Di Balik Nama Dorce Gamalama

Senin, 09 Januari 2006 12:45 Penulis:
Kapanlagi.com - Nama adalah penting bagi setiap penyandangnya. Setiap nama penuh arti, tak ada orang tua yang berharap keburukan pada setiap anaknya, siapapun namanya pasti mengandung nilai, baik itu nama bagus atau kurang nyaman kedengarannya. Nama Dorce mungkin tak asing lagi di panggung entertainment. Tepat 21 Juli, 46 tahun silam pasangan Dalifah dan Ahmad Kecepet melahirkan anak seorang lelaki sehat dan diberikannya nama Juliardi. Juli sendiri diberikannya karena dirinya lahir di bulan Juli, sedangkan arti yang sesungguhnya sendiri Dorce tidak tahu pasti.

"Sewaktu saya masih jadi laki, nama saya Juliardi, karena saya lahir di bulan Juli," tukas Dorce.

Mungkin sangat jarang bagi perempuan berjilbab di bawah terik sinar matahari berjemur hanya untuk mendaki gunung. Tapi lain orang lain Dorce. Dorce yang saat itu telah berubah total menjadi perempuan sesungguhnya, selain ia operasi kelamin untuk melengkapi kesempurnaan dirinya, ia konsisten mengenakan jilbab sebagai tanda dan symbol bahwa ia seorang wanita yang elegant.

"Setelah saya operasi kelamin, saya ingin menjadi perempuan sejati dan tampil elegant, makanya saya pilih jilbab, walaupun belum maksimal kala syuting," ujar perempuan yang kian populer serba bisa ini.

Hobbinya naik gunung tak membawa hal yang sia-sia. Atas dasar sebuah kehormatan, tepat pada tahun 1984, seorang Sultan asal Ternate yaitu Sultan Muda Farsyah, yang dibantu Mirna Fantastic Doll memberikan sebuah penghargaan istimewa buat Dorce yaitu pemberian nama Gamalama, yang diambil dari nama gunung di wilayah Ternate, pengakuan Dorce saat ditemui oleh tim Kapanlagi Minggu sore (08/01) di Hotel Acacia.

Untuk menyempurnakan nama pemberiannya, pada tahun 1997 Dorce mulai naik gunung Gamalama, sebuah batu yang diambil dari sana, sebagai bukti dan kenang-kenangan bahwa dirinya sudah pernah ke GAMALAMA.

GAMALAMA bukanlah nama sembarangan, apalagi nama tersebut berhubungan dengan ciptaan Allah yang sangat agung yaitu gunung. Apakah syarat khusus nih Bunda untuk menyandang nama GAMALAMA?

"Gunung itu tidak sembarangan, siapapun yang menyandang nama tersebut, haruslah diketahui, apakah orang tersebut sudah pernah naik ke gunung GAMALAMA?" tanya perempuan yang kerap disapa Bunda ini.

Kalau ditanya apakah rizkinya setumpuk layaknya gunung GAMALAMA? "Alhamdulilah, apa yang saya dapatkan sekarang selalu saya syukuri, segala kelebihan dan kekurangannya hanya Allah Ta’ala yang punya," papar ibu yang memiliki anak asuh sebanyak 1600 ribu ini.

Bagaimana kalau dikata nama Dorce Gamalama yang membawa keberkahan seperti sekarang ini Bun? "Saya nggak mau syirik, kalau saya percaya dengan semua itu, artinya saya menduakan Allah," tukasnya.

Nama Dorce ternyata tidak hanya Dorce Gamalama. Akan tetapi, di balik nama Dorce, masih banyak nama-nama yang lain, sebelum dirinya bernama Dorce Gamalama, 'Wanita Superhebat' ini sempat memilih nama Dorce Ashadi, Dorce Urang Aring yakni pemberian Mirna, Dorce Manice pemberian orang Ambon, Dorce Elkapeer pemberian Benjamin, hingga Dorce Gamalama sampai sekarang, tetapi hanya KTP sajalah yang masih setia menanti, di KTP Dorce tetep pakai nama Dorce Ashadi.

(kl/wwl)

Editor:


REKOMENDASI
TRENDING