SELEBRITI

Populer Sebagai Kreator Edukasi, Vina Muliana Ajak Anak Muda Jangan Takut Berkarya

Selasa, 12 Juli 2022 11:00 Penulis: Wuri Anggarini

(c) tiktokofficialindonesia

Kapanlagi.com - Lagi sering mengulik konten tentang korporasi hingga tips karier di TikTok? Nama Vina Muliana pastinya jadi salah satu yang nggak asing lagi buat kamu. Dikenal sebagai kreator TikTok yang fokus membagikan konten seputar karier dan pengembangan diri, kontennya selalu ditunggu-tunggu oleh para pencari kerja.

Kesuksesannya menjadi seorang kreator di platform ternama tersebut nggak terlepas dari kontennya yang sangat related dengan situasi terkini. Dalam event #SerunyaBelajar Ada di TikTok ‘Networking Party’ yang digelar pada 9 Juli 2022 lalu, Vina berbagi perjalanannya menjadi seorang kreator sekaligus ajakan buat anak muda supaya jangan takut berkarya.

1. Cerita tentang Konten Pertama

Menjadi kreator TikTok ternyata juga menjadi sebuah perjalanan pengembangan diri yang dialami oleh Vina. Dalam acara tersebut, ia menceritakan tentang konten pertamanya adalah tentang keseharian di kantor yang views-nya hanya sampai 100 saja. Lalu masa-masa pandemi membuatnya memiliki banyak waktu untuk scroll TikTok dan mendapatkan inspirasi membuat konten yang lebih baik.

"Algoritma TikTok rupanya mengidentifikasikan saya sebagai pekerja korporat, sehingga konten yang masuk kebanyakan tentang dunia korporat juga. Lalu ada curhatan para coronials atau corona milenial yang baru lulus kuliah di masa Corona. Banyak yang curhat, tapi saya lihat ada gap di TikTok karena tidak ada yang memberikan solusi. Akhirnya saya mulai terinspirasi mengisi gap itu,” cerita Vina.

2. Trik Membagi Waktu antara Bekerja dan Bikin Konten

Selain menjadi kreator, Vina masih aktif bekerja di sebuah BUMN sebagai seorang HR Senior Associate. Dengan kesibukan sehari-hari, ternyata ia punya trik tersendiri membagi waktu sehingga tetap bisa upload konten secara rutin.

“Saya mencoba membagi waktu saat memang sedang nggak sibuk. Kalau sehari-hari kan kerja dari jam 8 pagi sampai 5 sore, ya fokus kerja. Buka TikTok setelah jam itu. Produksi konten biasanya di hari Sabtu-Minggu, jadi saya nabung konten dan minggu depannya tinggal upload saja,” lanjut Vina.

3. Jangan Takut Bikin Konten!

Dalam proses membuat konten, Vina mengaku kalau videonya juga nggak pernah terlepas dari kesalahan atau kekurangan. “Dulu di awal saya buat dengan sangat sederhana, cuma bermodal HP dan ring light 50ribuan. Akhirnya saya belajar kalau mau improve sebagai kreator juga improve bagaimana memproduksinya. Saya mulai invest ring light yang lebih bagus, kontennya juga lebih baik dari segi audio, visual, dan isi,” lanjutnya.

Ia juga berprinsip bahwa tiap kesalahan atau kekurangan bisa diperbaiki di video selanjutnya. Jadi, Vina pun mengajak buat anak muda supaya tidak takut bikin konten.

“Jangan takut bikin konten jelek, karena pengalaman saya selama 16 bulan itu, sebagus apapun konten kita pasti akan ada orang yang nggak suka. Kalau kita merasa kontennya sudah pas dan valuenya bagus, ya udah lanjutkan. Nanti kita review lagi kurangnya di mana dan perbaiki di video berikutnya,” pungkas Vina.

(kpl/wri)

Editor: Wuri Anggarini


REKOMENDASI
TRENDING