SELEBRITI

Berawal dari Niat Bantu Korban Terdampak Pandemi, Es Permen Karet Ruri Hampir Capai 200 Kemitraan

Jum'at, 14 Januari 2022 11:37

Ruri Repvblik © Istimewa

Kapanlagi.com - Ruri Repvblik bisa dibilang sukses untuk menjalankan bisnisnya, Es Permen Karet Ruri. Berawal dari niat baiknya untuk membantu korban terdampak pandemi, pria 40 tahun itu berhasil membuka hampir 200 kemitraan yang tersebar di seluruh Indonesia, khususnya daerah Jabodetabek.

Secara harga, kemitraan Es Permen Karet Ruri memang terbilang murah. Apalagi jika dibandingkan dengan kemitraan dengan kemitraan dengan usaha artis lain. Sedari awal, ia memang ingin membantu agar semua kalangan bisa membuka usaha bersama artis.

"Untuk paket ekonomis kita kasih paket Rp 6,5 juta sudah termasuk booth, mesin cup seller, colour box, perlengkapan dan bahan baku 250 cup. Jadi bisa kita jual Rp 1,5 juta. Artinya nilai investasinya sebenarnya cuma Rp 5 juta udah bisa jualan di mana aja. Pasar malam, pasar-pasar, daerah kuliner yang ramai karena boothnya portable bisa dilipat simple dah pokoknya," ujar Ruri saat ditemui di pusat Es Permen Karet Ruri di Bogor.

1. Menciptakan Wirausaha Baru

Fokus Ruri selama ini bukan untuk mencari pelanggan. Namun ia ingin menciptakan wirausaha baru untuk menambah pemasukan mereka yang memiliki modal terbatas. Harga jual produknya pun disesuaikan dari Rp 6 ribu sampai 8 ribu

"Jadi visi kita itu bukan mencari konsumen tapi menciptakan orang yang mau berjualan dengan modal terbatas. Tapi bisa berjualan dengan membawa nama brand public figur.  Selama ini kan kalau kita mau berjualan dengan embel-embel public figur butuh modal yang sangat besar," lanjutnya.

 

2. Kendala

Tak dipungkiri bahwa tujuannya untuk menjangkau lebih banyak pasar juga menghadapi masalah. Salah satunya adalah karena cuaca yang belakangan kurang bersahabat. Namun Ia dan timnya selalu memberikan bimbingan.

"Kalau keluhan sih ada, keluhannya yang kita tangkap pertama faktor cuaca yakni hujan, kedua lokasi, karena lokasi tidak kita tentukan kita membebaskan para mitra yang udah punya lokasi sendiri. Dalam artian bisa jualan kayak di garasi rumah, mungkin karena lokasinya di pinggir jalan itu silahkan aja tapi kita kasih tahu risikonya di awal. Kayak gini loh kalo jualan di kios. Kalau jualan di foodcourt atau di garasi depan rumah sendiri," lanjutnya.

 

3. Bagaimana dengan Karya?

Beberapa waktu belakangan ini Ruri memang terlihat sibuk dengan usahanya. Tenang saja, karena Ruri memastikan bahwa dirinya tengah menggarap karya baru yang akan segera dirilis.

"Sekarang Ruri juga fokus bikin karya baru, bakal segera rilis di RW music channel dan di channel ruri wantogia atau repvblik IND Repvblik akan keluarin single baru dan ngeluarin konten-konten di youtube. Alhamdulilah masih ada manggung selain fokus juga di es permen karet sebagai promosi produk," pungkasnya.


REKOMENDASI
TRENDING