SELEBRITI

5 Seleb Indonesia Yang Pernah Gagal Masuk Politik, Dari Calon Legislatif Sampai Wakil Walikota

Kamis, 05 Agustus 2021 10:35 Penulis: Editor KapanLagi.com

Ahmad Dhani (www.instagram.com/ahmaddhaniofficial), Aldi Taher (www.instagram.com/alditaher.official), Andre Taulany (www.instagram.com/andreastaulany)

Kapanlagi.com - Terjun ke dalam dunia politik tentulah bukan hal yang mudah. Diperlukan pengetahuan dan modal yang cukup sebelum mampu menekuni dunia yang dikenal keras tersebut. Menawarkan kekuasaan, banyak orang yang tergoda untuk masuk ke dalam dunia politik. Tidak jarang mereka yang dari kalangan selebriti-pun ikut mencoba.

Namun, beberapa selebriti ini sepertinya kurang beruntung dalam hal ini. Mereka diharuskan untuk mengurungkan niatnya untuk berkecimpung dalam dunia politik.

Siapa sajakah selebriti tersebut?

1. Ahmad Dhani

Ahmad Dhani maju mencalonkan diri sebagai calon legislatif pada daerah pemilihan Jawa Timur I yang meliputi Surabaya dan Sidoarjo pada tahun 2019 silam. Ia maju sebagai calon Dewan Perwakilan Rakyat dari Partai Gerindra.

Namun sayangnya, total suara yang diperoleh Ahmad Dhani tidak cukup untuk membuatnya naik sebagai wakil rakyat. Suara yang diperoleh Dhani dikabarkan kalah jumlah dengan calon senior dari partai Gerindra yang juga mencalonkan untuk daerah pemilihan yang sama. Dengan begitu, pentolan dari grup Dewa 19 ini gagal untuk masuk ke dunia politik.

 

2. Andre Taulany

Andre Taulany yang gagal saat mencalonkan diri sebagai wakil walikota bukanlah hal yang asing di telinga penggemarnya. Ia maju mencalonkan diri sebagai wakil walikota Tangerang Selatan pada tahun 2010. Andre yang saat itu masih baru dan ingin menjajal untuk terjun dalam dunia politik-pun harus mengurungkan niatnya tersebut.

Andre mengaku bahwa saat itu ia diiming-imingi oleh rekannya untuk terjun ke dunia politik. Melalui video yang diunggah di kanal youtube Soleh Solihun, Andre mengaku ia tergoda untuk maju mencalonkan diri dikarenakan ingin mencatat sejarah sebagai wakil walikota pertama semenjak Tangerang Selatan berdiri dengan pemerintahan sendiri. Setelah kegagalan yang dialaminya, Andre Taulany menjelaskan tak ingin lagi mencoba terjun ke dunia politik.

 

3. Aldi Taher

Selebriti dengan banyak kontroversi Aldi Taher ternyata juga pernah mencoba terjun ke dalam dunia politik. Ia gagal maju dalam pilkada serentak yang dilaksanakan pada tahun 2020. Ia mencoba untuk maju sebagai Pilgub Sumatera Barat dan Pilgub Sulawesi Tengah, namun tidak mendapati keberhasilan di keduanya.

Ia pun harus kembali ke aktivitasnya sebagai selebriti. Ia juga sempat membuah masyarakat heboh dengan videonya yang berjoget diiringi lagu “Nissa Sabyan” yang dinyanyikannya sendiri pada saat hangatnya kontroversi yang disebabkan oleh vokalis grup Sabyan tersebut.

 

4. Ramzi

Pembawa acara kondang Ramzi ternyata juga pernah gagal untuk terjun ke dunia politik. Pada tahun 2020 silam, ia menjelaskan bahwa dirinya memiliki ketertarikan dalam dunia politik dan akan maju mencalonkan diri sebagai calon wakil walikota Tangerang Selatan pada pilkada serentak yang diselenggarakan pada tahun 2020.

Namun, Ramzi dan pasangan calon walikotanya, Ir Kemal Pasha, gagal meramaikan pilkada serentak 2020 tersebut dikarenakan Ramzi yang tak kunjung mendaftarkan diri hingga hari pendaftaran ditutup.

 

5. Manohara Odelia Pinot

Model sekaligus aktris Manohara Odelia Pinot diketahui juga pernah mencoba terjun ke politik. Ia maju dan mencalonkan diri sebagai calon legislatif dalam pemilu 2019. Ia maju dengan Partai Nasdem untuk daerah pilihan Jawa Timur I yang meliputi Surabaya dan Sidoarjo.

Namun sayangnya, ia gagal dalam pemilu 2019 tersebut dikarenakan suara yang diperolehnya tidak cukup. Wanita yang kini tengah disibukkan dengan kegiatannya sebagai aktivis itu hanya memperoleh total 6.865 suara.

Itulah beberapa selebriti Indonesia yang gagal masuk politik. Menurut KLovers, apakah kalian setuju kalau selebriti terjun dalam dunia politik? Tuliskan jawaban kalian di bawah ya!

 

Berita ini ditulis oleh: Salmaa Fadh

 

 


REKOMENDASI
TRENDING