SELEBRITI

10 Kronologi Perjuangan Ria Irawan Lawan Kanker, Sudah Siapkan Kafan Sejak 2014 Hingga Gundul Habis Rambut

Senin, 06 Januari 2020 11:22 Penulis: Guntur Merdekawan

Ria Irawan © KapanLagi

Kapanlagi.com - Awal 2020 dimulai dengan beberapa berita duka. Setelah mantan istri Sule, Lina meninggal dunia, kali ini sosok Ria Irawan yang menghembuskan napas terakhirnya, tepatnya pada Hari Senin (6/1) pagi. Ria meninggal di usia 51 tahun karena penyakit kanker yang telah lama dideritanya.

Saat ini jenazah sang almarhumah disemayamkan di rumah duka yang berlokasi di Jalan Anggrek Lestari Blok N Nomor 11, Lebak Bulus, Jakarta. Sementara itu, d media sosial, sederet selebriti secara bergantian mengucapkan rasa dukanya atas kepergian sang aktris senior.

Sosok Ria memang begitu memorable. Sifatnya yang selalu ceplas-ceplos dan apa adanya membuat dirinya begitu mudah diingat. Bahkan selama menjalani perawatan atas penyakit kanker mematikan, Ia selalu terlihat santai-santai saja dan tetap penuh canda.

Meski selalu terlihat ceria, namun Ria sejatinya berjuang mati-matian untuk tetap bisa bertahan hidup. Berikut adalah kronologi perjalanan Ria sejak dirinya divonis menderita kanker hingga momen-momen terakhir dalam hidupnya.

1. Divonis Kanker Endometrium Pada Tahun 2009

Pada tahun 2009 silam, Ria Irawan divonis menderita penyakit kanker endometrium. Kanker itu menyerang di bagian dinding rahimnya dalam jangka waktu yang cukup cepat.

Tahun 2014, Ria lantas memutuskan untuk menjalani operasi pengangkatan dinding rahim. Setelahnya, kondisi bintang film JANJI JONI itupun disebut sudah membaik.

2. Divonis Kanker Getah Bening Pada 2014

Setelah menjalani operasi angkat rahim, sebuah kabar buruk lain diterima oleh Ria. Rupanya ada kanker lain yang juga sudah terlanjur berkembang dalam tubuhnya, yakni kanker getah bening.

Setelah menjalani proses kemoterapi secara berkala, lagi-lagi Ria dinyatakan sembuh. Bahkan kala itu, Ria masih menjalani aktivitasnya seperti biasa saja.

"Aku sehat, masih nyetir sendiri. Aku tetep makan daging daripada nanti darahnya ada masalah malah nggak boleh kemo harus tranfusi aku nggak mau. Mungkin untuk kankernya nggak bagus makan daging tapi aku untuk darahku bagus, untuk tensi dan staminaku bagus, jadi aku tetep makan daging. Ah pasti yang denger pada ngomel-ngomel," jelas Ria ketika ditemui tim wartawan pada November 2014 silam.

3. Sudah Siapkan Kain Kafan

Mengetahui dirinya mengidap penyakit mematikan, Ria bahkan sudah menyiapkan kain kafan hingga penutup keranda dua warna untuk jaga-jaga jika hidupnya sudah tak lama lagi. Hal itu dilakukannya karena terinspirasi dari rekan artis Dorce.

"Iya itu simbolik aja (kain kafan). Ternyata Dorce juga uda siapin kain kafan, dicuci lagi pakai air zamzam. Malah dia memberikan ide, dia beli penutup buat keranda dua warna, itu gue mau ikutin juga. Nanti kalau gue Insya Allah kalau kemonya berkurang dari 6 berarti kan bener tandanya punya waktu, tapi nggak tahu Januari harus radiasi apa nggak. Tapi dari 6 bisa jadi 3 aja itu udah mukjizat. Walaupun gratis, uang tabungan pengobatan kan otomatis masih ada, jadi pengen umroh, nanti pengen beli kain yang buat tutup (keranda) itu," ungkap Ria pada awak media pada November 2014 silam.

4. Cukur Habis Rambutnya

Selama menjalani kemoterapi, rambut Ria Irawan mulai terlihat rontok dan menipis. Ria pun lantas melakukan hal yang begitu menghebohkan, di mana dirinya memangkas habis mahkotanya itu secara live di salah satu program televisi Tanah Air.

