SELEBRITI

Demi Raih Cita-Cita Jadi Artis, Mpok Atiek Pernah Sampai Kelaparan di Awal Karir

Senin, 30 September 2019 13:20 Penulis: Galuh Esti Nugraini

Mpok Atiek © KapanLagi.com/Muhammad Akrom Sukarya

Kapanlagi.com - Siapa yang tidak mengenal sosok Mpok Atiek. Bisa dibilang ia adalah salah satu komedian senior ternama Tanah Air. Tapi siapa sangka, di balik kesuksesannya ini Mpok Atiek penuh perjuangan dan air mata.

Saat ditemui di kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Senin (30/9), Mpok Atiek menceritakan bagaimana sejak kecil ia sudah bercita-cita untuk menjadi seorang artis. Sekitar tahun 1978, Mpok Atiek saat itu melihat ada casting dari surat kabar.

Dari iklan di koran tersebut, Mpok Atiek merasa ini adalah jalannya untuk mencapai cita-cita. Saat itu ia pun langsung menuju TVRI untuk melakukan casting.

"Singkat cerita, Emak nggak punya modal sekolah akting, ngga punya apa-apa, selempeng-lempengnya orang biasa tapi nggak tahu kenapa bisa lolos casting waktu itu," kata Mpok Atiek.

 

1. Rasakan Jadi Orang Tidak Tak Punya

Akan tetapi lolos casting bukan berarti hidup Mpok Atiek langsung berubah justru perjalanannya baru dimulai. Ia merasakan pahitnya menjadi orang tak punya. Setiap hari tak memiliki uang sebagai ongkos dan sering menumpang bus umum.

"Nah terus kan setiap hari harus latihan, karena Emak nol besar, nggak punya bakat akting. Emak boro-boro punya ongkos tiap hari. Buat makan aja, maaf ya, misal pagi makan, sore nggak tahu," ungkap Mpok Atiek dengan mata berkaca-kaca.

2. Tidak Ada Uang Buat Makan

Selain itu, tak jarang pula setiap jam makan siang Mpok Atiek harus menanggung kelaparan. Tak punya uang untuk ongkos apa lagi untuk makan bahkan saat itu kenalan pun tak ada.

"Jam makan siang boro-boro buat makan, buat ongkos aja nggak ada. Orang-orang semua ke kantin, Emak ke kantin ngga ada yang traktir. Perut Emak bunyi-bunyi, minta minum sama yang punya warung dimarahin," sambungnya.

"Ya begitu singkat cerita jatuh bangun Emak awal-awal dulu, nggak semata-mata langsung brek jadi artis," pungkasnya.


REKOMENDASI
TRENDING