SELEBRITI

Banyak Artis Bandel, Produser Ini Tetapkan Peraturan Kontrak Yang Ketat

Jum'at, 01 September 2017 20:55 Penulis: Guntur Merdekawan

Risna Ories © KapanLagi.com®/Akrom Sukarya

Kapanlagi.com - Oleh: Sahal Fadli

Nama Risna Ories mungkin masih terdengar asing di telinga kalian semua. Tapi di kalangan artis, Ia adalah sosok yang disegani. Ya, Risna adalah seorang produser dan juga komposer dari label RK Music. Beberapa nama artis kondang Tanah Air ada di bawah arahannya, seperti Denada, Indra Bruggman, Amel Alvi dan masih banyak lainnya.

Menurut Risna, setiap artis punya attitude yang berbeda-beda, di mana ada yang nakal, bandel, namun ada pula yang baik-baik saja. Karena sudah terbiasa bekerja dengan berbagai macam karakter, Risna pun jadi punya cara sendiri untuk menangani mereka.

"Banyak (artis bandel), beda kepala pasti beda pemikiran, perilaku, atitude. Ini bagian dari risiko dan gue punya cara sendiri buat ngatasin hal semacam ini. Masing-masing beda treatment," ujar Risna ketika ditemui di kawasan Benhil, Jakarta Pusat, belum lama ini.

Risna, produser dan komposer RK Music  © KapanLagi.com®/Akrom SukaryaRisna, produser dan komposer RK Music © KapanLagi.com®/Akrom Sukarya

Pada kontrak yang Ia sodorkan untuk artisnya, Risna selalu menekankan beberapa peraturan ketat yang harus dituruti. Alasannya, Ia ingin anak didiknya benar-benar populer karena karya, bukan sensasi belaka.

"Kalau gue sebelum tanda tangan kontrak ada rule, kita kontrak banyak peraturan yang gue bikin, ya nggak narkoba, harus menjaga image sama segala macem, tidak berpakaian terlalu seksi. Karena gue ibaratnya menjunjung tinggi hal-hal itu, jadi Insya Allah artis di RK Music baik," sambungnya.

Risna juga enggan terlalu mengekang artisnya yang ingin keluar dari label atau memutuskan kontrak. Ia ingin semuanya bekerja dengan nyaman tanpa ada yang mengganjal di hati.

"Kalau artis gue nggak mau kontrak terlalu lama, biasanya maksimal 2 tahun, karena gue fleksibel, selalu membuat pekerjaan bikin nyaman, jangan sampai salah satu gak nyaman pasti gue lepasin, tetapi dengan baik-baik," pungkas Risna.

Hingga kini Risna menerapkan standar industri untuk pembagian keuntungan dengan para artis yang berada di bawah naungannya. Ia menuturkan bahwa perhitungan untuk artis yang punya nama dan yang masih baru memulai karir tentulah berbeda. Semua ada perhitungannya.  RK Music telah mengasuh sekitar delapan artis, yakni Denada, Ihsan, Indra Brugman, Amel Alvi, Boby Tince and GoldenBoys. Ke depannya RK Music juga tengah menyiapkan artis India untuk mereka orbitkan.

KapanLagi.com® berkesempatan untuk mewawancarai salah satu musisi yang bernaung di RK Music, Denada. Baca wawancaranya secara lengkap di halaman berikutnya ya. 


REKOMENDASI
TRENDING