Piala Oscars Artis Ini Dilelang, The Academy Marah Besar!

Rabu, 29 Juli 2015 17:52 Penulis: Fitrah Ardiyanti
Piala Oscars Artis Ini Dilelang, The Academy Marah Besar! Piala Oscars/©oscar.go.com
Kapanlagi.com - Sebagai salah satu ajang penghargaan insan perfilman bergengsi di seluruh dunia, The Academy Awards alias Oscars punya aturan yang sangat ketat. Yap! aturan ini diterapkan selama acara berlangsung hingga kepada para nominator dan pemenang. Apa saja? Banyak.

Salah satunya adalah aturan terkait larangan menjual atau melelang piala Oscars. Jika nekat melanggar, The Academy tak segan-segan untuk langsung memperkarakannya, seperti yang terjadi pada sepupu Joseph Wright ini.

Dilansir The Guardian, The Academy membawa kasus ini ke meja hijau. Pihaknya merasa keberatan dengan tindakan yang dilakukan oleh sepupu Joseph. Siapa sebenarnya sosok Joseph sang penerima piala Oscars ini?

Ini piala Oscars yang masuk dalam pelelangan/©news.nationalpost.comIni piala Oscars yang masuk dalam pelelangan/©news.nationalpost.com

Joseph C. Wright adalah seorang art director yang berhasil memenangkan Oscars di tahun 1942 melalui film MY GAL SAL. Ia adalah anggota aktif The Academy sejak tahun 1933-1983. Sang sepupu kemudian melelang piala Oscars sang paman kepada pembeli bernama Nat D. Sanders seharga US$ 79.200 (setara dengan Rp 1 miliar).

Hal ini tentu saja membuat The Academy geram. Sebab menurut peraturan yang berlaku, Piala Oscars tersebut harus dikembalikan dan The Academy akan menggantinya dengan biaya US$ 10 atau sama dengan Rp 134.000! Dari sisi sepupu Joseph, tentu saja hal ini sangat merugikan. Daripada dikembalikan dan hanya dihargai sebesar itu, ia berani menjualnya ke pihak lain dengan harga fantastis.

The Academy tentunya menjaga benar kredibilitasnya dan juga 'suvenir' mewah dari Oscars ini. Dengan makin maraknya pemalsuan piala Oscars di pasar gelap, tentunya The Academy lebih menghendaki para keluarga pemenang untuk menaati aturan yang ada.

(the/tch)


REKOMENDASI
TRENDING