Niken Basuki, Mantan Artis Cilik Yang Kini Duduk di Kursi Roda

Sabtu, 21 November 2015 11:15 Penulis: Natanael Sepaya
Niken Basuki, Mantan Artis Cilik Yang Kini Duduk di Kursi Roda Niken Basuki © KapanLagi.com/Bayu Herdianto
Kapanlagi.com - Bagi penikmat film Indonesia era 70an pasti tidak asing lagi dengan nama Niken Basuki. Jelas saja, ia merupakan mantan aktris cilik yang kerap beradu akting dengan bintang-bintang besar pada saat itu.

Tapi sejak film TANGAN-TANGAN MUNGIL rilis pada awal 80an, Niken pun memutuskan sementara waktu untuk meninggalkan dunia akting dan berkonsentrasi penuh pada pendidikan. Hanya saja, ia kemudian tak pernah muncul lagi.

Rupanya, saat berumur 22 tahun Niken divonis terkena penyumbatan tulang belakang. Kondisi ini membuatnya harus menjalani hari-hari dengan menggunakan kursi roda.

Niken sendiri mengaku sempat down dengan kondisinya tersebut. Pasalnya ia berencana menggeluti dunia akting yang membesarkan namanya begitu menyelesaikan bangku kuliah.

Niken Basuki tidak pernah berhenti berharap adanya mukjizat untuk bisa kembali berjalan © KapanLagi.com/Bayu HerdiantoNiken Basuki tidak pernah berhenti berharap adanya mukjizat untuk bisa kembali berjalan © KapanLagi.com/Bayu Herdianto

Ia sendiri mengakui kalau awalnya sulit untuk menerima kondisi seperti itu. Namun lambat laun wanita yang pernah satu frame dengan Marini Soerjosoemarno hingga Farida Pasha ini mampu menerima kenyataan yang ada.

"Insha Allah, saya percaya bahwa semua itu ada waktunya (bisa berjalan). Kalau sekarang Allah belum memberikan waktu itu, gak ada yang gak mungkin. Semua itu pasti mungkin, pasti ada mukjizat untuk sembuh," kata Niken saat ditemui di Expo Pekerja Seni, SMESCO, Jakarta Selatan, Jumat siang (20/11).

Selain berdoa, Niken juga melakukan berbagai terapi. "Saya terus berusaha untuk berobat entah itu melalui therapy dan lain-lain. Karena saya percaya, saya bisa kembali lagi seperti dulu, entah bagaimanapun bentuknya," pungkasnya.

(kpl/abs/ntn)

Reporter:

Adi Abbas Nugroho


REKOMENDASI
TRENDING