 jam untuk penayangan perdana AVENGERS: ENDGAME. Terasa biasa saja karena Indonesia pun juga melakukannya? Tidak dengan India.

Hal ini adalah sebuah rekor baru, karena sebelumnya sama sekali belum ada film yang membuat bioskop rela buka 24 jam di penayangan perdana. Bahkan untuk film lokal yang dibintangi Aamir Khan, Shahrukh Khan dan Salman Khan yang sampai sekarang masih menjadi raja di Bollywood sekalipun.

Hukum di India tentang jam tayang membuat izin untuk memutar film selepas tengah malam jadi sulit di India. Beberapa film lokal pernah merilis film sekitar pukul 04.15 waktu setempat, tetapi tidak mendapat izin untuk tayang selepas tengah malam.

Namun entah bagaimana, pihak Marvel dan Disney sukses melobi pihak perizinan di India. Dan untuk pertama kalinya, bioskop di India akan memutarkan film selama 24 jam penuh.

 

2. Lagu Khusus Dari AR Rahman

AVENGERS: ENDGAME memang nggak menggaet bintang film Bollywood untuk menarik penonton India yang nasionalis. Tetapi Marvel dan Disney India nggak kekurangan cara untuk menarik minat penonton agar mau ke bioskop untuk nonton film ini.

Langkahnya cerdik, Marvel dan Disney menggandeng musisi ternama India, AR Rahman. Musisi yang pernah menggondol Piala Oscar untuk kategori komposer OST terbaik ini didapuk membuat lagu khusus untuk AVENGERS: ENDGAME yang tayang di India.

Meski lagu dari AR Rahman hanya akan beredar di AVENGERS: ENDGAME yang tayang di sana, tapi kamu juga bisa menikmatinya kok. Dengerin di sini untuk merasakan nuansa India di film ini.

3. 18 Tiket Terjual Per Detik

Tahun 2018 lalu, AVENGERS: INFINITY WAR sukses menjadi film Hollywood paling laris di India. Kala itu, pemasukan film yang dibintangi Robert Downey, dkk ini mencapai Rp 1,8 triliun di seluruh penjuru India. Angka ini bisa dibilang cukup kecil jika dibandingkan dengan film lokal. Namun menjadi pencapaian tertinggi film Hollywood yang pernah tayang di India.

Tampaknya, tahun ini AVENGERS: ENDGAME akan memecahkan rekor dari pendahulunya. Sejak loket presale dijual, peminatnya sungguh diluar dugaan.

Dilansir dari Filmfare.com, tercatat tiket presale AVENGERS: ENDGAME terjual sebanyak 18 tiket per detiknya. Ini adalah rekor baru di India, yang nggak hanya mengalahkan penjualan tiket film Hollywood, tetapi juga film lokal.

4. 1 Juta Tiket Terjual

Dengan penjualan sebanyak 18 tiket per detik sejak loket presale dibuka, sampai hari menjelang pemutaran AVENGERS: ENDGAME, total sudah lebih dari 1 juta tiket yang dipegang oleh penonton di India.

Lagi-lagi, angka ini memecahkan rekor dari semua film yang pernah tayang di India. Dan tentunya sebuah kabar yang sangat baik bagi pelaku film Hollywood, bahwa untuk pertama kalinya film dari luar India sukses mencatat penjualan tiket luar biasa di sana.

Disney India sendiri tak menyangka, antusiasme masyarakat sangat besar pada film ini. Meski sudah menduga bahwa AVENGERS: ENDGAME akan sukses, tetapi mereka tak mengira akan sebesar ini.

5. Energi Dari India

Ketika melakoni tur promo ke India, sutradara AVENGERS: ENDGAME, Joe Russo mengakui bahwa ia mendapatkan energi untuk membuat film ini dari India. Kesuksesan AVENGERS: INFINITY WARS tahun 2018 menjadi pemicu semangat selama proses pembuatan AVENGERS: ENDGAME.

"Ada rekaman dari penonton India yang menonton AVENGERS: INFINITY WAR ketika semua orang menyoraki Thor yang mendarat di Wakanda. Suara sorakan itu seperti riuh penonton di stadion. Kami biasanya mendengarkan sorakan itu ketika lelah mengerjakan ENDGAME. Karena proses pembuatan film ini sangat panjang dan sulit untuk menyelesaikannya," ujar Joe seperti dilansir dari Economictimes.Indiatimes.com.

Seru ya fakta menarik film ini di India. Nantinya, di Indonesia bakal ada yang seru juga nggak ya?

(kpl/phi)


REKOMENDASI
TRENDING