Aksi yang dilakukan Ria itu bukannya tanpa alasan. Ia ingin memberi suntikan semangat pada dirinya sendiri, pun para pejuang kanker lainnya yang ada di luar sana agar tak malu dengan kondisinya.

5. Putuskan Pakai Balutan Hijab

Setelah kondisi rambutnya mulai menipis, Ria pun mulai terlihat tampil berbeda. Ya, sahabat dari almarhumah Julia Perez itu memilih untuk mengenakan balutan turban di tiap kemunculannya.

Secara perlahan, Ria pun mulai menngganti turbannya dengan balutan hijab. Penampilannya kala itu menuai banyak pujian dan dukungan dari netizen. Tak sedikit pula yang mendoakannya agar segera sembuh dari kankernya.

6. Lepas Masa Janda

Setelah melalui serangkaian kabar tak baik, pada tahun 2016 akhirnya Ria merasakan secercah kebahagiaan. Ya, kala itu dirinya dinikahi oleh pria bernama Mayky Wongkar yang tak lain adalah asisten pribadinya sendiri.

Pernikahan keduanya digelar secara sederhana dan tertutup, tepatnya pada 23 Desember 2016 di KUA Cilandak, Jakarta Selatan. Kala itu, terungkap jika Mayky sudah sejak lama ingin menikahi Ria, bahkan dirinya sempat 4 kali mencoba melamar mantan istri Yuma Wiranatakusumah tersebut.

In the end, perjuangan Mayky membuahkan hasil juga. Bukti ketulusan cintanya terlihat karena Ia tetap ingin menikahi Ria meski mengetahui kondisi sang istri yang sedang berjuang melawan kanker mematikan.

7. Umrah Bareng Suami dan Julia Perez

Tak lama setelah menikah, Ria Irawan mengajak suaminya untuk berangkat umrah. Seperti diketahui, status Mayky adalah seorang mualaf. Bahkan kala itu, Ria juga turut serta mengajak Julia Perez yang juga tengah berjuang melawan kanker serviks.

Selama di Tanah Suci, Ria berdoa agar dirinya bisa dinyatakan sembuh 100% dari penyakit kanker yang sudah cukup lama menggerogoti hidupnya. Tak lupa Ia juga mendoakan agar kanker JuPe juga diangkat.

8. Penyakit Kambuh Lagi Gara-Gara Merokok

Sejak menjalani kemoterapi tahun 2014 silam, kondisi Ria berangsur-angsur membaik. Namun sebuah kabar kurang sedap kembali muncul di akhir 2019 silam, di mana kondisinya disebut drop lagi.

Sang kakak kandung, Dewi Irawan lewat akun Instagram-nya membocorkan alasan vital kenapa kondisi Ria drop lagi. Ya, Dewi menyebut jika adiknya itu begitu bandel dan tetap aktif merokok meski sudah tahu jika hal itu membahayakan.

"Kali ke-3, kambuh lagi, sekarang ada di otak 3 titik dan 1 titik yang signifikan di paru-paru. Nunggu apalagi untuk berhenti rokok dan vape? Itu racun! Please, jangan bandel deh," tulsi Dewi pada postingannya kala itu.

9. Dijenguk Sederet Rekan Artis

Setelah kondisinya drop, sederet rekan artis pun secara bergantian mengunjungi Ria di Rumah Sakit, seperti Ray Sahetapy, Tio Pakusadewo hingga Aming. Mereka pun menceritakan kondisi Ria yang kala itu memang sedang naik turun.

Sementara itu, sang suami, Mayky malah berkata lain. Menurutnya kondisi Ria pada November 2019 silam baik-baik saja dan sudah dibawa untuk kembali ke rumah.

10. Meninggal di Usia 51 Tahun

Hari ini, Senin (6/1), perjuangan Ria Irawan melawan kanker akhirnya berakhir sudah. Sang almarhumah meninggal dunia di RSCM, sebelum jenazahnya dipindahkan ke rumah duka yang berlokasi di Jalan Anggrek Lestari Blok N Nomor 11, Lebak Bulus, Jakarta.

Kini almarhumah Ria bisa beristirahat dengan tenang dan dibebaskan dari penyakit yang sudah lama membelenggunya. KapanLagi.com turut berduka cita yang sebesar-besarnya.


REKOMENDASI
TRENDING