SELEBRITI

Lama Tak Terdengar, Narji Ternyata Jadi Petani Sayuran Untuk Bertahan di Tengah Pandemi Corona

Rabu, 27 Mei 2020 21:21

Narji © KapanLagi.com/Muhammad Akrom Sukarya

Kapanlagi.com - Narji yang sudah lama tidak muncul di layar kaca ternyata sekarang sibuk bercocok tanam. Sama seperti saat fenomena batu akik menjadi tren, Narji juga melihat peluang yang sama di dunia pertanian ini. Apalagi, kondisi sedang tidak menentu akibat pandemi virus corona (COVID-19).

Dilansir dari channel YouTube TRANS TV Official, Narji mengaku dirinya memiliki lahan tidur seluas 2500 meter yang sayang jika tidak dimanfaatkan. Oleh sebab itu, ia berinisiatif untuk menghidupkan kembali lahan tersebut agar menjadi produktif dan bermanfaat.

"Sekarang kan ternyata di tengah kayak begini ini, kebutuhan sayur mayur, karbo kayak singkong, segala macem itu kan dapetin susah. Nah, itu kemaren emang gatau feeling dari mana, sekitar 6 bulan yang lalu, lahan tidur di belakang rumah itu dibangunin, gue siram," ungkap Narji dalam acara BROWNIS.

1. Pekerjakan Warga Sekitar

Dari hasil kebunnya ini, Narji bisa mendapat penghasilan yang bisa membantu perekonomian para petani. Ia mengaku para petani yang ia pekerjakan merupakan tetangga-tetangga yang tinggal di sekitar kebun miliknya itu.

"Daripada tidur kan kita tanemin ada buat pohonan hias satu blok, ada untuk bumbu-bumbu kayak serai kemaren kita kan serai mahal lho waktu corona kan sampe 70 ribu kan. Nah kita ada beberapa, kita blok, dan kemaren ada yang beli sekitar... uangnya sih untuk petaninya," sambungnya.

2. Jaga-Jaga Kalau Bahan Makanan Langka

Narji cukup selektif untuk urusan tanaman yang mengisi kebunnya ini. Ia memperhitungkan kebutuhan dan juga masa tumbuh tanaman yang ada di kebunnya berdasarkan kondisi yang ada saat ini, di mana bahan pangan rawan untuk susah diperoleh.

"Sekarang nanem jagung, singkong, sama banyaknya buah pepaya yang banyak tumbuhnya. Pepaya itu cepet, begitu numbuh mulai tunas tumbuh juga udah mulai ada bibit buahnya," pungkasnya.


REKOMENDASI
TRENDING