SELEBRITI

'PENGABDI SETAN 2: COMMUNION' Jadi Film Indonesia Pertama yang Alami Proses Remastering Gunakan Teknologi IMAX

Selasa, 26 Juli 2022 08:10

PENGABDI SETAN 2: COMMUNION bakal menggunakan teknologi IMAX (credit: KapanLagi.com)

Kapanlagi.com - Beberapa hari jelang perilisan, Joko Anwar selaku sutradara PENGABDI SETAN 2: COMMUNION membuat pengumuman mengejutkan. Film horor terbarunya itu akan edar di bioskop dalam dua format yakni reguler dan IMAX.

Untuk penayangan di IMAX rupanya mencatatkan sejarah baru di industri perfilman. Karena PENGABDI SETAN 2: COMMUNION menjadi judul Indonesia pertama yang alami proses Digital Media Remastering menggunakan teknologi IMAX.

1. Proses Digital Media Remastering

Tia Hasibuan selaku produser menjelaskan bila untuk tayang menggunakan teknologi IMAX tidak sembarangan. Ada beberapa prosedur yang harus dilakukan.

"Jadi prosesnya itu kami mengirimkan file filmnya ke studio IMAX di Los Angeles yang untuk kemudian tim mereka melakukan yang disebut Digital Media Remastering secara internal. Prosesnya itu memakan waktu tiga minggu sebelum dikirimkan kembali ke kami," kata Tia dalam jumpa pers di kawasan Gandaria, Jakarta Selatan, Senin (25/7/2022).

2. Tak Bisa Asal Kirim ke Los Angeles

Joko Anwar menegaskan IMAX tidak sembarangan meloloskan film untuk diproses menggunakan teknologi mereka. Judul yang di-mastering harus benar-benar yang mereka anggap layak.

"Nggak semua film bisa tayang dengan teknologi IMAX, kita nggak bisa asal kirim file ke Los Angeles, harus bersambut gayungnya. Jika kita ingin tayangkan, mereka harus lihat apakah filmnya layak atau nggak. Kalau mereka merasa nggak layak, tentu nggak akan bisa," tegas Joko pada kesempatan yang sama.

 

3. Tayang di Semua Lokasi IMAX Indonesia

Tidak hanya menjadi film pertama di Indonesia, PENGABDI SETAN 2: COMMUNION juga menjadi film pertama di wilayah Asean yang dapatkan proses Digital Media Remastering. Tidak menutup kemungkinan bila filmnya nanti bisa disaksikan di bioskop berformat IMAX berbagai negara.

Bagi yang penasaran seperti apa detail visual dan gelegar suara, PENGABDI SETAN 2: COMMUNION akan tayang mulai 4 Agustus 2022 di bioskop IMAX seluruh Indonesia. Ada sepuluh lokasi tersebar yakni di Gandaria City, Kelapa Gading, Summarecon Mall Serpong, The Breeze, Summarecon Mall Bekasi, AEON Mall, Sentul City, Tunjungan 5, Pakuwon dan Delipark.

REKOMENDASI
TRENDING