SELEBRITI

6 Fakta Rachel Vennya Selebgram Muda yang Dermawan, Sambangi Korban Bencana NTT - Galang Dana Capai Rp1 Miliar Semalam

Kamis, 15 April 2021 13:46 Penulis: Tantri Dwi Rahmawati

Rachel Vennya © instagram/rachelvennya

Kapanlagi.com - Sosok selebgram memang selalu jadi sorotan. Dari sekian banyak selebgram Tanah Air, siapa yang tak kenal dengan Rachel Vennya? Ia kerap muncul di berbagai momen bersama Awkarin, Keanu Agl, dan selebgram lainnya.

Bukan hanya itu, Rachel juga dikenal dermawan banget. Ya, ia tak segan turun tangan mencoba meringankan beban para korban bencana lewat penggalangan dana maupun terjun langsung ke lokasi. Apa saja sih fakta-fakta lain tentang dirinya? Intip yuk!

 

1. Awali Bisnis Sejak SMA

Sosok Rachel Vennya bisa dibilang jadi panutan remaja saat ini. Ia berhasil membangun kesuksesannya tanpa embel-embel nama belakang tenar. Rachel kini tak hanya sebatas selebgram, ia adalah pebisnis yang inspiratif.

Tahun 2019 silam Rachel menjadi bintang tamu podcast miliki Raditya Dika. Dalam acara berdurasi 1,5 jam ini Radit bertanya banyak hal pada Rachel. Satu hal yang paling membuat penasaran tentang bagaimana Rachel memulai bisnisnya.

"Umur 17 aku jual produk kecantikan, sebenernya aku jual apa aja. Pertama kali banget aku jualan Kitkat yang dari Jepang. Pas aku SMA ada temen aku liburan ke Jepang, pulang kasih oleh-oleh satu orang dikasih 2," ungkap Rachel di awal video.

"Terus aku cari di forum jual beli penjual Kitkat yang lebih murah. Temen aku jual 200 ribuan, aku dapat sekatung cuma 110 ribuan. Aku bilang ke temen-temen, 'Tante aku mau ke Jepang, ada yang nitip gak?'," kenang Rachel.

 

2. Peduli Pada Kesehatan Mental

Kamis (1/8/2019), Rachel Vennya menggelar pameran seni bertajuk Raven Is Odd di Kuningan City, Jakarta Selatan. Event ini mengusung tema kesehatan mental, di mana berbagai karya seni yang berhubungan dengan masalah-masalah pada kesehatan mental dipamerkan.

Lewat event yang digelar menggunakan dana pribadinya itu, Rachel ingin menyebarkan pengetahuan tentang kesehatan mental pada masyarakat. Pasalnya, seseorang yang menderita penyakit mental bisa jadi lebih sulit disembuhkan daripada mereka yang sakit secara fisik.

"Ada isu yang ingin disampaikan pada masyarakat. Tentang kesehatan mental yang penting untuk digali lebih dalam. Banyak orang merasa orang sakit hanya kelihatan di fisik, padahal kesehatan mental juga mempengaruhi orang dalam bersosialisasi, bekerja, dan menjalankan kehidupan," ujar Rachel di Kuningan City, Jakarta Selatan, Kamis (1/8/2019).

 

3. Ikut Demo Saat Hamil

Oktober 2019 silam ramai aksi demo mahasiswa di Jakarta. Para mahasiswa dari berbagai universitas negeri dan swasta menyuarakan aspirasinya. Tak terkecuali selebgram Rachel Vennya yang berstatus mahasiswa London School of Public Relation, Jakarta (LSPR).

Rachel mengunggah sebuah video menunjukkan kondisi demo yang terjadi pada Senin, 30 September 2019. Menulis tagar singkat #LSPRdatang, Rachel menunjukkan keikut sertaannya di aksi ini.

"Assalamualaikum (waalaikum salam), LSPR datang, bawa selebgram," teriak Rachel dan rekan-rekannya di jalanan. Rachel berdemo dalam kondisi hamil anak keduanya. Usia kehamilan Rachel kini diperkirakan telah memasuki trimester ketiga dan bisa segera melahirkan dalam waktu dekat.

 

4. Sumbangkan Uang Pribadi Rp775 Juta Untuk Covid-19

Di awal kemunculan Covid-19 tahun 2020 lalu, banyak publik figur yang menggalang dana tak terkecuali Rachel Vennya. Penggalangan dana itu sempat diwarnai kisruh soal transparansi, namun akhirnya semua bisa diatasi.

Rachel juga menunjukkan bahwa dirinya secara pribadi telah menyumbang untuk membantu masyarakat menghadapi virus corona ini. Melalui Instagram Storynya, ia membagikan ulang sebuah unggahan yang menujukkan dirinya secara pribadi menyumbang uang sejumlah Rp 775 juta.

"Halo temen-temen, makasih apresiasinya. Sebenarnya aku gak pernah mau sebut angka karena angka itu sensitif (untuk aku). Tapi Insyaallah di saat kayak gini aku nggak pernah diem aja kok. Mungkin emang nggak keliatan karena aku suka nggak enak untuk menuliskannya. Dan semoga kalian tetap meneruskan kebaikan. Makasih ya," tulis Rachel.

 

5. Transfer Rp60 Juta ke Sahabat Tanpa Alasan

Kisah inspiratif Rachel ini dibagikan oleh influencer lainnya Vicky Alaydrus. Dalam Insta Story-nya pada hari Selasa (24/3/2020), ia mengunggah hasil screenshot dari mutasi rekeningnya. Di situ tertulis pada tanggal 13 Maret 2020 lalu, Vicky mendapat kiriman uang sebesar Rp 60 juta dari Rachel.

Merasa heran, Vicky pun segera menelepon Rachel untuk tanya apa istri dari Niko Al Hakim itu nggak salah transfer. Jawaban Rachel, benar-benar membuat Vicky kaget sekaligus speechless.

"Lagi iseng cek-cek mutasi rekening, tetiba kaget ini si Rachel transfer duit apaan ya. Langsung aku telepon nanya, 'Bro, ini lo transfer duit apaan dah? Reimburse-an udah lo bayar waktu itu'. Dia cuma jawab, 'Jir, ketahuan dah'. Huhuhu Cell, bener-bener seberuntungnya gue punya sahabat kayak Rachel. Gak tahu mau ngomong apa lagi. Cuma bisa bilang lo Masya Allah banget," tulis Vicky diakhiri dengan salawat Nabi.

 

6. Galang Dana Rp1 Miliar dan Sambangi Korban Bencana NTT

Bencana banjir bandang dan longsor terjadi di wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) beberapa waktu lalu. Hal itu membuat hati Rachel Vennya tergerak untuk menggalang dana. Tak disangka, ia berhasil mengumpulkan Rp1 miliar hanya dalam waktu semalam.

Itu adalah angka yang fantastis mengingat target awalnya Rp500 juta. Rachel pun berangkat ke NTT bersama para selebgram lain. Melalui IG TV, Rachel Vennya mengungkap kondisi terkini di NTT pascabencana. Menurutnya, keadaannya sangat memprihatinkan.

"Sekarang aku sudah ada di tempat bencana alam. Dan ternyata pas aku sampai sini tuh parah banget," ungkapnya.

"Keadaannya buruk banget di sini, kalian bisa lihat di mana hal yang nggak bisa kalian lihat setiap hari. Besi gede hanyut. Lu bisa kebayang itu pas lagi di dalam air jam 2 malam. It's really bad," Keanu AGL menimpali.

 

 


REKOMENDASI
TRENDING