Artis Jadi Caleg Harus Punya Kompetensi

Kamis, 02 Mei 2013 16:26 Penulis: Darmadi Sasongko
Artis Jadi Caleg Harus Punya Kompetensi Caleg Artis
Kapanlagi.com - Para selebritis menjadi alat strategi partai politik untuk mendulang suara dalam pemilihan umum legislatif. Mereka langsung menjadi bakal calon legislatif (Caleg), tanpa melalui proses pengkaderan.

Langkah ini menjadi sorotan masyarakat, pasalnya seorang artis dinilai kurang memiliki kapasitas saat nantinya terpilih sebagai anggota legislatif.

Wartawan senior yang juga pengamat dunia hiburan Ilham Bintang, menilai para artis yang maju sebagai calon legislatif merupakan hak setiap individu. Sepanjang memenuhi persyaratan yang diharuskan, setiap individu memiliki hak untuk maju sebagai caleg.

Namun Ilham, minta untuk melihat kompetensi masing-masing individu bila nantinya menjalankan tugas sebagai anggota dewan. Akan menjadi persoalan jika tidak sesuai dengan harapan masyarakat.

Ilham BintangIlham Bintang

"Saya sependapat artis harus memikirkan hal itu (kopetensi). Sehingga jadi dewan itu tidak seperti apa yang dilihat, tapi sebagai pembuat hukum. Jadi dari perdebatan-debatan akan menjadi hukum. Jangan sampai ketika di DPR hanya omong-omong dan bengong. Tapi saya kira ini tidak cuma dari artis saja," urainya kepada KapanLagi.com@, Kamis (2/5).

Jika akhirnya artis menjadi anggota legislatif dan tidak dapat bekerja, menurut Ilham, tidak sepenuhnya bisa disalahkan. Justru yang patut disalahkan partai yang mengusung artis yang tidak berkualitas tadi.

"Memang sebagian parpolnya yang salah. Bukan artisnya. Parpol lihat karena si artis suka nongol di TV entah soal apa. Kalau begini, bukan tenar malah parpolnya tercemar," terangnya.

Ilham sendiri tidak tahu persis motivasi para artis maju sebagai caleg, tetapi beberapa artis memang mempunyai kapasitas sebagai anggota dewan.

"Ada beberapa dari mereka yang kuat dan sebelumnya memang pernah menjadi anggota dewan. Saya bakal terkejut bila ada calon dari artis yang kapasitasnya tak memadai. Tapi mungkin di belakang saya sudah belajar, saya nggak tahu. Atau mungkin mereka disewa karena tren aja," tuturnya.

(kpl/dis/dar)


REKOMENDASI
TRENDING