Dikecam, Nicole Kidman Terjebak Konflik Amerika - Timur Tengah?

Kamis, 09 April 2015 21:20 Penulis: Guntur Merdekawan
Dikecam, Nicole Kidman Terjebak Konflik Amerika - Timur Tengah? Nicole Kidman / © Splashnews
Kapanlagi.com - Sejak tahun 2006 silam, Nicole Kidman ditunjuk sebagai brand ambassador untuk UNIFEM (United Nations Development Fund for Women) yang sekarang bernama UN Women Goodwill. Menyandang statusnya, bintang film BEWITCHED itu bertugas untuk memperjuangkan hak asasi kaum wanita di seluruh dunia.

Sayangnya posisi Nicole sebagai pejuang hak asasi perempuan itu saat ini tengah dipertanyakan, bahkan memancing kontroversi besar. Alasannya, wanita berusia 47 tahun itu baru saja muncul sebagai bintang iklan dari salah satu maskapai penerbangan terbesar di dunia, Etihad Airways.

Bergabungnya Nicole sebagai salah satu bagian dari Etihad Airways itu rupanya tak disenangi oleh beberapa pihak, terutama asosiasi para awak pesawat, APFA (Association of Professional Flight Attendants). Presiden dari APFA, Laura Glading, bahkan baru saja mengirimkan sebuah surat terbuka yang isinya kecaman dan ancaman supaya sang pemenang Oscar itu mengundurkan diri dari job barunya itu.

"Kami baru saja menyaksikan kamu muncul di sebuah kampanye baru untuk Etihad, perusahaan yang disebut media bakal memecat pekerja wanita mereka yang tengah hamil. Kami, sebagai perwakilan kaum wanita dan gadis yang kamu dukung (di International Women's Day), ingin kamu untuk berhenti bergabung dalam bagian promosi Etihad Airways, perusahaan yang telah memperlakukan para pekerja wanita mereka dengan semena-mena. Belum lagi perusahaan itu dipimpin oleh pemerintahan yang sangat bertentangan dengan dunia bayanganmu," tulis Laura.

Pose Nicole di salah satu iklan Etihad Airways / © Etihad Airways InstagramPose Nicole di salah satu iklan Etihad Airways / © Etihad Airways Instagram

Nicole sendiri belum memberikan respon terkait surat Laura. Malahan pihak Etihad yang buka suara menjawab tulisan dari sang presiden APFA itu. Tentu saja Etihad mencoba tuk memberikan klarifikasi setelah nama mereka dicemarkan secara buka-bukaan.

Seperti dilansir situs Huffington Post, salah satu perwakilan Etihad menyebutkan jika faktanya mereka sangat menghargai para pekerja wanita di perusahaannya. Mereka juga menyebut jika wanita yang hamil boleh kembali bekerja, tak seperti yang disebutkan tulisan surat Laura di atas.

Hanya saja, masalah ini terjadi bertepatan dengan persaingan West dan Gulf. Lalu, apa maksudnya? Saat ini Amerika dan Timur Tengah memiliki 3 maskapai penerbangan terbesar di dunia. Amerika dengan Delta, American, dan United. Sedangkan Timur Tengah memiliki Etihad, Emirates, juga Qatar Airways.

Kenapa Nicole Kidman, sang bintang iklan, mendapat kecaman? ©SplashKenapa Nicole Kidman, sang bintang iklan, mendapat kecaman? ©Splash

Ya, bisa jadi isu ini terjadi demi memenangkan persaingan ekonomi - perebutan pasar penerbangan Internasional antara Amerika dan negara-negara Arab yang tertutup rapih di balik isu mengenai hak-hak wanita. Kembali lagi, kenapa menyerang bintang iklan seperti Nicole Kidman?

Mungkinkah Amerika sengaja menggunakan APFA untuk menyatakan perang terbuka? Atau, justru APFA sedang mengincar rasa terima kasih yang bisa dijadikan materi dari pihak Amerika suatu hari nanti?

Kasus seperti ini bukanlah pertama kali terjadi. Sebelumnya Scarlett Johansson juga sempat terjerat kasus serupa, di mana ia muncul sebagai model iklan untuk Sodastream, sebuah perusahaan asal Israel. Mengetahui dirinya dikecam publik, ia buru-buru mengundurkan diri dari perannya sebelum semua hal jadi semakin runyam.

(huf/ntn/gtr)

Reporter:

Natanael Sepaya


REKOMENDASI
TRENDING